Soal UN Bahasa Indonesia SMA 2014

Bahasa Indonesia merupakan salah satu mapel yang diujikan dalam ujian nasional SMA. Mapel ini tampaknya tidak sesulit matematika. Namun, nyatanya mapel ini merupakan salah satu penyebab ketidaklulusan sebagian siswa. Entah karena mata pelajarannya yang memang sulit, atau karena terlalu menyepelekan mapel ini.

Meski bahasa Indonesia adalah bahasa nasional, bukan berarti kita tidak harus mempelajarinya di sekolah. Jangan sekali-kali menganggap remeh mapel ini. Jangan menganggap. “Ah, bahasa Indonesia kan mudah, bahasa nasional kita, tidak perlu banyak belajar lah”. Bahasa Indonesia itu materinya ada banyak. Pada soal UN penerapannya biasanya berupa bacaaan. Tak heran jika lembar soal UN Bahasa Indonesia lebih banyak dari mapel-mapel UN lain.

Mempelajari mapel bahasa meliputi aspek membaca, menulis, berbicara, dan mendengar, begitu juga dengan bahasa Indonesia. Kalau dirasa sudah lancar berbahasa Indonesia dalam berbicara, apa juga sudah paham terhadap aspek menulis? Misalnya, pada bahasan tentang surat, ada pembahasan jenis-jenis surat dan bagian-bagian surat.

Belajar bahasa Indonesia di sekolah bukan hanya bertujuan agar kita dapat berbicara bahasa Indonesia saja, tetapi juga berguna untuk hal-hal yang membutuhkan pengetahuan bahasa Indonesia, seperti membuat surat, berpidato, menulis artikel, dan sebagainya.

Agar lebih terbiasa dalam menghadapi soal ujian nasional, kalian perlu memperbanyak berlatih soal UN mapel ini. Berikut ini link soal UN Bahasa Indonesia 2014 untuk SMA jurusan IPA, IPS, dan Bahasa dalam format PDF.

Soal UN Bahasa Indonesia 2014 – IPA

Soal UN Bahasa Indonesia 2014 – IPS

Soal UN Bahasa Indonesia 2014 – Bahasa

Silakan coba jawab sendiri ya. Kerjakan dengan teliti. Pahami baik-baik teks yang ada pada soal. Paham teorinya belum tentu benar dalam menjawab soal UN bahasa Indonesia.

Admin tidak menyediakan kunci jawaban untuk soal-soal tersebut. Baca juga tulisan lainnya seputar ujian nasional di www.terpelajar.com.

 

/* */