Pengertian Seni Rupa Berdasarkan Dimensi dan Fungsinya

Pengertian seni rupa 2 dimensi, kemudian seni rupa murni dan terapan sampai dengan unsur unsur seni rupa dan macamnya akan kami bahas dan kupas tuntas kepada sahabat di rumah. Ok langsung saja kita akan masuk pada bahasan sekilas mengenai arti dan pengertian seni rupa dimana bisa dibedakan menjadi dua jenis yakni seni rupa berdasarkan fungsi dan dimensinya dan tentu saja akan kami ulas dengan lengkap disertai dengan contoh sehingga sahabat semua semakin faham ya. Ada beberapa jenis dari seni rupa misalkan saja seni rupa terapan, seni rupa murni, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi yang bisa di identifikasi dari contohnya.

Secara garis besarnya seni rupa dapat dimaknai sebagai ungkapan ide atau perasaan yang estetis dan bermakna dari pembuatnya yang diwujudkan melalui media rupa yang bisa ditangka dan dirasakan dengan rabaan. Konsep yang menyatu dalam seni rupa berupa titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang yang ditata dengan prinsip-prinsip tertentu. Sedangkan untuk pembagian sendiri dibagi menjadi 2 aspek, yaitu berdasarkan fungsinya dan berdasarkan dimensinya.

Nah dibawah ini akan admin jelaskan secara gamblang kepada sahabat di rumah supaya lebih faham dan mengerti tentunya yuk langsung saja di cek ya. Dimana nanti berdasarkan fungsinya juga memiliki beberapa bagian yang harus kalian ketahui dan biasanya akan keluar dalam soal ulangan.

Seni Rupa Berdasarkan Fungsinya

Jika di lihat dari fungsinya, seni rupa dibagi menjadi 2 lagi yaitu Seni rupa yang dibuat dengan pertimbangan utama sebagai sesuatu untu memenuhi fungsi praktis atau terapan yang biasa disebut Seni Rupa Terapan atau Applied Art contohnya seperti batik, meja, vas bunga, hiasan dinding, sedangkan Seni Rupa murni yaitu seni rupa yang dibuat dengan tujuan untuk dinikmati keindahan dan keunikannya contohnya lukisan dan kaligrafi.

Seni Rupa Berdasarkan Dimensinya

Jika dilihat berdasarkan dimensinya, seni rupa dibagi menjadi 2 yaitu, seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi berati hanya memiliki panjang dan lebar saja, seni rupa 2 dimensi itu contohnya seperti lukisan dan seni grafis sedangkan seni rupa 3 dimensi berarti memiliki panjang, lebar, dan tinggi berarti mempunyai volume atau ruang. Seni rupa 3 dimensi itu seperti patung, kriya, dan keramik.

Pengertian Seni Rupa dua dimensi dan tiga dimensi

Seni rupa dua dimensi adalah karya seni rupa yang dibatasi dua sisi saja, yaitu sisi panjang dan lebar, sehingga tidak mempunyai ruang karena tidak mempunyai ketebalan. Contohnya karya seni lukis atau gambar. Seni rupa tiga dimensi adalah seni rupa yang memerlukan ruang, karena mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tebal. Karena seni rupa tiga dimensi tidak mempunyai bidang datar dan tidak datar, sehingga penempatannya berdiri lepas artinya tidak tergantung pada dinding sebagai dasarnya, sebagai contohnya patung, seni bangunan, (arsitektur) dan seni terapan misalnya perabotan rumah tangga.

Nah itulah yang bisa kami sajikan dalam kesempatan ini mengenai pengertian seni rupa dan pembagian lengkap dengan contohnya selamat belajar ya semoga bisa mendapatkan nilai yang baik pas ujian nanti.

/* */