Zat Makanan pada Sistem Pencernaan

Halo adik adik kali ini saya mau share seputar materi bilogi yang akan membahas tuntas mengenai Zat Makanan pada Sistem Pencernaan

Identitas

  1. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  2. Semester : Genap
  3. Kompetensi Dasar :

3.7 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dan mengaitkannya dengan nutrisi dan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan proses pencernaan serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

4.7 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi), tentang kelainan pada struktur dan fungsi jaringan pada organ-organ pencernaan yang menyebabkan gangguan sistem pencernaan dan melakukan uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan serta mengaitkannya dengan kebutuhan energi bagi setiap individu dan teknologi terkait sistem pencernaan (teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan) melalui berbagai bentuk media informasi

  1. Materi Pokok : Zat Makanan pada Sistem Pencernaan
  2. Alokasi Waktu : 6 JP
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada system pencernaan dalam kaitanya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada system pencernaan manusia serta menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi(4C).

  1. Materi Pembelajaran
    • Lihat dan baca pada Buku Teks Pelajaran (BTP):

Ferdiand Fictor dkk. 2009. Biologi untuk SMA/MA XI. Jakarta : Visindo Media Persada( BSE ), hal 100 -117.

  1. Peta Konsep

ZAT MAKANAN/NUTRISI

Sumber nabati,hewani

Fungsi bagi tubuh

Jumlah kebutuhan

Sari makanan

LEMAK

PROTEIN

KARBOHIDRAT

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian mengamati gambar dan membaca uraian berikut!

Tubuh manusia dapat menjadi gemuk ataupun kurus. Perubahan tersebut diakibatkan baik atau buruknya pola hidup yang dipelajari.

Setelah Anda mengamati gambar-gambar di atas , cobalah buat minimal 5 pertanyaan yang sesuai gambar yang disajikan.

        1. ………………………………
        2. ………

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.
  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

 Makanan yang kita makan sehari-hari sangat dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi, pertumbuhan, dan untuk menjaga kesehatan. Kita memerlukan makanan yang mengandung nutrient dalam jumlah tepat dan seimbang. Bahan makanan tersebut idealnya mengandung 6 macam zat makanan, yaitu karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. kekurangan atau kelebihan salah satu dari zat makanan di atas jangka panjang dapat menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan pada tubuh, misalnya malanutrisi dan obesitas.
1. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan zat makanan sumber penghasil energi yang sangat diperlukan tubuh, Selain sumber energi, karbohidrat berfungsi sebagai bahan pembentuk protein dan lemak dan berperan untuk menjaga keseimbangan asam dan basa. Setiap satu garam karbohidrat dapat menghasilkan energi sebesar 4,1 kalori.
2. Protein
Setiap sel hidup tersusun dari protein. Protein merupakan bagian penting dlam plasma sel. Selain sebagi komponen pokok, protein juga tersedia sebagai cadangan makanan (misalnya pada biji-bijian). Sementara pada hewan dan manusia, protein tidak dapat disimpan sebagai cadangan makanan. Protein dan senyawa mengandung Nitrogen (N) akan diekskresikan melalui ginjal. Fungsi utama protein dalam tubuh adalah sebagai zat pembangun, pembentuk sel (pada reproduksi, perbaikan sel dan tumbuhan), pembentukan senyawa lain (lemak, antibodi, karbohidrat, enzim dan hormon), menjaga keseimbangan asam dan basa, seta mempertahankan viskositas (kekentalan) darah.
3. Lemak http://2.bp.blogspot.com/_TiWH1WrUGik/S757LmYjE-I/AAAAAAAAALY/KQKOkyMqZ8U/s1600/Food-Pyramid_Full.jpg
Lemak merupakan sumber energi yang menghasilkan kalori paling besar bagi tubuh dibandingkan karbohidrat dan protein. Satu gram  lemak dapat menghasilkan energi sebesar 9,3 kalori. Fungsi lemak sebagi sumber energi adalah sebagi pelarut vitamin A, D, E, dan K.
Lemak dapat dibedakan atas tiga kelompok, yaitu:
1) lemak sederhana (lemak dan minyak),
2) lemak campuran (fosfolipid dan lipoprotein),
3) lemak murni (asam lemak dan sterol).
Selain itu, lemak juga dapat dibedakan berdasarkan tingkat kejenuhannya, yaitu asma lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh.
4. vitamin Dan mineral
Vitamin dan mineral juga dapat ditemukan pada berbagai jenis makanan. KUmudian zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil, tetapi keberadaannya mutlak diperlukan. Pada keempat vitamin (A, D, E, dan K) tersebut, semua tergolong vitamin yang larut dalam air. Vitamin adalah bukan sumber energi, tetapi vitamin memiliki fungsi sebagai regulator (pengatur). Buah dan sayuran segar merupakan sumber vitamin yang baik.
Beberapa mineral yang berwujud garam atau unsur merupakan komponen vital bagi tubuh. Mineral untuk pembentukan, hormon, tulang, gigi, dan darah. Mineral sendiri terbagi atas makronutrien dan mikronutrein.
5. Air
Air Selain kelima zat makanan yang telah diuraikan sebelumnya, air juga memiliki peranan yang penting. Fungsi utama air diantaranya adalah mengangkut nutrien ke dalam jaringan, mengangkut sisa-sisa metabolisme yang tidak terpakai dari jaringan keluar tubuh, dan sebagai medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh.
Air dikeluarkan dari dalam tubuh pada waktu pernapasan, berkeringat, maupun melalui urine dan feses (ginjal). Air masuk ke dalam tubuh antara lain melalui air minum, makanan, buah, sayur dan daging.

