SISTEM SIRKULASI PADA MANUSIA

Bahasan lengkap mengenai materi biologi dengan tema sistem sirkulasi pada manusia lengkap dengan contoh soal.

  1. Identitas
  2. Nama Mata Pelajaran : Biologi
  3. Semester : Genap
  4. Kompetensi Dasar :

3.6 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi

4.6 Menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia dan teknologi terkait sistem sirkulasi melalui berbagai bentuk media presentasi

  1. Materi Pokok : Sistem Sirkulasi
  2. Alokasi Waktu : 12 jp x 45 menit
  3. Tujuan Pembelajaran :

Melalui praktikum, diskusi, tanya jawab, penugasan, presentasi dan analisis peserta didik dapat 8 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dan mengaitkannya dengan bioprosesnya sehingga dapat menjelaskan mekanisme peredaran darah serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi serta menyajikan hasil analisis data dari berbagai sumber (studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi) kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung dan pembuluh darah yang menyebabkan gangguan sistem peredaran darah manusia dan teknologi terkait sistem sirkulasi melalui berbagai bentuk media presentasi sehingga peserta didik dapat menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya, mengembangkan sikap jujur, peduli, dan bertanggungjawab, serta dapat mengembangankan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

  1. Materi Pembelajaran

Lihat dan baca pada Buku Siswa Biologi:

        1. Irnaningtyas, Yossa Istiadi 2014. Biologi untuk SMA/MA Kelas X.l Jakarta: Penerbit Erlangga, hal -53- 80
        2. Endah Sulistyowati, Wigati Hadi Omegawati, Teo Sukoco, Siti Nurhidayah. 2015. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Xl l Peminatan Matematika dan Ilmu-Ilmu Alam. Klaten: Intan Pariwara halaman 55 – 76
  1. Peta Konsep

  1. Kegiatan Pembelajaran
    1. Pendahuluan

Sebelum belajar pada materi ini silahkan kalian membaca dan memahami wacana di bawah ini.

Sekarang ini sistem transportasi umum di Indonesia sudah maju dan lancar. Dengan transportasi yang lancar tersebut, maka kita dapat pergi ke tempat-tempat tujuan, sehingga memudahkan kita dalam memenuhi kebutuhan. Sistem transportasi pada makhluk hidup juga sama seperti sistem transportasi umum tersebut di atas. Melalui sistem transportasi ini, makhluk hidup menyalurkan kebutuhannya di dalam tubuh. Sistem transportasi pada

makhluk hidup yang dimaksud di sini adalah darah.

Untuk dapat menyelesaikan persoalan tersebut, silahkan kalian lanjutkan ke kegiatan belajar berikut dan ikuti petunjuk yang ada dalam UKB ini.

    1. Kegiatan Inti
  1. Petunjuk Umum UKB
  2. Baca dan pahami materi pada Buku Teks ( BTP) Irnaningtyas. Yossa Istiadi 2014. Buku Siswa Biologi Untuk SMA/MA Klas XI Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : PT Gelora Aksara Pratama hlm 53 – 80
  3. Setelah memahami isi materi dalam bacaan Berlatih untuk berfikir tinggi melalui tugas tugas yang terdapat pada UKB ini baik bekerja sendiri maupun bersama teman sebangku atau teman lainnya.
  4. Kerjakan UKB ini di buku kerja atau langsung mengisikan pada bagian yang tersedia
  5. Kalian dapat belajar bertahap dan berlanjut melalui kegiatan ayo berlatih, apabila kalian yakin sudah paham dan mampu menyelelesaikan permasalahan – permasalahan dalam kegiatan belajar 1, 2, 3, 4 dan 5 kalian boleh sendiri atau mengajak teman yang sudah siap untuk mengikuti test formatif agar kalian dapat belajar ke UKB berikutnya.

  1. Kegiatan Belajar

Ayo kalian ikuti kegiatan belajar berikut dengan penuh kesabaran dan konsentrasi !!!

Kegiatan Belajar 1

PENGANTAR

Darah merupakan alat transportasi yang sangat penting dalam tubuh manusia. Sistem peredaran darah manusia sendiri terbagi atas darah dan alat-alat peredaran darah. Darah dalam tubuh manusia beredar ke seluruh tubuh karena adanya jantung yang memompa darah, serta adanya pembuluh darah sebagai tempat beredarnya darah menuju ke jaringan tubuh. Jantung sebagai alat pemompa darah memiliki struktur yang kompleks untuk menunjang fungsinya tersebut. Begitu pula dengan pembuluh-pembuluh darah.

