25 Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris Hanya 1 Minggu

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris – Ada berbagai cara untuk belajar bahasa Inggris. Ada empat aspek penting dalam belajar bahasa Inggris, yaitu reading, speaking, listening, dan writing. Bagaimana cara mempelajari bahasa asing ini? Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris. Cara terbaik dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan mempraktekkkannya. Tak masalah jika kosakata yang dihafal masih sedikit. Bila perlu belajar dengan orang yang berbicara dengan bahasa Inggris. Misal, Anda punya teman dari luar negeri yang ingin belajar bahasa Indonesia, kemudian ia ingin mempelajari bahasa Indonesia, Anda bisa belajar bahasa Inggris darinya dan dia bisa belajar bahasa Indonesia dari Anda. Bagi Anda yang tinggal di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama, Anda dapat berlatih berupa memulai percapakan sederhana dengan orang yang Anda temui.

Perhatikan cara pengucapan
Memiliki pemahaman materi bahasa Inggris saja tidak cukup. Perlu pengucapan kata-kata bahasa Inggris dengan benar. Salah pengucapan bisa menimbulkan salah pengertian. Misalnya, Anda harus bisa membedakan pengucapan “I” dan “eye”. Pengucapan yang jelas penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengarkan baik-baik cara penutur asli bahasa Inggris mengucapkan kata-kata tertentu, kemudian menirukannya.

Perhatikan untuk suara-suara yang Anda tidak terbiasa atau tidak terdapat dalam bahasa Indonesia, misalnya, pengucapan “th”.

Pengucapan kata-kata dalam bahasa Inggris sangat beragam tergantung aksen yang digunakan. Misalnya, bahasa Inggris Britania (English British) sangat berbeda dengan bahasa Inggris Amerika (American English). Hal ini perlu diperhatikan bagi Anda yang berniat ingin bepergian ke negara dengan bahasa utama bahasa Inggris.

Memperluas pemahaman kosakata dan gunakan frasa idiomatik

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah

Makin banyak kosakata dan frasa yang dihafal, semakin mudah dalam mempelajari bahasa Inggris. Untuk menghafal kosakata dapat dikelompokkan menjadi bermacam-macam, misalnya kosakata tentang nama-nama hewan, buah-buahan, kendaraan, dan sebagainya. (Buka kategori Vocabulary). Setelah Anda belajar suatu kata atau frasa, gunakan kata atau frasa tersebut dalam sebuah kalimat. Cara lainnya untuk mengingat kata-kata baru yaitu dengan membuat label pada peralatan rumah tangga sehari-hari. Kemudian setiap kali Anda menggunakan peralatan tersebut, Anda dapat melihat kata dalam bahasa Inggris untuk benda tersebut.

Anda juga harus mulai membuat buku catatan frasa idiomatik dalam bahasa Inggris, seperti piece of cake yang berarti ketika sesuatu sangat mudah, it’s raining cats and dogs yang berarti hujan deras, dan sebagainya.

Terapkan frasa tersebut ke dalam percakapan bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan dalam berbahasa Inggris.

Mengikuti kelas atau diskusi bahasa Inggris
Mengikuti kelas bahasa Inggris merupakan cara yang baik untuk fokus pada sejumlah aspek yang lebih formal dalam menggunakan bahasa Inggris, berupa belajar tata bahasa yang benar. Sedangkan mengikuti kelompok diskusi merupakan cara yang lebih santai untuk belajar bahasa Inggris di mana yang lebih ditekankan adalah komunikasi dan membangun hubungan.

Membawa kamus
Membawa kamus bahasa Inggris dapat membantu untuk mencari tahu kata dalam bahasa Inggris yang tidak tahu artinya. Selain itu, mencari kata dalam kamus juga dapat menambah kosakata baru ke otak. Bagi yang masih pemula, kamus yang dibawa dapat berupa kamus Inggris-Indonesia atau sebaliknya. Namun, bagi yang sudah hafal kosakata bahasa Inggris dalam jumlah sangat banyak, kamus yang dibawa dapat berupa kamus English-English. Dengan perkembangan zaman, kini tak harus membawa kamus yang berupa buku tebal, karena sudah ada kamus elektronik.

