Cara Memeriksa Versi Bios pada PC Windows 10

Setiap orang yang menggunakan komputer memang tidak semuanya paham mengenai apa itu BIOS. Ini adalah hal pertama yang Anda lihat ketika Anda menyalakan komputer, tetapi itu bukan sesuatu yang ingin Anda jelajahi lebih lanjut. Tetapi ada saatnya ketika lebih akrab dengan apa itu BIOS dan apa yang dilakukannya sangat berguna.
BIOS adalah perangkat lunak sistem tingkat rendah - dan itu dimaksudkan untuk sekadar melakukan tugasnya. Tetapi apakah Anda harus memperbaruinya dan mengapa? Dan sebelum melakukannya, apakah Anda tahu cara memeriksa versi BIOS apa yang Anda gunakan pada PC Windows 10 Anda?

MEMERIKSA VERSI BIOS ANDA

Memeriksa pengaturan pada Windows 10 Anda tidak sulit ditemukan. Hal yang sama berlaku untuk memeriksa versi BIOS. Ini ditampilkan di menu BIOS itu sendiri. Dan bagus untuk mengetahui bahwa Anda tidak perlu reboot untuk memeriksa nomor versi. Anda dapat memeriksa versi BIOS dengan dua cara.

PROMPT PERINTAH

Cara paling umum untuk melakukan ini adalah dengan menggunakan Command Prompt.
  1. Pergi ke Mulai dan ketik "command prompt" di kotak pencarian.
  2. Klik pada hasil pencarian (jangan menjalankannya sebagai administrator).
  3. Ketik perintah ini "wmic bios get smbiosbiosversion" dan tekan Enter.
  4. Sekarang Anda dapat melihat nomor versi BIOS yang ada di PC Anda saat ini.

JENDELA INFORMASI SISTEM

Cara lain untuk mengetahui versi BIOS mana yang saat ini ada di PC Anda adalah melalui System Information Window. Untuk Windows 10, inilah yang perlu Anda lakukan:
  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Ketik "msinfo32" ke dalam kotak Jalankan. Tekan Enter.
  3. Periksa nomor versi BIOS di bawah Ringkasan Sistem. Lihat “Versi / Tanggal BIOS”.

APA ITU BIOS?

Berbeda dengan sistem operasi yang menjalankan komputer Anda, seperti Windows 10, BIOS komputer Anda terletak pada sebuah chip di motherboard komputer Anda. BIOS adalah sistem input / output dasar. Komputer modern sekarang menggunakan firmware UEFI bukan BIOS, tetapi UEFI memainkan peran yang sama.

MENJALANKAN FLASHING BIOS

Flashing BIOS adalah istilah yang digunakan ketika Anda ingin memperbarui motherboard komputer. Tujuan utama dari proses ini adalah untuk meningkatkan kompatibilitas dan kinerja komputer. Ini mungkin menjadi proses yang lebih sederhana selama bertahun-tahun, tetapi itu bukan sesuatu yang bisa dilakukan siapa pun tanpa bantuan. Karena ada kemungkinan merusak komputer Anda secara permanen.
Memperbarui BIOS Anda dimulai dengan mencari file di situs web produsen motherboard. Terkadang itu bisa dilakukan saat masih di Windows. Namun, dengan motherboard yang lebih lama, Anda harus memiliki alat khusus yang diunduh yang dapat digunakan saat mem-boot komputer ke DOS. Anda bahkan mungkin harus membuat drive USB yang dapat di-boot, karena masalah dapat terjadi.
Cara Memeriksa Versi Bios

HARUSKAH ANDA MEMPERBARUI BIOS ANDA?

Anda mungkin bertanya-tanya apakah sudah waktunya memperbarui BIOS Anda. Tetapi mungkin lebih baik untuk memahami apa artinya itu bagi komputer Anda. Pembaruan BIOS tidak membawa pembaruan perangkat lunak besar atau peningkatan kinerja.
Jika Windows 10 PC Anda berfungsi dengan baik, Anda mungkin tidak perlu melakukan pembaruan BIOS. Kemungkinannya adalah, Anda tidak akan melihat perbedaan setelah pembaruan. Anda bahkan mungkin mengalami bug tambahan dengan versi BIOS yang baru.
Alasan ini bisa terjadi adalah karena versi BIOS yang digunakan komputer Anda telah melalui pengujian ketat. Juga, jika komputer Anda kehilangan daya saat Anda menginstal BIOS, itu dapat menyebabkan masalah yang pada akhirnya akan mencegah Anda untuk mem-boot komputer Anda.
Jadi, kapan tepatnya Anda harus memperbarui BIOS Anda? Jika Anda memerlukan dukungan perangkat keras adalah salah satu alasan untuk melakukannya. Beberapa produsen motherboard membuat dukungan untuk CPU baru, dan jenis perangkat keras lainnya. Jika Anda ingin memutakhirkan CPU komputer Anda, Anda harus memperbarui BIOS Anda.
Alasan lain untuk melalui proses rumit pembaruan BIOS adalah untuk memperbaiki bug di komputer Anda. Seringkali, pabrikan bahkan akan menyarankan Anda untuk memperbarui BIOS. Jika Anda mengalami bug yang sepertinya tidak dapat Anda perbaiki, pergi ke dukungan teknis dapat memberikan solusi.

JANGAN MEMPERBAIKI YANG TIDAK RUSAK

BIOS seperti bagian tenang komputer Anda. Ini tidak dimaksudkan untuk diperhatikan atau diutak-atik - kecuali Anda benar-benar harus! Sangat mudah untuk memeriksa versi BIOS yang digunakan komputer Windows 10 Anda. Jika Anda mengalami bug di komputer Anda, itu mungkin bukan kesalahan BIOS. Periksa pembaruan Windows sebagai gantinya. Tetapi jika Anda harus memperbarui BIOS, pastikan Anda tahu apa yang Anda lakukan.
Versi BIOS apa yang dimiliki PC Anda? Apakah Anda pikir Anda harus memperbaruinya? Beri tahu kami di bagian komentar di bawah.

Komentar