Cara Menjalankan File Android di Windows 10

Salah satu fitur paling rapi dari sistem operasi bertenaga penuh seperti Windows 10 yang berjalan pada prosesor modern dengan memori adalah bahwa kombinasi yang kuat ini memungkinkan untuk benar-benar meniru model komputer yang berbeda secara efektif. 

Emulasi telah menjadi hal di dunia perangkat lunak selama beberapa dekade, tetapi biasanya, di tingkat konsumen, solusi emulasi kikuk, tidak efisien, atau tidak memadai. Masalah utama adalah bahwa sistem operasi sangat berbeda dan menawarkan hal yang berbeda kepada pengembang. Ini membuat menjalankan program yang ditulis untuk satu sistem operasi pada OS yang berbeda, suatu proposisi yang rumit.


Namun, dengan emulasi Android pada Windows, ada "sweet spot" skala perangkat keras dan perangkat lunak yang membuat emulasi Android tidak hanya mungkin tetapi sebenarnya cukup bisa diterapkan. Android dirancang untuk berjalan di komputer dan ponsel dan tablet dengan jumlah memori dan penyimpanan yang relatif kecil, dan prosesor yang (walaupun mampu) tidak selalu merupakan pembangkit tenaga listrik berkinerja tinggi. 

Sistem operasi itu sendiri relatif sederhana, didokumentasikan dengan baik, dan fungsional. Ini berarti bahwa mesin Windows 10 memiliki tenaga kuda lebih dari cukup untuk bertindak seperti Android yang cukup cepat.



Jika Anda ingin menjalankan aplikasi Android pada mesin Windows, ada beberapa pendekatan yang harus diambil. Saya akan membahas beberapa di antaranya dalam artikel ini.



(Ingin mengemulasi Android di Mac Anda? TechJunkie telah Anda bahas dengan tutorial ini tentang cara menggunakan file APK di Mac .) 

APA ITU FILE APK?

Jadi apa itu file APK? Nah, di Android, dan file APK adalah paket yang berisi aplikasi Android dan penginstalnya. Mereka biasanya dinamai sesuatu seperti ‘filename.apk’ dan mirip seperti file .exe di Windows. 

Pengguna akhir (pemilik smartphone, misalnya) tidak sering melihat file APK ketika mereka mengunduh dan menginstal aplikasi dari Google App Store karena sistem melakukan semua pembongkaran dan pemasangan sendiri, dan semua yang dilihat pengguna akhir adalah Teks "Instalasi ..." di toko. 

Pemisahan ini baik-baik saja sampai Anda perlu memperoleh file APK untuk bermain, mengembangkan, atau merekayasa balik. Mungkin cara termudah dan teraman untuk mendapatkan file adalah dengan mengunduhnya dari perangkat Anda dan menggunakannya dari sana. 

Ada beberapa situs web yang memungkinkan Anda mengunduh file APK dari aplikasi yang sah, tetapi ini meragukan secara hukum, dan saya pribadi tidak akan mempercayainya untuk tidak menyuntikkan sedikit malware dengan imbalan unduhan gratis.

(Kami memiliki artikel tutorial tentang cara mengunduh file APK dari Google Play store . Dan jika Anda ingin mengunduh dan menginstal APK pada perangkat Android asli Anda, kami juga memiliki tutorial yang mencakup cara menginstal APK ke Android juga. !) 
MENGATUR ANDROID SDK UNTUK MENJALANKAN FILE APK DI WINDOWS 10
Salah satu cara langsung dan langsung untuk menjalankan file APK pada mesin Windows 10 Anda adalah dengan menggunakan Android Software Development Kit (SDK). Seperti banyak OS yang lebih kecil, pengembangan Android biasanya tidak dilakukan pada mesin asli, tetapi pada komputer yang lebih besar dan lebih kuat. Untuk menggunakan teknik ini, Anda akan memerlukan versi Java saat ini di komputer Anda, serta Android SDK. Unduh Java dari sini dan Android SDK dari sini . Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman Android Studio dan pilih Command Line Tools. Kecuali jika Anda berencana membuat aplikasi Android, Anda tidak akan memerlukan seluruh paket Studio.
  1. Unduh paket ke komputer Anda dan ekstrak ke drive C: Anda.
  2. Arahkan ke Control Panel, System, dan Pengaturan Sistem Lanjut.
  3. Pilih Variabel Lingkungan dan sorot Path.
  4. Klik Edit dan rekatkan yang berikut ke dalam nilai variabel: 'C: \ Android \ sdk \ tools; C: \ Android \ sdk \ platform-tools.'
Sekarang Anda dapat membuka perangkat Android virtual dengan mengklik dua kali file APK. SDK plus aplikasi akan membutuhkan waktu cukup lama untuk memuat dan terkadang menjadi sedikit lamban. Game dan program intensif grafis lainnya mungkin tidak akan berfungsi, tetapi sebagian besar aplikasi lain akan berfungsi dengan baik.
cara menjalankan android-run-apk-in-windows-10-3