Meningkatkan kemampuan membaca, menulis, dan mendengar
Listeing merupakan salah satu hal yang perlu dipelajari dalam bahasa Inggris. Bagi yang ingin memahami ucapan orang yang menggunakan bahasa Inggris, kemampuan listening sangat penting. Untuk meningkatkan kemampuan listening, Anda bisa belajar dengan mendengarkan podcast bahasa Inggris dan siaran radio berbahasa Inggrus. Anda juga bisa memanfaatkan Google Translate yang menyediakan fitur text-to-speech. Usahakan untuk memahami apa yang dikatakan. Bahkan jika dirasa terlalu cepat, coba untuk memperhatikan kata kunci dan frase untuk mendapatkan gambaran umum tentang apa yang dibicarakan. Bila memungkinkan, buat catatan untuk setiap kata atau frase yang Anda tidak tahu artinya kemudian cari terjemahannya. Lalu dengarkan lagi audio bahasa Inggris untuk mendengarkan kata atau frasa baru.

Baca buku bahasa Inggris, koran, atau majalah
Membaca merupakan bagian penting dari belajar bahasa Inggris. Jadi, biasakan untuk membaca teks dalam bahasa Inggirs. Cari teks yang menarik agar tidak bosan dalam membaca teks tersebut. Usahakan untuk benar-benar memahami apa yang benar-benar dibaca, bukan hanya sekadar membaca tanpa tahu maksudnya. Jika ada kata-kata yang tak tahu artinya, kumpulkan, lalu cari artinya di kamus.

Untuk meningkatkan kemampuan membaca, Anda bisa mencoba membaca dengan mengeluarkan suara (bukan di dalam hati). Hal ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan pemahaman terhadap teks sementara Anda juga berkonsentrasi dalam mengucapkan teks tersebut.

Menulis buku harian dalam bahasa Inggris
Selain pemahaman membaca dan mendengarkan, aspek menulis juga perlu dipahami. Hal ini mungkin merupakan aspek paling sulit dalam belajar bahasa Inggris. Menulis menggunakan bahasa Inggris dapat membantu Anda belajar pada struktur kalimat, tata bahasa (grammar), dan ejaan.

Coba untuk menulis buku harian dalam bahasa Inggris. Tak harus menceritakan masalah pribadai, Anda bisa menulis tentang cuaca, rencana, dan sebagainya. Jika Anda nyaman dengan hal tersebut, minta bantuan kepada orang yang bisa bahasa Inggris (lebih bagus jika native speaker) untuk mengoreksi tulisan yang Anda tulis.

Mencari sahabat pena yang berbahasa Inggris
Setelah Anda merasa kemampuan bahasa Inggris Anda sudah sudah baik, Anda dapat mempertimbangkan untuk mencari sahabat pena berbahasa Inggris. Sahabat pena bisa jadi ornag yang baru belajar bahasa Inggris, atau bisa juga native speaker yang ingin belajar bahasa Anda yang merupakan bahasa asing baginya. Mempunyai sahabat pena dari negara berbahasa Inggris, seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, dan sebagainya juga memungkinkan Anda untuk belajar seperti apa kehidupan di negara tersebut.

Komitmen dengan bahasa Inggris
Ketika belajar bahasa baru, penting untuk tetap termotivasi dan pantang menyerah. Tetap berkomitmen untuk tujuan belajar bahasa dengan memikirkan seberapa besar Anda ingin mencapainya. Pikirkan tentang peluang yang akan tersedia jika Anda dapat menguasai bahasa Inggris.

Mempraktekkan setiap hari
Bagi yang ingin cepat lancar berbahasa Inggris, Anda perlu komitmen untuk berlatih setiap hari. Belajar bahasa baru perlu diulang-ulang agar tidak mudah lupa dan tidak harus mulai dari awal lagi. Namun, Anda tak harus mempelajari teralu banyak. Coba untuk mempelajari aspek yang berbeda-beda, misalnya satu hari membaca, besoknya mendengarkan, besoknya lagi belajar grammar, kemudian belajar menulis, dan seterusnya. Namun, usahakan untuk tidak melewatkan kesempatan berlatih berbicara dalam bahasa Inggris. Hal ini karena aspek ini termasuk aspek penting agar lancar berbahasa Inggris.

