Soal latihan UTS Bahasa Indonesia Kelas 7

Soal latihan UTS Bahasa Indonesia Kelas 7 kali ini akan kami sajikan demi memberikan sahabat atau adik adik di rumah latihan soal yang akan mengasah kemampuan kalian dalam memahami materi bahasa indonesia lebih dalam lagi khususnya bahasa indonesia kelas 7.

Pada ulasa sebelumnya juga sudah kami sajikan contoh soal uts bahasa indonesia kelas 8 dan bagi kalian yang mau mengasah kemampuan bisa deh mencoba mengerjakan beberapa soal dibawah ini ya untuk materi kelas 7 dalam pelajaran bahasa indonesia tentunya.

Latihan Soal Sukses UTS 1

Kerjakanlah soal berikut ini dengan benar!

  1. Berita

Pertamina Gelar Aksi Penyelamatan Lingkungan

Dalam rangka memperingati HUT ke-54, Pertamina mengadakan aksi kebersihan lingkungan dan reboisasi pada Sabtu, 10 Desember 2011. Aksi kebersihan lingkungan dan reboisasi dilakukan olah jajaran Pertamina di sekitar Angke hingga Pantai Ancol, Jakarta Utara, dengan mengambil tema “Pertamina Sobat Alam”.

Kegiatan bersih lingkungan dan reboisasi ini juga diikuti langsung oleh Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan. Menurut Karen, serangkaian kegiatan bersih lingkungan dan reboisasi ini merupakan bagian dari CSR atau tanggung jawab sosial perusahaan terhadap  lingkungan.

  1. Pernyataan yang sesuai dengan isi berita terdapat pada kalimat ….
  2. Pertamina hanya mengadakan kegiatan bersih lingkungan dan reboisasi di sekitar Jakarta Utara.
  3. Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, ikut serta dalam kegiatan bersih lingkungan dan reboisasi dalam rangka HUT ke-54 Pertamina.
  4. Pertamina mengadakan kegiatan bersih lingkungan dan reboisasi dalam rangka hari Lingkungan Hidup.
  5. Pertamina tidak pernah menggunakan energy terbarukan untuk menjaga kebersihan lingkungan.
  6. Berikut ini yang sesuai dengan analisis pokok berita, kecuali ….
a. What Pertamina mengadakan aksi kebersihan lingkungan dan reboisasi
b. Who Direkur Utama Pertamina, Karen Agustiawan.
c. When Sabtu, 10 November 2011
d. Where Di sekitar Angke hingga Pantai Ancol, Jakarta Utara
  1. Berita tersebut dapat disimpulkan menjadi …..
  2. Pertamina melakukan aksi kebersihan lingkungan dan reboisasi pada peringatan HUT ke-54 Pertamina sebagai berntuk tanggung jawab sosial perusahaan.
  3. Pertamina memperingati HUT ke – 54 dengan tema “Pertamina Sobat Alam”
  4. Kegiatan kebersihan lingkungan dan reboisasi diikuti oleh Direktur Utama Pertamina.
  5. Aksi kebersihan lingkungan dan reboisasi yang diadakan di Angke sampai Pantai Ancol merupakan tanggung jawab sosial Pertamina.
  6. Mengapa sebuah berita disusun dengan bentuk Piramida Terbalik?
  7. Karena bentuk Piramida Terbalik sudah standar baku dalam pemberitaan.
  8. Karena memudahkan pembaca mengetahui isi berita dengan cepat.
  9. Karena memudahkan wartawan dalam menyusun berita.
  10. Karena bentuk tersebut sudah umum digunakan.
  11. Membaca cepat (skiming)

Andi mampu menjawab 8 pertanyaan dari 10 pertanyaan yang diajukan dan memperoleh skor 80, skor maksimal 100. Waktu tempuh baca 120 detik.Teks bacaan terdiri dari 500 kata. Dengan data tersebut, Berapa kecepatanefektif membaca  Andi ?:

  1. Membaca scaning kamus
No. Kata Makna
1. Absen Hadir
2. Acuh Tak peduli
3. Infeksi Kemasukan hama
4. Pakansi Masuk
  1. Makna pasangan kata yang paling tepat adalah ….

  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4

  1. 1) grosir, 2) granat, 3) gratis, 4) grup, 5) gradasi, 6) grogi

Urutan kata jika disusun menjadi kamus adalah ….