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

  1. Mengapa darah disebut sebagai salah satu jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi?

Jawab:

………………………………….

  1. Salah satu fungsi dari darah adalah untuk mengedarkan sari-sari makanan dan zat sisa metabolisme. Bagaimana mekanisme darah dalam mengedarkan sari-sari makanan dan zat sisa metabolisme tersebut!

Jawab:

………………………..

  1. Perhatikan pernyataan dibawah ini, dan jelaskan alasan dari pernyataan tersebut!
          1. Sel darah merah (eritrosit) berwarna merah.
          2. Leukosit memiliki banyak bentuk, dan bergerak secara amoeboid.
          3. Keping darah (trombosit) berperan dalam pembekuan darah.

Jawab: ……………

  1. Jantung manusia terdiri dari empat ruangan, yaitu atrium kiri, antrium kana, ventrikel kiri dan ventrikel kanan. Akan tetapi ventrikel kiri mempunyai mirokardium lebih tebal. Kemukakan alasan dari pernyataan tersebut!

Jawab:

…………………

  1. Perhatikan pernyataan mengenai pembuluh darah dibawah ini.

Arteri memiliki lapisan terluar disebut tunika adventitia yang tersusun dari jaringan penyambung. Di lapisan selanjutnya terdapat tunika media yang tersusun atas otot polos dan jaringan elastis. Lapisan terdalam adalah tunika intima yang tersusun atas sel endothelial. Darah mengalir di dalam pada lumen.

Vena, dinding pembuluhnya tipis dan tidak elastis. Pembuluh vena mempunyai katup sepanjang pembuluhnya

Kapiler, dinding kapiler adalah endotel selapis tipis sehingga gas dan molekul seperti oksigen, air, protein, dan lemak dapat mengalir melewatinya dengan dipengaruhi oleh gradien osmotik dan hidrostatik.

Dari pernyataan tersebut, terkait hal apakah yang menyebabkan perbedaan dari masing-masing struktur pembuluh darah arteri, vena maupun kapiler?

Jawab:

……………………………

  1. Perhatikan gambar dibawah ini!

Bagaimana keterkaitan letak dengan fungsi dari masing-masing katup pada jantung?

Jawab:

…………………………..

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 2

Kegiatan Belajar 2

Setelah anda belajar kegiatan 1 lanjutkan kegiatan 2 berikut ini. Bacalah buku refrensi dan pengantar di bawah ini!

PENGANTAR

Jantung memompa darah untuk di edarkan ke seluruh tubuh. Darah di dalam jantung beredar ke setiap ruang-ruang jantung, dengan arah tertentu. Sehingga tidak ada pencampuran darah. Kemampuan jantung untuk memompa darah karena otot jantung yang berkontraksi (berkerut) dan berelaksasi (mengendur). Darah mengalir dalam tubuh melalui suatu lintasan. Ada dua lintasan peredaran darah yaitu peredaran darah kecil dan peredaran darah besar.

Ayo berlatih !!

Jawablah pertayaan berikut dengan kalimat yang singkat dan jelas !

        1. Perhatikan gambar di bawah ini!

http://1.bp.blogspot.com/-7Ory9t_vgDs/UJvqr6kn1EI/AAAAAAAAAJg/L8UDsNlhjE8/s640/SPD.jpg

Jelaskan proses yang terjadi pada setiap nomor yang ada pada gambar diatas secara berurutan, tuliskan jawaban kalian pada tabel yang telah disediakan!

No Jawaban
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
        1. Eritrosit merupakan sel darah merah yang mengandung hemoglobin yang berfungsi untuk mengikat oksigen. Apa yang terjadi apabila kadar hemoglobin seseorang menurun?

Jawab:

……………………………..

        1. Apabila terjadi pengerasan dinding arteri akibat endapan senyawa lemak atau zat kapur, kelainan apakah yang dapat mengganggu dari sistem peredaran darah manusia!

Jawab:

…………………..

        1. Seseorang dapat terkena penyakit serangan jantung, dan dapat mengakibatkan kematian. Kemukakan alasan dari pernyataan tersebut!

Jawab:

…………………..

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 3

Kegiatan Belajar 3

Setelah anda belajar kegiatan belajar 2 lanjut pada kegiatan 3. Bergabunglah bersama kelompok yang telah ditentukan, kemudian lakukanlah kegiatan berikut ini!

