Bunga Magnolia

Bunga Magnolia

Bunga magnolia adalah sebutan dari suku-sukuan bunga yang termasuk di dalamnya bunga cempaka dan bunga kantil. Bunga magnolia ini mempunyai wangi yang sangat harum. Bunga ini biasanya digunakan dalam upacara keagaman seperti upacara pernikahan dan sebagai bunga penabur pada upacar kematian. Nama bunga magnolia sendiri mempunyai arti dari setiap warna bunga yang ada . Bunga magnolia putih melambangkan kemurnian dan kesempurnaan, warna bunga magnolia merah muda melambangkan suka cita, warna bunga magnolia hijau melambangkan kesehatan dan keberuntungan sedangkan warna ungu melambangkan tercapainya keiginan.

Makna Bunga magnolia dalam ritual yaitu kemantil-kantil yang artinya selalu ingat dimanapun berada atau tetap mempunyai hubungan yang erat walaupun alamnya sudah berbeda. Filosofi bunga magnolia inilah yang menjadikan kebanggaan bagi masyarakat Jawa, dan salah satu bentuk apresiasinya adalah penghargaan dalam bentuk karya seni yang beragam seperti dalam ukiran, lukisan batik dan sebagainya.

Bunga magnolia ini memiliki berbagai warna yaitu putih, merah muda, hijau dan ungu. Bunga ini hidup di wilayah dataran beriklim yang tropis pada dataran rendah hingga ketinggian mencapai 1.600 meter dpl. Pohon Bunga magnolia ini dapat tumbuh hingga 30 meter. Bunga magnolia ini memiliki 120 jenis.

Manfaat dan Khasiat Bunga Magnolia :
Napas/Mulut Bau
Haid Tidak Teratur
Batu Ginjal
Aroma perawatan rambut.
Demam.
Mulas

/* */