Berdasarkan fungsinya makanan yang kita konsumsi dapat berperan sebagai zat pembangun, zat pengatur dan zat tenaga seperti disajikan pada gambar berikut ini:

Fungsi dan Contoh Sumber Zat Makanan Karbohidrat, Protein, Vitamin, Lemak, Mineral, serta Air ...

Gambar 7. 3. Fungsi makanan bagi tubuh manusia

Ayo Berlatih!

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

        1. Buatlah analisis keterkaitan zat makanan yang dibutuhkan dengan fungsinya bagi tubuh!
No Nama zat makanan Penjelasan fungsinya bagi tubuh Akibat kekurangannya
1
2
3
4

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah kalian pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila kalian telah mampu mengidentifikasi kandungan zat makanan dengan baik, maka kalian bisa melanjutkan pada kegiatan belajar 2 berikut.

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kandungan zat makanan pada kegiatan belajar 1, Bacalah uraian singkat materi dan amati bagan berikut berikut dengan penuh konsentrasi !

PENGANTAR

Tubuh sehat merupakan keinginan setiap orang. Hal ini karena dapat mendukung kelancaran aktivitas kita. Namun, orang-orang di sekitar kita banyak yang merasa tubuhnya tidak ideal, seperti terlalu kurus atau terlalu gemuk. Gemuk dan kurus sangat dipengaruhi oleh pola makan. Menurut ahli gizi, pola makan seseorang dapat ber pengaruh terhadap kesehatan. Tahukah Anda bagaimana pola makan yang sehat itu? Bagaimana pola makan dapat mempengaruhi kesehatan pencernaan kita?

Pola makan sangat berpengaruh terhadap kesehatan alat pencernaan kita. Misalnya kebiasaan mengonsumsi makanan pedas dapat berpengaruh terhadap asam lambung, demikian juga dengan mengonsumsi makanan berserat dapat mempermudah buang air besar.

Perhatikan fenomena berikut ini!

http://sariawan.org/wp-content/uploads/2012/07/sariawan-2.jpg

Diandra merasakan ada sesuatu yang mengganjal di bibirnya, seperti luka yang berwarna putih, dan sangat perih jika ia sedang makan. Menurutnya ia sedang sariawan. Dianda merasa timbulnya sariawan di bibir tentu dapat mengganggu. Sariawan dapat menyebabkan rasa tidak enak, menurunnya kemampuan merasakan, hingga kemungkinan menyebabkan rasa sakit atau perih pada mulut.

Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

  1. Pernahkah kalian mengalami sariawan seperti Diandra? Jika pernah, apakah yang menyebabkan penyakit sariawan?
  2. Apa yang kalian lakukan untuk pencegahan sariawan?
  3. Penyakit sariawan dapat dihubungkan dengan penyakit lainnya termasuk penyakit kanker mulut. Analisislah apakah pernyataan tersebut benar! Hubungkan dengan gejala pada penyakit sariawan dan penyakit kanker mulut.
  4. Tuliskanlah gangguan pencernaan lain yang berada di mulut! Jelaskan pula penyebab dan pencegahannya!

Ayo Berlatih!

Perhatikan fenomena berikut ini!

