Cara Mengaktifkan Kontrol Orang Tua pada Windows 10

Penting sekali bagi orang tua dalam mengawasi gerak gerik anak anak terutama ketika mereka berselancar menggunakan komputer. Nah, buat anda yang memiliki anak dan sudah terinstal windows 10 maka bisa memanfaatkan fiture ini sehingga bisa mengawasi buah hati anda lebih aman dimasa yang akan datang.

Menyiapkan kontrol orangtua pada perangkat Anda dapat membantu menghindari banyak masalah. Ketika anak-anak online tanpa pengawasan atau pengawasan, itu adalah resep untuk bencana. Begitu banyak konten yang tersedia tidak pantas dan dapat membingungkan pikiran muda.

Plus, ada bahaya nyata di luar sana; Anda tidak akan pernah terlalu aman. Jika komputer Anda di rumah dijalankan di Microsoft Windows 10, Anda mungkin ingin menggunakannya sebagai titik awal ketika datang ke kontrol orangtua. Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk memotong waktu layar yang berlebihan dan menjauhkan anak-anak Anda dari konten yang dewasa dan berbahaya.

Membatasi tampilan layar komputer

Salah satu keprihatinan orang tua utama dalam hal penggunaan internet, adalah seberapa memakan waktu itu. Sangat mudah tersesat menelusuri media sosial atau menonton video YouTube. Anda dapat menetapkan batasan dan membuat perjanjian, tetapi kadang-kadang Anda membutuhkan bantuan untuk mewujudkan semua itu. Setiap pengaturan orang tua dari Windows 10 dimulai dengan masuk ke Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Keamanan Windows> Opsi Keluarga> Lihat Pengaturan Keluarga
Pengawasan orang tua
Jalur ini akan mengarahkan Anda ke halaman Microsoft tempat Anda dapat mengatur bagaimana keluarga Anda menggunakan perangkat mereka. Saat Anda di sana, Anda akan diminta untuk membuat grup keluarga untuk mengakses kontrol orangtua. Jika Anda ingin mengatur batas waktu layar untuk anak Anda, inilah yang perlu Anda lakukan:
  1. Pergi ke grup keluarga Anda dan bernyanyi dengan akun Microsoft Anda.
  2. Pilih nama anak Anda dan kemudian pilih "Waktu layar".
  3. Jika Anda ingin menggunakan jadwal yang sama untuk setiap perangkat di rumah tangga pilih "gunakan satu jadwal untuk semua perangkat".
  4. Jika Anda tidak ingin jadwal yang sama untuk setiap perangkat, gulir ke bawah dan aktifkan / Nonaktifkan.
  5. Jika Anda tidak ingin mengikuti jadwal tetapi ingin mengatur berapa banyak waktu dan kapan Anda membiarkan anak Anda menghabiskan waktu dengan perangkat mereka, pilih baris untuk setiap hari.
  6. Ketikkan waktu yang Anda inginkan dan pilih "Tambah" lalu "Simpan".

Cara BLOKIR SITUS WEB YANG TIDAK PANTAS


Ketika Anda mendapatkan waktu layar di bawah kendali, langkah berikutnya adalah memastikan anak-anak Anda tidak pergi berkeliaran ke padang belantara yang bisa terjadi di dunia online. Situs web tertentu paling baik tidak dikunjungi oleh anak-anak. Dan jika Anda memiliki beberapa yang spesifik dalam pikiran, Anda dapat memblokirnya menggunakan grup keluarga Microsoft.
Anda hanya dapat memblokir situs web di Windows 10, Xbox One, dan perangkat Android yang menjalankan Microsoft Launcher jika Anda menggunakan browser Internet Explorer dan Microsoft Edge. Inilah yang perlu Anda lakukan:
  1. Masuk ke akun keluarga grup Microsoft.
  2. Pilih nama anak Anda dan pilih “Pembatasan konten”.
  3. Gulir ke bawah ke “Penjelajahan web” dan ubah “Blokir situs web yang tidak pantas” dari Tidak Aktif ke Hidup.
  4. Jika Anda ingin anak Anda hanya melihat situs web yang Anda setujui secara khusus, centang kotak di samping "Hanya izinkan situs web ini".
Ini bisa menjadi fitur yang sangat membantu ketika anak Anda membutuhkan akses online untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya. Anda dapat mencekal situs web tertentu dan hanya mengizinkan yang mereka perlukan untuk pekerjaan mereka. Ini membantu mereka tetap fokus dan membuat mereka tetap aman pada saat yang sama.
Aktifkan Kontrol Orang Tua pada Windows 10

