Manfaat Virus bagi Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Ok sahabat di rumah kali ini kami akan menjelaskan lengkap manfaat virus baik bagi kehidupan manusian, untuk hewan, tumbuhan sampai pada bidang pertanian yang harus adik adik ketahui karena sering sekali keluar dalam sebuah soal ujian nasional dan sekolah. Secara umum setidaknya ada beberapa manfaat virus diantaranya sebagai berikut:

  1. Virus dapat digunakan untuk memproduksi interveron yaitu sejenis senyawa yang dimanfaatkan untuk mencegah replikasi virus di dalam sel induk.
  2. Virus juga dimanfaatkan untuk pembuatan vaksin berbagai jenis mikroba penyebab penyakit bagi manusia seperti: vaksin sabin dan salk untuk mencegah penyakit polio vaksin pasteur untuk mencegah penyakit rabies.
  3. Virus juga dapat dimanfaatkan sebagai antibakterial karena dapat menghancurkan bakteri-bakteri yang mengganggu pada produk-produk makanan yang diawetkan.
  4. Virus juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan insulin. Sebagai contoh virus penyebab kanker dapat dicangkokkan bersama dengan gen-gen penghasil insulin atau zat lain ke bakteri sehingga bakteri tersebut dapat berkembangbiak dengan cepat dan sekaligus memproduksi insulin atau zat lain.
  5. Beberapa virus dapat dimanfaatkan untuk re-kombinasi genetika. Melalui terapi gen, gen penyebab inveksi yang terdapat di dalam virus dapat diubah menjadi gen baik (gen Penyembuh).
  6. Virusbermanfaatsebagai antibodi pada serum darah sebagaimana sekresi pada membran mukosa yang membantu tubuh menghancurkan unsur-unsur asing seperti virus (virus melawan virus).
  7. Virus berguna sebagai sebagai model sistem untuk mempelajari peristiwa-peristiwa yang mengendalikan informasi genetik, karena virus sebenarnya adalah potongan-potongan informasi genetik yang berbeda dengan informasi genetik sel.

Materi Biologi SMA Kelas X: Manfaat Virus bagi Kehidupan Manusia

Dalam biologi, kajian tentang virus dipelajari secara khusus pada cabang biologi virologi. Virus berukuran sangat kecil dan hanya bisa dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron. Setiap orang dapat terkena serangan virus. Contoh penyakit menular yang diakibatkan oleh virus antara lain: batuk, pilek, influenza, hepatitis, cacar air, tifus, dan sebagainya. Namun, virus tidak selalu merugikan manusia. Virus ternyata juga bermanfaat dalam kehidupan. Berikut ini manfaat virus bagi kehidupan manusia.

1. Menghasilkan vasin
Vaksin adalah patogen yang sudah dilemahkan sehingga tidak menimbulkan bahaya bagi manusia. Ada sejumlah virus yang dimanfaatkan untuk pembuatan vaksin. Tubuh manusia yang telah diberi vaksin akan mampu menghasilkan antibodi sehingga apabila sewaktu-waktu terkena serangan patogen yang sesungguhnya, maka tubuh manusia tersebut sudah kebal terhadap patogen tersebut. Hal ini karena di dalam tubuh tersebut sudah dihasilkan antibodi patogen tersebut.

2. Melemahkan bakteri
Selain menghasilkan vaksin, virus juga dapat bermanfaat untuk melemahkan bakteri. Virus yang menyerang bakteri patogen termasuk virus yang bermanfaat bagi kehidupan manusia. Apabila DNA virus lisogenik menyebabkan infeksi pada DNA bakteri patogen, maka bakteri patogen tersebut menjadi lemah atau tak berbahaya.

3. Membuat antitoksin
Fungsi virus berikutnya yaitu membuat antitoksin. Antitoksin bisa dibuat dengan cara menggabungkan DNA virus dan gen yang bersifat menguntungkan sehingga dalam sel bakteri terdapat gen yang menguntungkan apabila virus menginfeksi bakteri tersebut. Gen manusia merupakan gen yang mampu mengontrol pembuatan antitoksin. Apabila DNA manusia dihubungkan dengan DNA bakteri oleh DNA virus, maka pada sel bakteri tersebut terdapat kandungan gen manusia yang dapat menghasilkan antitoksin. Jadi, gen bakteri yang pada awalnya tidak terdapat antitoksin manusia, kini dapat menghasilkan antitoksin manusia.

Demikian beberapa manfaat virus dalam kehidupan manusia. Selain berbagai penyakit dapat ditimbulkan oleh virus, ternyata virus juga bermanfaat untuk kehidupan manusia.

referensi: Biologi 1. Oleh: Ari Sulistyorini

/* */