Hasil gambar untuk STOMACH ULCER

Kegiatan Belajar 3

MENENTUKAN KANDUNGAN GIZI BAHAN MAKANAN

Tujuan:

Setelah melaksanakan praktikum, diharapkan peserta didik dapat

Menampilkan perilaku jujur saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku disiplin dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku peduli saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menampilkan perilaku responsif saat bekerja dalam kelompok untuk mengerjakan LKS dan selama praktikum
Menganalisis nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh
Melaksanakan percobaan mengenai uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu
Mempresentasikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu

Pengantar

Makanan adalah sesuatu yang dapat dimakan dan berguna bagi tubuh. Bahan makanan akan berguna bagi tubuh jika mengandung gizi atau zat-zat makanan. Kandungan gizi atau zat yang terkadung dalam bahan makanan dapat kita ketahui melalui pengujian laboratorium. Berikut di bawah ini akan dilakukan uji kandungan karbohidrat (glukosa, amilum), protein, dan lemak pada berbagai jenis bahan makanan.

Alat dan Bahan

Selama praktikum, menggunakan alat dan bahan sebagai berikut.

Alat Bahan
1. beker glass

2. tabung reaksi

3. rak tabung reaksi

4. penjepit tabung reaksi

5. pembakar spirtus dan korek

6. penumbuk porselen dan mortir

7. pipet

8. plat tetes

 

1. reagent benedict

2. reagent lugol

3. reagen biuret

4. kertas HVS buram

5. roti

6. telur

7. kemiri

8. margarin

9. pisang

10. tempe

11. sari jeruk

12. susu

  1. Langkah Kerja

1. Uji glukosa

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Benedict
      5. Panaskan masing-masing tabung di atas pembakar bunsen
      6. Amati perubahan warnanya
      7. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

2. Uji Amilum

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Lugol
      5. Amati perubahan warnanya
      6. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

3. Uji protein

      1. Siapkan bahan makanan yang akan diuji
      2. Siapkan tabung reaksi sebanyak bahan makanan yang akan diuji
      3. Isi masing-masing tabung reaksi dengan 5 tetes ekstrak bahan yang akan diuji
      4. Tetesi masing-masing tabung dengan 3 tetes larutan Biuret
      5. Amati perubahan warnanya
      6. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

4. Uji lemak

      1. Siapkan kertas HVS
      2. Pada kertas HVS buat kotak bujur sangkar ( 2 cm x 2 cm ) sebanyak bahan yang akan diuji
      3. Pada masing-masing kotak bujur sangkar oleskan bahan makanan yang akan diuji
      4. Keringkan kertas HVS
      5. Hadapkan kertas ke arah cahaya, kemudian amati
      6. Bahan makanan yang mengandung lemak akan meninggalkan berkas bening atau transparan
      7. Tuliskan hasil pengamatan pada format Lembar Hasil Kegiatan

LAPORAN KEGIATAN PRAKTIKUM

MATA PELAJARAN BIOLOGI

MENENTUKAN KANDUNGAN GIZI BAHAN MAKANAN

Judul:

Rumusan Masalah:

Hipotesis:

Alat dan Bahan:

Langkah Kerja:

1. Uji glukosa

2. Uji Amilum

3. Uji protein

4. Uji lemak

Hasil Pengamatan:

No Jenis Makanan Perubahan Warna Noda di Kertas Hasil Uji Makanan
Benedict Lugol Protein Glukosa Amilum Protein Lemak
1
2
3
4
5
6
7
8

Keterangan :

Kolom Perubahan Warna diisi dengan warna yang nampak

Kolom Hasil Uji diisi dengan tanda jika menunjukan adanya perubahan warna / penampakan

Diskusi:

1. Apa fungsi larutan Benedict, Lugol, dan Biuret pada percobaan di atas ?

Nama Larutan Fungsi
larutan Benedict
larutan Lugol
larutan Biuret

2. Sebutkan warna-warna yang terjadi dari reagennya bila kita menguji ;

        1. Glukosa =
        2. Amilum =
        3. Protein =

3. Nutrisi apakah yang diperlukan oleh tubuh dan apa fungsinya??

Nama nutrisi Fungsi

4. Berikut disajikan bagan metabolisme nutrisi dalam tubuh manusia. Analisislah bagan tersebut sehingga menunjukkan hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi!

a. Metabolisme karbohidrat

Hasil analisis:

b. Metabolisme lemak

Hasil analisis

c. Metabolisme protein

Hasil analisis

Kesimpulan:

Daftar Rujukan:

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi system pencernaan, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.

Sukses untuk kalian!!!

/* */