Soal UN Biologi, Fisika, Kimia SMA Tahun 2014

Bagi kalian para siswa SMA jurusan IPA, pada post kali ini Admin bagi link soal ujian  nasional tahun 2014 untuk mapel biologi, fisika, dan kimia

Soal UN Biologi SMA 2014

Meski sudah ada kurikulum 2013, kelas 12 SMA masih menggunakan kurikulum lama, yaitu KTSP. Oleh karena itu, kisi-ksi UN untuk ujian nasional 2015 mungkin tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, begitu pula dengan bentuk soalnya.

Untuk mempersiapkan diri menuju UN 2015, tentu para pelajar harus banyak belajar, memahami materi-materi yang sudah diajarkan. Para siswa harus banyak berlatih soal tipe soal UN agar nantinya mereka lebih terbiasa dalam menghadapi soal ujian nasional.

Untuk UN mapel biologi SMA, biasanya terdapat soal-soal yang terdapat gambar, kemudian siswa disuruh menjawab soal yang berhubungan dengan gambar. Misalnya, ada gambar sel, kemudian soalnya tentang fungsi organel.

Bagi kalian yang sedang mencari soal UN biologi SMA untuk latihan, kalian bisa gunakan soal UN biologi tahun 2014. Tahun 2014 UN SMA ada 20 paket soal. Jadi, ada banyak variasi soal UN biologi SMA yang bisa kalian gunakan untuk latihan. Kalau masih kurang, kalian juga bisa cari soal-soal tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2014 UN SMA memang ada 20 paket soal untuk masing-masing mapel. Akan tetapi, UN 2015 nanti cuma 5 paket soal saja.

oal UN SMA 2014 Biologi

Berikut ini kumpulan link soal UN biologi tahun 2014 untuk SMA/MA.

Soal UN Biologi SMA 2014 – terjadinya spesies berikut

Soal UN Biologi SMA 2014 – terjadinya peranan perhatikan

Soal UN Biologi SMA 2014 – terjadinya manakah perhatikan

Soal UN Biologi SMA 2014 – salah perhatikan perhatikan

Soal UN Biologi SMA 2014 – salah peranan berikut

File-file tersebut berformat PDF. Untuk menyimpannya, ikuti panduan berikut.

1. Klik Ctrl+S

2. Masukkan nama file, lalu klik Save.

Untuk jawaban dan pembahasannya, silakan coba jawab sendiri ya. Kalau sulit, tinggal tanyakan ke guru kalian masing-masing.

Soal UN Fisika SMA 2014

Kelas 12 SMA masih menggunakan kurikulum KTSP untuk tahun ajaran 2014/2015. Tahun ajaran baru tahun depan seharusnya kelas XII sudah menggunakan sistem kurikulum 2013. Namun, karena perubahan kebijakan, kurikulum KTSP masih akan diberlakukan. Karena masih menggunakan kurikulum yang lama, maka materi yang diajarkan pun seperti kurikulum lama.

Karena masih menggunakan KTSP, kemungkinan nanti soal-soal UN SMA tak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Kalau jumlah paket soal, entahlah, apakah masih 20 paket soal atau kurang, atau bahkan lebih. Tak perlu memusingkan berapa jumlah paket soal nantinya, yang penting belajar guna mempersiapkan diri dalam ujian nasional.

Salah satu mata pelajaran UN sulit bagi siswa SMA jurusan IPA adalah Fisika. Mengerjakan soal UN fisika berarti harus paham rumus, paham perhitungan matematika. Hal ini karena ada banyak soal hitungan dalam soal UN Fisika. Tentu tak sekadar hitung-menghitung, melainkan harus paham rumusnya. Salah rumus bisa jadi salah jawaban.

Soal UN Fisika tidak semuanya hitungan, biasanya ada yang berupa soal teori. Namun, jenis soal ini juga susah dijawab jika kita tidak memahami materi yang berhubungan dengan soal.

Mengingat fisika itu mapel yang perlu perhatian ekstra, maka mapel ini jangan sampai disepelekan. Banyak yang beranggapan kalau fisika itu susah, tetapi banyak yang enggan belajar fisika. Sudah tahu susah, malah tidak dipelajari.

Untuk membekali diri menuju UN Fisika, perlu banyak berlatih soal. Fisika itu bukan cuma teori, tapi juga ada hitung-menghitungnya. Rumus-rumus yang ada juga harus dipahami. Jangan sampai cuma tahu rumus, tapi tidak tahu penerapannya. Kalian bisa mempelajari soal UN Fisika yang ada kunci jawaban dan pembahasannya, kemudian mencoba menjawab soal sejenis. Lakukan ini berkali-kali agar lebih terbiasa.

Soal UN Fisika SMA 2014 – seseorang sepeda roda

Soal UN Fisika SMA 2014 – seseorang sepeda kipas

Soal UN Fisika SMA 2014 – seseorang mobil benda

Soal UN Fisika SMA 2014 – perahu benda roda

Soal UN Fisika SMA 2014 – perahu benda mobil

Soal UN Kimia 2014

Persiapan menghadapi ujian nasional harus dilakukan jauh-jauh hari. Jangan sampai persiapannya cuma 1 minggu, itu tidak cukup, apalagi kalau sistem belajarnya SKS alias sistem kebut semalam. Bayangkan, belajar kimia dalam waktu sehari, paham belum tentu, pusing iya.

Kalau pada awal masuk SMA, kimia masih asing. Meski sewaktu SMP juga ada sedikit materi kimia. Awal SMA, siswa diajarkan tentang teori atom, sistem periodik unsur, dan sebagainya. Kelasa XI sudah mulai kompleks, sistem periodik unsur diajarkan lagi, tapi lebih kompleks. Puncaknya, kelas XII diajarkan materi yang perlu pemahaman terhadap materi yang diajarkan pada kelas-kelas sebelumnya.

Materi kimia SMA terdiri dari teori, rumus, hitungan, dan hafalan. Hal penting yang perlu dihafal adalah sistem periodik unsur. Ini akan membantu dalam ujian nasional. Selain itu, ada juga rumus-rumus yang perlu dihafal. Pemahaman tentang teori-teori kimia juga perlu.

Namun jangan khawatir, kalian pelajari saja materi-materi kimia yang sudah dikerjakan dan mengerjakan soal-soal latihan tipe soal ujian nasional.

Soal UN Kimia 2014

Silakan coba jawab sendiri.

/* */