  1. 5,6,2,3,1,4
  2. 5,2,3,6,1,4
  3. 5,4,6,3,1,2
  4. 5,6,4,1,3,2

  1. Perlu adanya inovasi dalam mengantisipasi minimnya daya tampung waduk.

Makna kata inovasi adalah …

  1. Pengembangan
  2. Perbaikan
  3. Penambahan
  4. pembaruan

 

  1. membaik v 1 menjadi baik:  sejak dilan-carkannya operasi celurit keamanan kian ~; 2  mulai pulih (tt kesehatan, keadaan luka, dsb); semakin baik:  kesehatannya mulai~;

membaikkan  v menjadikan baik; men-datangkan kebaikan (faedah, guna, dsb): sikap memanjakan yg berlebihan tidak akan ~ anak-anak;

memperbaiki  v 1  membetulkan (kesa-lahan, kerusakan, dsb):  ~ jembatan yg rusak;  2 menjadikan lebih baik (bagus, rapi, dsb):  setiap orang wajib berusaha ~ nasibnya ;

terbaik  a paling baik: kain inilah yg ~ di antara kain-kain yg saya miliki;

perbaikan  n 1   hasil  memperbaiki; 2  keadaan menjadi baik;  3  perihal berbaik kembali.

Kata yang tepat untuk melengkapi kalimat Ayah sedang … atap rumah yang rusak karena diterjang angin kencang.

  1. Membaik
  2. Membaikkan
  3. Memperbaiki
  4. Perbaikan

  1. Paragraf (gagasan utama, simpulan, dan ringkasan)
  2. Tanggal 1 Oktober kita kembali memperingati Hari Kesaktian Pancasila. Di lubang Buaya, di kantor-kantor pemerintah di pusat maupun di daerah berbagai upacara diselenggarakan. Kepala Negara, Petinggi negeri, Keluarga pahlawan revolusi, aparat, dan murid-murid sekolah mengikuti upacara itu dengan khidmat. Sekalipun tanpa pidato, tetapi teks dan ikrar pancasila dibacakan. Harapanya adalah agar Pancasila terus bergema, jangan sampai dirongrong, diselewengkan, dan diabaikan, tetapi diaktualisasikan dalam kehidupan nyata rakyat negeri.

Gagasan utama paragraf di atas adalah ….

  1. Memperingati Hari Kesaktian Pancasila di Lubang Buaya
  2. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila tanggal 1 Oktober
  3. Mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila dengan khitmad
  4. Mengaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
  5. Bertanam hidroponik dapat dilakukan dengan media apa saja, selain itu sistem hidroponik tidak memerlukan air terlalu banyak. Penggunaan pupuk juga tidak mencemari tanah dan lingkungan sekitar. Hasil dari bertanam hidroponik tidak kalah dengan penanaman langsung di tanah. Meskipun begitu biaya awal untuk membuat sistem hidroponik memang agak mahal, tapi ini bisa diakali dengan menggunakan bahan-bahan bekas disekliling. Itulah manfaat dan kekurangan sistem bertanam hidroponik.
    Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk paragraf….

  1. Deduktif
  2. Induktif
  3. Campuran
  4. Persuasi

  1. Bunga melati cukup diminati banyak orang. Selain bunganya cantik, bunga melati juga sangat harum. bahkan bunga berwarna putih ini dijadikan sebagai simbol kesucian. Keharuman bunga ini sangat cocok untuk di tanam di dekat rumah dan cocok sebagai tanaman hias. Oleh karena itubunga ini menjadi salah satu bunga favorit bagi pecinta tanaman dan bunga.

Berdasarkan letak kalimat utamanya, paragraf di atas termasuk paragraf….

  1. Deduktif
  2. Induktif
  3. Campuran
  4. Persuasi

  1. Wali kota Semarang kembali menyampaikan ide cemerlangnya. Ia merencanakan membatasi penggunaan sepeda motor bagi siswa SMP-SMA dan sederajad. Latar belakang utamanya adalah untuk mengurangi pencemaran udara di ibu kota Provinsi Jawa Tengah itu yang dinilai kian memperhatikan. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan bahan-bahan pencemaran di udara telah melampaui ambang batas yang masih bisa ditoleransi. Penyumbang pencemaran itu antara lain gas buang kendaraan bermotor. Lima tahun terakhir, jumlah sepeda motor tumbuh amat pesat. Berbagai merek didukung lembaga pembiayaan menawarkan pembelian lewat kredit dengan uang muka ringan.

Simpulan yang tepat paragraf di atas adalah …..

  1. Lima tahun terakhir, jumlah sepeda motor tumbuh amat pesat karena lembaga pembiayaa menawarkan pembelian lewat kredit dengan uang muka ringan, sehingga banyak masyarakatyang bersemangat membeli kendaraan bermotor dengan kredit.
  2. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan bahan-bahan pencemaran di udara telah melampaui ambang batas yang masih bisa ditoleransi. Penyumbang pencemaran itu antara lain gas buang kendaraan bermotor.
  3. Penyumbang pencemaran, antara lain gas buang kendaraan bermotor yang lima tahun terakhir ini jumlahnya tumbuh amat pesat. Berbagai merek kendaraan didukung oleh lembaga pembiayaan menawarkan pembelian lewat kredit dengan uang muka ringan.
  4. Walikota Semarang menyampaikan ide cemerlangnya, yaitu merencanakan membatasi penggunaan sepeda motor bagi siswa SMP-SMA dan sederajad dalam rangka mengurangi pencemaran udara di ibu kota Provinsi Jawa Tengah yang dinilai kian memprihatinkan.
  5. Ki Hajar Dewantara adalah salah satu tokoh ternama yang memiliki sikap atau kepribadian luhur. Beliau seorang pribadi yang rendah hati. Beliau selalu menganggap dirinya sebagai raktyat biasa meskipun ia seorang keturunan bangsawan. Beliau juga seorang pribadi yang memiliki semangat kebangsaan yang tinggi dan pemberani.

