50 Kumpulan Soal UKG Kompetensi PEDAGOGIK

Download kumpulan soal UKG Pedagogik – Teks UKG bagi guru memanglah sangat penting dimana memang sudah menjadi sebuah persyaratan yang diberikan oleh pemerintah bagi guru dalam meningkatkan kompetenis mereka dalam bidang yang sedang mereka ampu dalam mencedaskan anak bangsa.

Secara umum, pelaksanaan UKG bertujuan sebagai berikut:

  1. Memperoleh informasi tentang gambaran kompetensi guru, khususnya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  2. Mendapatkan peta kompetensi guru, yang akan menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan jenis pendidikan dan pelatihan yang harus diikuti oleh guru, dalam program pembinaan dan pengembangan profesi guru dalam bentuk kegiatan pengembangan keprofesian ber-kelanjutan (PKB).
  3. Memperoleh hasil UKG yang merupakan bagian dari penilaian kinerja guru, dan akan menjadi bahan pertimbangan penyusunan kebijakan dalam memberikan penghargaan dan apresiasi kepada guru.
    “Jadi, untuk para guru peserta UKG tidak usah risau dengan hasil yang telah diperolehnya,” ujar Anita.

Kompetensi minimal yang harus dimiliki guru untuk dapat dinyatakan lulus UKG 2018 adalah mencapai nilai 75. Kenyataan di lapangan, masih banyak guru yang telah mengikuti UKG nilainya di bawah 75. Hal ini menjadi pemicu motivasi guru secara pribadi untuk meningkatkan kompetensinya, dan sekaligus menjadi pekerjaan rumah pemerintah. dalam hal ini Kemendikbud, untuk melakukan pembinaan selanjutnya secara serius. Pembinaan yang telah diprogramkan pemerintah adalah berupa diklat-diklat sesuai dengan kebutuhan para guru.

Untuk meningkatkan kompetensi guru secara utuh, sebaiknya pemerintah melakukan pembinaan secara utuh juga. Bukan kompetensi pedagogik dan profesional saja yang perlu dibina dan dijadikan tolok ukur keprofesionalan guru. Justru kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru berperan besar dalam pendidikan. “Oleh karena itu, perlu juga dilakukan pembinaan ke-profesionalan dan karakter positif para guru.

Untuk menjadi profesional seorang guru dituntut untuk memiliki lima hal, yaitu:

  1. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
  2. Guru menguasai secara mendalam bahan/mata pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarnya kepada siswa.
  3. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai cara evaluasi.
  4. Guru mampu berpikir sistematis tentang apa yang dilakukannya dan belajar dari pengalamannya.
  5. Guru seyogyanya merupakan bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan profesinya.
  6. Tugas seorang guru profesional meliputi tiga bidang utama yaitu pofesi, kemanusiaan, dan kemasyarakatan.

Soal UKG Kompetensi PEDAGOGIK

/* */