30 Permainan Matematika Untuk Anak SD

Permainan Matematika Untuk Anak SD sederhana sampai yang rada susah bisa anda jadikan sebagai salah satu metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan tentu saja dalam proses peyampaian materi belajar di kelas nantinya. Dimana masa anak sd terkadang lebih suka bermain nah bagaimana seorang guru bisa kreatif dalam hal ini menyampaikan sebuah materi pelajaran sambil bermain sehingga anak didik semakin semangat dalam belajar.
Berikut ini soal tebak-tebakan yang bisa bapak ibu guru coba gunakan sebagai salah satu selingan ketika anak didik anda mulai terlihat jenuh dalam belajar atau mengantuk mungkin.

 Pak Madi mempunyai hewan peliharaan berupa ayam dan kambing. Suatu hari sahabat Pak Madi yang bernama pak Amir datang berkunjung ke rumahnya.
Pak Amir : “Wah, banyak betul hewan peliharaanmu. Berapa jumlahnya?”
Pak Madi : “Ah, tidak banyak kok. Jumlah kepalanya ada 25, sedangkan jumlah kakinya ada 84.”
Pak Amir : “Waduh, kok gitu jawabannya. Saya tanya berapa jumlah kambingmu dan berapa jumlah ayammu?”
Pak Madi : “Itu tadi jawabannya, silahkan dihitung sendiri”
Bisakah Anda membantu Pak Amir menghitung berapa jumlah masing-masing kambing dan ayam milik Pak Madi?

Soal cerita seperti di atas atau yang sejenis dengan itu, jamak kita temui di dalam buku-buku paket anak SD. Biasanya permainan tebak-tebakan matematika seperti ini diberikan pada saat guru hendak mengajak siswa belajar tentang sistem persamaan linier dua variabel.
Solusi: Gampang ūüôā
Kalau kita cermati, bab persamaan linier seperti ini diajarkan sejak SD, SMP, sampai SMA. Dan biasanya, soal cerita tentang persamaan linier ini menjadi favorit untuk dikerjakan karena mudah. Mungkin anda pernah melihat–entah itu di facebook atau pada saat googling, tebak-tebakan matematika seperti di bawah ini:
permainan matematika
permainan tebak tebakan matematika

Soal permainan tebak-tebakan matematika di atas sebenarnya sama saja dengan kasus soal tentang Pak Madi di awal. Hanya saja disajikan dalam bentuk lain yaitu berupa gambar. Penyelesaiannya pun menggunakan cara penyelesaian sistem persamaan linier, yaitu:

 1. Eliminasi
2. Substitusi
3. Gabungan Eliminasi dan Substitusi
4. Intuisi

Contoh penyelesaian soal di atas menggunakan cara eliminasi.
Gambar: Jawaban tebak-tebakan matematika (menyusul)

Saya berikan lagi 1 contoh permainan matematika menebak angka yang saya ambil dari internet.

Permainan Matematika untuk anak SD

Permainan Matematika untuk Anak SD
permainan matematika untuk anak SD

Gambar: soal permainan matematika

Untuk yang ini silahkan anda kerjakan terlebih dahulu. Kalau sudah tuliskan jawaban anda di kolom komentar agar bisa saya nilai. Saya yakin dari jawaban yang masuk tidak lebih dari 25% yang benar. Tidak percaya? Buktikan jawaban anda berapa. ūüôā Demikianlah sedikit pembahasan tentang¬†permainan matematika untuk anak SD¬†dan tebak-tebakan angka bab sistem persamaan linier. Semoga bisa memberi manfaat. Terima kasih sudah berkunjung dan berkenan membaca. Salam.
/* */