MENGGUNAKAN EMULATOR ANDROID LENGKAP UNTUK MENJALANKAN FILE APK DI WINDOWS 10

Menjalankan SDK baik-baik saja jika Anda hanya perlu melihat sekilas aplikasi atau sesuatu, tetapi jika Anda benar-benar ingin menggunakan aplikasi (terutama game), maka Anda perlu menginstal emulator yang lengkap. Emulator Android untuk Windows pada dasarnya membuat mesin Android palsu di PC Windows Anda. Anda pada dasarnya menjalankan perangkat Android dari dalam perangkat Windows Anda. Kedengarannya rumit, tetapi bekerja dengan sangat baik. Ada beberapa program emulator yang bagus di luar sana, tetapi saya akan menjelaskan secara singkat dua yang lebih populer, Nox dan BlueStacks.

TUMPUKAN BIRU

BlueStacks App Player adalah emulator Android yang bekerja dengan sangat baik. Itu tidak menggunakan versi Android murni seperti Android SDK, tetapi varian yang dimodifikasi. Jika Anda mencari kode QA atau rendam menguji suatu aplikasi, ini mungkin tidak persis meniru lingkungan rilis. Untuk yang lainnya, BlueStacks App Player berfungsi dengan baik.
  1. Unduh dan instal BlueStacks App Player .
  2. Masuk menggunakan akun Google Anda dan buat profil.
  3. Muat aplikasi, mainkan game, dan apa pun yang ingin Anda lakukan melalui Play Store.
Setelah aktif dan berjalan, BlueStacks terlihat seperti tablet Android apa pun. Ini memiliki ujung depan Android biasa, menu, dan banyak lagi. Anda hanya mengendalikannya dengan mouse atau sentuhan jika Anda memiliki layar sentuh. Sisanya terlihat dan terasa seperti Android. BlueStacks ingin memperingatkan Anda dengan setiap pesan yang mungkin terpikirkan, dan itu bisa mengganggu. Selain itu, ini adalah emulator bagus yang meniru perangkat Android dengan baik. Pada Maret 2019, Bluestacks mengemulasi Android N (7.1.2).

NOX

Nox lebih ditujukan untuk gamer Android serius yang ingin bermain game Android di layar lebar. (Ada beberapa game Android hebat yang luar biasa sekali diterjemahkan dari layar 6 ”.) Seperti BlueStacks, Nox bukan emulasi sempurna dari Android, tetapi menjalankan aplikasi dengan sangat baik.
  1. Unduh pemutar Nox .
  2. Siapkan pemain dengan preferensi dan default Anda.
  3. Muat aplikasi yang ingin Anda gunakan, baik melalui Play Store atau secara manual dengan file APK.
Ketika Anda menjalankan Nox, itu menciptakan desktop Android berfitur lengkap, seperti BlueStacks. Nox menjalankan Android Kit Kat.
Baik Bluestacks dan Nox memiliki versi gratis yang berfungsi penuh. Pengguna Bluestacks dapat meningkatkan ke keanggotaan premium yang memblokir iklan, memungkinkan pengguna membuat desktop kustom mereka sendiri, dan memberikan akses ke dukungan teknologi premium, dengan biaya $ 2 per bulan. Nox tidak memiliki model berlangganan berbayar.