Melatih diri agar berpikir dalam bahasa Inggris
Salah satu cara agar fasih berbahasa Inggris adalah dengan melatih otak agar benar-benar berpikir dalam bahasa Inggris. Menerjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris kemudian menerjemahkan kembali ke dalam bahasa Indonesia cukup menguras waktu dan energi. Bahasa Inggris memiliki kekhasan dan nuansa tersendiri, yang membuat tidak mungkin menerjemahkan kata dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia secara akurat pada kata-kata tertentu.

Hasilnya, kemampuan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris akan mengalir lebih alami dan lancar jika otak dilatih agar berpikir dalam bahasa Inggris. Anggap saja seperti tombol on/off, kapan waktu untuk menggunakan bahasa Inggris dan kapan waktu untuk menggunakan bahasa Indonesia.

Berteman dengan orang yang berbahasa Inggris
Salah satu tes kefasihan seseorang dalam belajar bahasa Inggris adalah dengan berada bersama native speaker dan melihat apakah orang tersebut dapat mengikuti dan berkontribusi dalam percakapan atau tidak. Jika memungkinkan, jalin pertemanan dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris dalam berbicara.

Tak perlu takut saat membuat kesalahan
Rasa takut belajar bahasa Inggris dapat menjadi penghalang untuk mencapai tujuan lancar bahasa Inggris. Membuat kesalahan merupakan bagian dari proses belajar agar lebih baik ke depannya.

Mengikuti kursus bahasa Inggris
Mengikuti kursus bahasa Inggris dapat membantu dalam mempelajari kata-kata penting dan grammar dan dapat membantu Anda belajar bahasa Inggris dengan benar.

Jika Anda mencoba belajar kata-kata baru, usahakan jangan menggunakan daftar kosakata dalam jumlah yang terlalu banyak. Pelajari beberapa kata pada suatu waktu sampai hafal baru melanjutkan untuk menghafal kata-kata berikutnya.

Jangan terlalu fokus pada grammar
Meski grammar itu penting, sebaiknya jangan terlalu terpaku pada grammar. Saat Anda belajar bahasa Indonesia, apakah Anda belajar tata bahasa atau langsung praktek? Apakah saat pertama kali bisa berbicara dengan bahasa Indonesia Anda terlebih dulu belajar tentang macam-macam kalimat? Namun, hal ini bukan berarti bahwa grammar tidak penting. Grammar menjadikan bahasa Inggris teratur.

14 Cara cepat belajar bahasa Inggris sendiri (otodidak)

1. Pelajari terlebih dahulu kata-kata bahasa Inggris dasar

Sebelum Anda mulai menerapkan kebiasaan berbahasa Inggris, ada baiknya Anda mempelajari dulu kata-kata sederhana dalam bahasa Inggris, yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Seperti kata tunjuk aku, kamu, dia, dan kata-kata lain yang umum digunakan dalam percakapan sehari-hari.

2. Sering mendengarkan lagu bahasa Inggris lalu tulis liriknya

Di zaman teknologi ini tentu mudah bagi Anda untuk mengunduh lagu berbahasa Inggris. Jika Anda pecinta musik tentu belajar sambil mendengarkan musik sangat menyenangkan bagi Anda. Dalam tahap ini Anda tidak hanya sekadar mendengarkan lagunya saja. Namun dengarkanlah baik-baik liriknya lalu catat dalam notes maupun gadget Anda. Setelah lirik lagu selesai Anda tulis, cek lirik tersebut di internet. Apakah benar semua atau ada yang salah.

Hal ini akan menambah tingkat kesensitifan telinga Anda terhadap bahasa Inggris (listening).

3. Sering menonton film berbahasa Inggris tanpa subtitle Indonesia

Hal menyenangkan lain yang bisa Anda gunakan sebagai sarana belajar bahasa Inggris adalah dengan menonton film yang berbahasa Inggris. Tentu saja untuk membuat Anda semakin pintar, mulailah dengan menonton film tanpa ada subtitle bahasa Indonesia. Jika masih kesusahan, gunakan subtitle Indonesia namun jangan terlalu sering. Jika menemukan kata yang susah, catat dan cari artinya untuk menambah kamus kata bahasa Inggris Anda.

