4 Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang

Strategi Indonesia Menghadapi Ancaman di Berbagai Bidang Indonesia sendiri di atur dalam Undang Undang Dasar 1945 memiliki starategi sendiri dalam mengahdapi segala ancaman baik yang datang dari internal dan ekternal dalam hal ini dijelaskan dalam beberapa bidang apa saja yang termasuk di dalamnya dan bagaimana strategi Negara kita dalam mempertahankan ancaman tersebut anda bisa baca ulasan lengkapnya berikut ini.

Secara garis besar ada empat bidang yang secara umum dijelaskan dan tentunya seiring kemajuan zaman bukan tidak mungkin negara kita diserang dari bidang bidang yang tidak populer misalnya pergaulan remaja dan pergaulan bebas. Nah berikut beberapa bidang yang di maksud tersebut :

a. Strategi dalam Menghadapi Ancaman di Bidang Ideologi
Noor Ms. Bakry (2009:363) dirumuskan sebagai kondisi mental bangsa Indonesia yang berlandaskan ke yakinan kebenaran ideologi Pancasila yang mengandung kemampuan untuk menggalang dan memelihara persatuan dan kesatuan nasional dan kemampuan untuk menangkal penetrasi ideologi asing serta nilainilai yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa. Pancasila sebagai dasar negara, merupakan pandangan hidup bangsa yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan bangsa Indonesia, sekaligus merupakan ideologi Bangsa Indonesia karena dapat mengarahkan Bangsa Indonesia dalam bernegara.

Upaya menghadapi atau menangkal ancaman yang berdimensi Ideologi

  1. Lapisan terdepan dalam konsep penanganannya terdiri atas unsur-unsur pertahanan nirmiliter, yakni kementerian atau lembaga pemerintah nonkementerian yang membidangi ideologi.
  2. Kementerian serta unsur pemerintahan yang membidangi politik dalam negeri mengerahkan seluruh kekuatan politik serta instrumen pemerintahan dalam negeri mulai dari tingkat pusat sampai dengan tingkat daerah guna menghadapi ancaman berdimensi ideologi, sementara kementerian serta unsur pemerintahan yang membidangi politik luar negeri mengerahkan jajarannya yang tersebar di setiap negara untuk penguatan langkah serta upaya diplomasi dalam menangkal usaha-usaha pihak lain yang mengancam ideologi Pancasila.
  3. Unsur pemerintah yang membidangi informasi mendinamisasikan kekuatan nasional di bidang informasi untuk melakukan “operasi informasi imbangan” sehingga masyarakat mendapatkan informasi yang dapat menangkal berbagai pengaruh asing yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.
  4. Unsur pemerintah yang membidangi pendidikan melaksanakan proses pembelajaran dan kesadaran akan ideologi Pancasila secara bertingkat dan berlanjut kepada para siswa dan mahasiswa di semua tingkat dan jenjang pendidikan, salah satunya melalui proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan.
  5. Unsur pemerintah yang membidangi agama memberdayakan para pemimpin agama untuk menjadi mitra pemerintah dalam menyinergikan strategi untuk membentengi masyarakat dari ancaman penetrasi ideologi asing yang membahayakan serta merusak harmonisasi kehidupan kebangsaan serta membahayakan keamanan negara.
  6. Peran lapis pertahanan militer dalam hal ini dilaksanakan melalui program pelaksanaan bakti TNI yang secara intensif sesuai dengan wilayah kerja unit TNI. Titik berat pelaksanaannya adalah dengan peningkatan komunikasi sosial TNI yang diselenggarakan dalam format meningkatkan kesadaran bela negara, dengan memanfaatkan program bela negara di lingkungan pekerjaan, pendidikan dan perumahan dalam rangka revitalisasi Pancasila (Buku Putih Pertahanan Indonesia Tahun 2008: 81-83).

b. Strategi dalam Mengatasi Ancaman di Bidang Politik
c. Strategi dalam Mengatasi Ancaman di Bidang Ekonomi
d. Strategi dalam Mengatasi Ancaman di Bidang Sosial Budaya

Untuk pembahasan detail sahabat bisa langsung download di google drive dibawah ini mengenai materi yang membahasa bagaimana strategi dan cara indonesia mengatasi ancaman dalam berbagai bidang dan sisi kehidupan.
DOWNLOAD MATERI
/* */