Bacalah artikel yang sebelumnya masing-masing dari anggota kelompok telah mencari!

        1. Diskusikanlah bersama kelompokmu dan jawablah soal yang ada pada UKBM

Ayo berlatih !!

  1. Dari artikel yang telah kalian baca, Tuliskan setiap informasi yang kalian dapatkan pada tabel dibawah ini!
No. Organ yang mengalami gangguan Jenis Kelainan Penyebab Kelainan Tanda-tanda Kelainan Cara mencegah/Cara Pengobatan
  1. Dari data diatas, teknologi apa saja yang dapat digunakan untuk pengobatan yang terjadi pada sistem sirkulasi darah manusia!

Jawab:

………………….

  1. Bagaimana saran kalian untuk dapat mencegah kelainan yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia?

Jawab:

………………

  1. Buatlah kesimpulan dari hasil analisis artikel yang telah kalian lakukan!

Jawab:

…………….

Setelah melakukan kegiatan diatas, tuliskan refleksi diri mengenai apa yang telah anda pelajarai pada kegiatan tersebut.

Refleksi

Apabila anda telah menyelesaikan seluruh tugas tersebut anda dapat melanjutkan ke kegiatan 4

Kegiatan Belajar 4

Setelah anda belajar kegiatan belajar 3 lanjut pada kegiatan 4. Bergabunglah bersama kelompok yang telah ditentukan, kemudian lakukanlah kegiatan berikut ini!

  1. Tujuan : siswa dapat menentukan golongan darah pada manusia

  1. Alat dan Bahan :
  2. kaca obyek
  3. alat penusuk/blood lancet
  4. kapas
  5. 1 set serum
  6. tusuk gigi
  7. alkohol 70%
  8. Prosedur :
  9. Bersihkan ujung jari dengan menggunakan alkohol 70%
  10. tusuklah bagian yang telah dibersihkan dengan menggunakan blood lancet
  11. teteskan darah yang keluar pada gelas objek seperti gambar berikut :
  12. tambahkan pada tetes no :

: 1 tetes garam fisiologi

: 1 tetes serum anti A

: 1 tetes serum anti B

  1. letakkan kaca objek pada kertas buram putih, kemudian aduklah masing-masing tetes dengan tusuk gigi yang berlainan
  2. Amati yang terjadi pada setiap tetes darah setelah masing-masing ditambah dengan tetesan larutan garam anti A dan anti B
  3. Bila terjadi penggumpalan pada darah yang ditetesi :

Anti A, maka golongan darahnya adalah A

Anti B. maka golongan darahnya adalah B

A dan anti B, maka golongan darahnya adalah AB

Bila tidak membentuk gumpalan, maka golongan darahnya adalah 0

  1. Masukkan data dari hasil pengamatan dalam tabel pengamatan.
  2. Data Pengamatan
No Perlakuan Pengamatan Golongan darah
I

II

III

Darah + larutan garam fisiologi

Darah + serum anti A

Darah + serum anti B

Keterangan : (+) = menggumpal

(-) = tidak menggumpal

  1. Diskusi
  2. Lengkapilah tabel berikut ini :
Donor

Resipien

Golongan darah
A B AB O
Golongan darah A
B
AB
O
  1. Apakah manfaat penggolongan darah pada manusia?

Jawab:

……………….

  1. Golongan darah apakah yang dapat diberikan kepada golongan darah A, B, AB dan O?

Jawab:

…………

  1. Golongan darah apakah yang dapat menerima darah dari golongan darah A, B, AB, dan O? Disebut apakah golongan darah yang demikian?

Jawab:

………………

  1. Mengapa golongan darah A tidak dapat menerima darah dari golongan darah B? Jelaskan !

Jawab:

……………

  1. Selain golongan darah sistem A-B-O, adakah sistem penggolongan darah yang lain ? jelaskan!

Jawab:

………..

  1. Bagaimana upaya-upaya agar dalam proses tranfusi, darah tetap cair atau tidak terjadi penggumpalan (algutinasi)?

Jawab:

………..

…………….

Format Laporan

Kelompok :

Nama anggota kelompok :

Kelas :

Judul :

Dasar Teori :

Prosedur Kerja :

Tabel Pengamatan :

Hasil Diskusi :

Kesimpulan :

Referensi :

Ini adalah bagian akhir dari UKB materi sistem sirkulasi, mintalah tes formatif kepada Guru kalian sebelum belajar ke UKB berikutnya.

Sukses untuk kalian!!!

/* */