BLOKIR APLIKASI YANG TIDAK PANTAS & MEDIA LAINNYA

Anda juga dapat memblokir kemampuan anak-anak Anda untuk menggunakan aplikasi, game, dan media lain yang tidak pantas di Windows 10 dengan menetapkan batas usia untuk konten. Ini mungkin tidak ideal untuk anak-anak yang lebih besar, tetapi dapat bekerja dengan baik untuk orang lain. Ini adalah hal yang perlu kamu lakukan:
  1. Masuk ke grup keluarga Anda dengan akun Microsoft Anda.
  2. Pilih nama anak Anda dan pilih “Pembatasan konten”.
  3. Buka "Aplikasi, game & media" dan ubah "Blokir aplikasi, game & media yang tidak pantas" dari Mati ke Hidup. Pilih batas usia untuk anak Anda di bawah “Izinkan aplikasi dan gamer dinilai untuk”
  4. Anak Anda dapat meminta aplikasi atau permainan yang diblokir penggunaan teratas dan Anda dapat menyetujuinya dengan menambahkan aplikasi ke daftar "Selalu diizinkan".
  5. Jika anak Anda mengunduh sesuatu sebelum Anda mengaktifkan batas-batas ini, Anda masih dapat memblokirnya di halaman "Activity".
Salah satu hal luar biasa tentang Windows 10 Family Options adalah memungkinkan Anda menerima laporan aktivitas mingguan dari aktivitas online anak-anak Anda. Tentu saja, Anda mungkin takut untuk memperbaikinya dari waktu ke waktu, tetapi ini adalah alat yang berguna untuk memahami berapa banyak kontrol orang tua yang Anda perlu lakukan sejak awal. Hanya saja, jangan biarkan laporan itu membuat Anda kewalahan.
Aktifkan Kontrol Orang Tua

BLOKIR PEMBELIAN TIDAK SAH

Anda pasti pernah mendengar cerita horor tentang anak-anak yang menghabiskan ribuan dolar dalam waktu singkat karena pembelian dalam aplikasi dan belanja online. Terkadang tidak disengaja, dan terkadang tidak. Bagaimanapun, jika Anda ingin memastikan rekening bank Anda tetap aman, yang terbaik adalah mengontrol apa yang anak Anda dapat beli secara online.
Windows 10 dapat membantu Anda memastikan bahwa anak-anak Anda telah meminta izin sebelum membeli sesuatu. Ketika datang ke Microsoft Store dan semua keajaiban yang membutuhkan biaya di sana, persetujuan Anda akan diperlukan. Inilah cara Anda mengaturnya:
  1. Masuk ke akun keluarga Microsoft Anda.
  2. Pilih nama anak Anda dan kemudian pilih "Pengeluaran".
  3. Pilih "Tanyakan orang tua". Kemudian ubah “Memerlukan persetujuan orang dewasa untuk membeli barang” dari Mati ke Hidup.
  4. Jika Anda ingin dapat menyetujui atau menolak permintaan pembelian mereka, ubah “Email saya ketika anak saya menerima barang” dari Mati ke Hidup.
Anda juga dapat memiliki akses ke riwayat pembelian mereka dan berpotensi mendapatkan pengembalian uang untuk pembelian yang tidak sah.


WINDOWS 10 ADA DI TOP OF THINGS

Tidak ada kontrol orangtua yang sempurna. Anda tidak bisa membiarkan teknologi mengetahuinya. Orang tua pasti khawatir dan tetap terlibat. Tetapi ada baiknya mengetahui bahwa ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan dengan perangkat Anda untuk membuatnya sedikit lebih mudah. Semuanya baru, dan orang-orang masih mencari tahu mereka. Hal yang sama berlaku untuk perusahaan teknologi. Dan mereka memiliki tanggung jawab untuk berpartisipasi. Dan Microsoft telah melakukan relatif baik dengan kontrol orangtua Windows 10.
Sudahkah Anda mencoba mengaktifkan kontrol orangtua di Windows 10 sebelumnya? Bagaimana cara kerjanya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Komentar