4. Sering membaca literatur berbahasa Inggris

Nah, membaca. Membaca memang bukan kebiasaan kebanyakan orang Indonesia sih. Tapi tentu saja meski Anda tidak suka, Anda tetap harus mulai untuk belajar membaca literatur apapun yang berbahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca (reading)

5. Tekuni membaca kamus bahasa Inggris

Tidak hanya literatur hiburan seperti artikel, novel, atau berita berbahasa Inggris. Anda juga perlu membaca kamus bahasa Inggris. Cara cepat belajar bahasa inggris otodidak ini untuk menambah vocabulary (kosa kata) Anda.

6. Pelajari arti kata bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti lalu hafalkan

Jika selama mendengarkan musik, menonton film, dan membaca dalam bahasa Inggris dan Anda menemukan kata-kata asing yang tidak Anda mengerti. Jangan hanya dilewati saja. Catat dan hafalkan. Hal ini merupakan salah satu cara mudah belajar bahasa inggris.

7. Cobalah menulis sesuatu dalam bahasa Inggris

Berikutnya ketika vocabulary bahasa Inggris Anda sudah banyak. Mulailah menulis sesuatu dengan menggunakan bahasa Inggris agar kemampuan writing Anda meningkat.

8. Belajar berbicara bahasa Inggris pada cermin

Nah, sebelum Anda mulai berbicara dengan orang lain dalam bahasa Inggris. Ada baiknya Anda belajar berbicara bahasa Inggris di depan cermin agar Anda fasih dan tidak kagok.

9. Jadikan kebiasaan

Jadikan semua 8 cara di atas sebagai kebiasaan ataupun rutinitas agar kemampuan bahasa Inggris Anda dapat meningkat dengan cepat.

10. Teruslah berlatih kapanpun dan di manapun

Jangan malu untuk menunjukkan Anda sedang belajar bahasa Inggris. Praktikkan terus kapanpun dan di manapun.

11. Gunakan internet untuk latihan berbahasa Inggris secara gratis

Cara cepat belajar bahasa Inggris otodidak bagi pemula selanjutnya adalah dengan menggunakan fasilitas internet di mana ada banyak sekali website yang dapat membantu Anda untuk belajar bahasa Inggris secara benar.

12. Bertemanlah dengan orang-orang yang pintar berbahasa Inggris dan cobalah untuk saling berbicara menggunakan bahasa Inggris

Lihatlah lingkungan sekelilingmu, apakah ada seseorang yang Anda kenal fasih berbahasa Inggris? Ajaklah kenalan Anda untuk berbicara bahasa Inggris saat berbicara dengan Anda. Hal ini akan membantu kemampuan speaking Anda.

13. Bertemanlah via internet dengan orang-orang luar Indonesia yang fasih berbahasa Inggris

Di zaman perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, berteman dengan orang asing sangatlah mudah. Banyak sekali platform media sosial yang bisa Anda gunakan untuk berkenalan dengan orang luar. Tidak perlu sungkan untuk mengatakan bahwa Anda sedang belajar berbahasa Inggris.

14. Kursus

Langkah terakhir adalah dengan kursus. Memang cara ini bukan dengan belajar sendiri. Namun jika Anda kesulitan untuk menerapkan ke 13 cara di atas maka kursus adalah pilihan lain yang bisa Anda pilih untuk cara cepat belajar bahasa Inggris.

Itulah sejumlah tips belajar bahasa Inggris. Ejaan bahasa Inggris yang banyak berbeda dengan ejaan bahasa Inggris menjadikan bahasa Inggris tidak mudah dipelajari. Huruf A yang bagi orang Indonesia dibaca “a”, begitu belajar bahasa Inggris dibaca “ei” tentu tidak biasa bagi orang Indonesia. Namun, banyaknya orang Indonesia yang mahir berbahasa Inggris menandakan bahasa Inggris tidak mustahil untuk dipelajari.

Keyword : Belajar Bahasa Inggris, belajar bahasa inggris percakapan, belajar bahasa inggris untuk pemula, belajar bahasa inggris online gratis, belajar bahasa inggris cepat, belajar bahasa inggris dasar, belajar grammar bahasa inggris, belajar bahasa inggris untuk anak, belajar bahasa inggris dasar pdf

/* */