MENGATUR ARC WELDER UNTUK MENJALANKAN FILE APK DI WINDOWS 10

ARC Welder adalah ekstensi Chrome yang memungkinkan Anda menjalankan file APK di dalam browser. Sejauh ini cara termudah untuk menjalankan file APK. Keuntungannya adalah Anda dapat menjalankannya di perangkat apa pun yang dapat menjalankan Chrome. Kelemahannya adalah masih sedikit buggy dan tidak bekerja dengan sempurna seperti dua metode sebelumnya.
  1. Unduh dan pasang ekstensi ARC Welder .
  2. Unduh APK Anda dan arahkan ARC Welder ke sana.
  3. Pilih bagaimana Anda menginginkannya, potret atau lansekap, dan apakah Anda ingin mengizinkan akses clipboard.
ARC Welder cukup bagus dalam mensimulasikan Android tetapi tidak memiliki akses Google Play Store seperti BlueStacks dan Nox. Itu berarti Anda harus mendapatkan file APK, mengunduhnya ke komputer Anda, dan menambahkannya secara manual dari dalam ARC Welder. Bukan showstopper, tetapi mendapatkan file yang sah bisa rumit.
Kelemahan lain dari ARC Welder? Anda hanya dapat menjalankan satu aplikasi pada satu waktu. Ini mungkin tidak berdampak pada Anda jika Anda hanya menguji atau menggunakan satu aplikasi, tetapi jika Anda menginginkannya sebagai emulator Android juga, Anda mungkin menemukan itu membatasi. Jika Anda memiliki aplikasi yang terbuka, Anda harus kembali ke layar instal dan memilih yang lain.

MENJALANKAN VYSOR UNTUK HOST PERANGKAT ANDROID ANDA DI WINDOWS 10

Mengapa Anda ingin menjalankan aplikasi Android di desktop Anda? Apakah ada sesuatu yang istimewa tentang desktop? Atau hanya karena Anda ingin memiliki layar besar, dan menggunakan mouse dan keyboard, dan memiliki ergonomi yang umumnya jauh lebih unggul dari pengalaman desktop? Jika itu adalah alasan utama Anda ingin melakukan ini, maka menjalankan aplikasi seperti Vysor mungkin menjadi solusi untuk Anda. Vysor tidak meniru Android di desktop Anda; sebaliknya, itu menghubungkan perangkat Android Anda yang ada (smartphone atau tablet) baik secara nirkabel atau melalui kabel USB ke mesin desktop. Vysor bekerja di Windows, Mac, Linux, dan di browser Chrome apa pun.
Versi dasar Vysor gratis dan lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna biasa. Keterbatasan versi dasar adalah Anda harus memiliki koneksi USB, dan resolusi layar bukan yang tertinggi (meskipun masih cukup bagus). Selain itu, Anda akan ditampilkan iklan setiap 15 menit penggunaan. Versi berbayar menghilangkan iklan, mengangkat batasan resolusi, memungkinkan Anda terhubung tanpa kabel, memungkinkan penyeretan dan pengantaran file yang mudah antara desktop dan perangkat Android, dan memungkinkan Anda berbagi akses ke perangkat Android melalui ADB di mana saja dengan koneksi jaringan. Versi berbayar adalah $ 2,50 per bulan, $ 10 / tahun, atau $ 40 untuk lisensi seumur hidup.
Menyiapkan Vysor sangat sederhana. Anda cukup mengunduh aplikasi klien untuk perangkat Android Anda, dan aplikasi desktop untuk kotak Windows, Mac, atau Linux Anda. (Anda juga dapat menggunakan ekstensi Chrome dan melihat perangkat Android Anda di browser Chrome tanpa menggunakan klien.) Kemudian Anda menjalankan aplikasi dari kedua sisi dan meluncurkan sesi Vysor.
Vysor tidak membiarkan Anda benar-benar menjalankan lingkungan Android di desktop Anda, itu hanya memberi Anda akses ke perangkat Android yang sudah Anda miliki - tetapi bagi banyak pengguna, itu lebih dari cukup.

MENJALANKAN FILE ANDROID APK DI WINDOWS 10

Jadi ada tiga metode untuk menjalankan file Android APK di Windows 10, dan metode lain yang memungkinkan Anda memasukkan lingkungan Android ke perangkat desktop Anda. Masing-masing melakukannya sedikit berbeda, dan masing-masing cocok untuk tujuan yang berbeda. Saya menyarankan Android SDK atau Studio untuk siapa saja yang ingin memprogram, membangun, atau merekayasa balik aplikasi. Dan saya akan merekomendasikan ARC Welder bagi mereka yang tidak ingin berbuat banyak dengan aplikasi mereka kecuali menggunakannya di desktop. BlueStacks dan untuk Nox adalah untuk orang yang berencana untuk melakukan banyak penggunaan aplikasi pada desktop mereka.
Apakah Anda menggunakan emulator Android yang belum saya sebutkan di sini? Tahu ada yang lebih baik dari ketiganya? Ceritakan pada kami di bawah di bagian komentar jika Anda melakukannya.

Komentar