UKBM SISTEM IMUN : MENGANALISIS PERAN SISTEM IMUN

Setiap hari kita bernapas, makan, dan minum. Tanpa kita sadari udara yang disekitar kita banyak mengandung kuman-kuman penyakit. Begitu pula dengan makanan dan minuman kita juga bisa terdapat kuman-kuman yang merugikan. Untuk itulah makanan dan minuman perlu dimasak agar dapat membunuh kuman-kuman tersebut.

Namun, meskipun demikian pada kenyataannya kita tidak dapat terlepas dari kuman-kuman yang banyak terdapat di lingkungan kita. Kadang-kadang dijumpai orang yang mudah sekali terkena penyakit, namun ada juga yang jarang sekali terkena penyakit. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan perbedaan kekebalan yang terdapat pada masing-masing orang.

MENGANALISIS PERAN

SISTEM IMUN

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Genap
  4. Kompetensi Dasar :

3.14 Menganalisis peran sistem imun dan imunisasi terhadap proses fisiologi di dalam tubuh

4.14 Melakukan kampanye pentingnya berbagai program dan jenis imunisasi serta kelainan dalam sistem imun dalam berbagai bentuk media informasi

  1. Materi Pokok : Sistem Imun
  2. Alokasi Waktu : 6 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis peran sistem imun dan imunisasi terhadap proses fisiologi di dalam tubuh serta melakukan kampanye pentingnya berbagai program dan jenis imunisasi serta kelainan dalam sistem imun dalam berbagai bentuk media informasi sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

E:\Semester 8\Peta Konsep Sistem Kekebalan Tubuh.PNG

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca uraian berikut!

Setiap hari kita bernapas, makan, dan minum. Tanpa kita sadari udara yang disekitar kita banyak mengandung kuman-kuman penyakit. Begitu pula dengan makanan dan minuman kita juga bisa terdapat kuman-kuman yang merugikan. Untuk itulah makanan dan minuman perlu dimasak agar dapat membunuh kuman-kuman tersebut. Namun, meskipun demikian pada kenyataannya kita tidak dapat terlepas dari kuman-kuman yang banyak terdapat di lingkungan kita. Kadang-kadang dijumpai orang yang mudah sekali terkena penyakit, namun ada juga yang jarang sekali terkena penyakit. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan perbedaan kekebalan yang terdapat pada masing-masing orang.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

 

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

 

PENGANTAR

Tubuh selalu kontak dengan lingkungan yang banyak terdapat kuman-kuman. Kuman-kuman dapat masuk melalui udara pernapasan maupun makanan. Dalam hal ini tubuh memiliki sistem kekebalan untuk menghalangi dan bahkan membunuh kuman-kuman tersebut. Agar tidak merugikan tubuh.

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

  1. Temukan perbedaan antara antigen dan antibodi!

Jawaban :

No Antigen Antibodi
1.
2.
3.
4.
  1. Perhatikan secara cermat tabel di bawah ini!

Dari tabel di atas, tentukan mana yang termasuk imunitas spesifik dan non spesifik! Analisislah peranannya!

  1. Sebutkan dan jelaskan imunitas spesifik dan non spesifik!

Jawaban :

 

4. Perhatikan secara cermat tabel di bawah ini!

Tentukan jenis kekebalan dan jelaskan peranannya!

No Upaya Meningkatkan Sistem Imun Jenis Kekebalan Peranannya
1. Pemberian ASI
2. Pemberian vaksin
3. Pemberian serum
  1. Sebutkan dan jelaskan contoh dari kekebalan aktif dan pasif!

Jawaban :

 

  1. Berikut jenis-jenis imunisasi! Analisis peranannya dalam sistem imun!

Jawaban :

No Jenis Imunisasi Peranannya
1. BCG
2. Campak
3. Polio
4. Hepatitis B
  1. Sebutkan dan jelaskan kelainan-kelaianan yang berhubungan dengan sistem imun!

Jawaban :

 

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 2

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kegiatan belajar 1 lanjut pada kegiatan 2. Bergabunglah bersama kelompok yang telah ditentukan, kemudian lakukanlah kegiatan berikut ini!

        1. Diskusikanlah bersama kelompokmu terhadap rancangan proyek yang dibuat!

Ayo berlatih !!

Dalam proyek yang ingin dilakukan, tentukanlah :

No. Tema Poster Contoh Rancangan Awal

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi sistem imun, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.

Sukses untuk kalian!!!

/* */