Simpulan yang tepat untuk paragraph di atas adalah ….

  1. Ki Hajar Dewantara keturunan bangsawan yang berbudi.
  2. Kepribadian seorang bangsawan yang luhur dan rendah hati.
  3. Ki Hajar Dewantara adalah sosok berkepribadian luhur, rendah hati, dan pemberani.
  4. Sosok pahlawan yang memiliki semangat kebangsaan tinggi.
  5. Buku harian

Tadi pagi saat jam pelajaran pertama dimulai Anto dimarahi Bu Yati karena tidak mengerjakan PR Bahasa Indonesia. Bu Yati menyuruh Anto mengerjakann PR di kantor guru.

Tulislah sebuah buku harian berdasarkan ilustrasi di atas!

  1. Surat pribadi
  2. Kalimat pembuka surat kepada orang tua yang santun adalah ….
  3. Ayah dan ibu yang saya hormati. Bagaimana keadaanmu?
  4. Gimana kabar Ayah dan Ibu? Saya berharap semua sehat.
  5. Ayah dan ibu gimana kabarmu? Semoga Ayah dan ibu dalam keadaan sehat selalu.
  6. Ayah, ibu, keadaan saya di Solo baik-baik saja. Saya berharap Ayah dan Ibu dalam keadaan sehat selalu.
  7. Penulisan tempat dan tanggal surat yang tepat adalah ….

  1. Surakarta 2 Agustus 2016
  2. Surakarta. 2 Agustus 2016
  3. Surakarta, 2 Agustus 2016
  4. Surakarta : 2 Agustus 2016

  1. Penulisan alamat surat yang benar adalah ….
  2. Kepada sahabatku Shinta

Jln. Melati nomor 10 Banjarmasin

  1. Untuk sahabatku Shinta

Jln. Melati 10 Banjarmasin

  1. Untuk sahabatku Shinta

Jalan Melati 10 Banjarmasin

  1. Buat sahabatku Shinta

Jalan Melati nomor 10 Banjarmasin

  1. Ulangan semesteran gasal telah selesai. Amran memberitahukan kepada orang tuanya bahwa rapor akan diberikan pada hari Sabtu dan yang mengamil harus orang tua sendiri. Amran memberitahu orang tuanya lewat surat.

Isi surat pribadi yang tepat sesuai ilustrasi di atas adalah ….

  1. Bapak/Ibu rapor semester gasal akan diberikan pada hari Sabtu dan nilai raporku pasti baik-baik semuanya.
  2. Bapak/Ibu rapor semester gasal akan diberikan hari Sabtu setelah ulangan semester.
  3. Bapak/Ibu rapor akan diberikan hari Sabtu setelah Ulangan Tengah Semester selesai dan yang mengambil harus Bapak/Ibu sendiri.
  4. Bapak/Ibu ulangan semester gasal telah selesai dan rapor akan segera diberikan Sabtu.
  5. Apa kabar? Semoga kita selalu mendapat lindungan dari Allah SWT. Eh, ngomong-ngomong kok suratku yang kemarin nggak kamu balas, lagi sibuk, ya? Sama dong, aku juga sedang sibuk nih banyak tugas dari sekolah yang harus aku selesaikan. Tapi kalau sudah ada waktu, balas suratku ya!

Bagian penutup surat yang tepat adalah ….

  1. Cukup ini dulu ya? Kunanti balasan darimu, sekian, maaf, dan terima kasih.
  2. Demikian surat yang sempat aku kirimkan, cukup sekian dan terima kasih.
  3. Saya akhiri surat dariku dan mohon maaf dengan ketulusan hati.
  4. Sekian surat dariku, kurang dan lebihnya, aku mohon suratku kamu balas.
  5. Perhatikan bentuk surat ini!

Kepada

Yth. Bapak Kepala SMP Mandiri

Jln. Pemuda III Semarang

Perbaikan yang tepat untuk alamat surat tersebut adalah ….

  1. Yth.

Kepala SMP Mandiri

Jalan Pemuda III Semarang

  1. Yth.

Bapak Kepala SMP Mandiri

Jln. Pemuda III Semarang

  1. Kepada

Kepala SMP Mandiri

Jln. Pemuda III Semarang

  1. Kepada Yth.

Kepala SMP Mandiri

Jalan Pemuda III Semarang

  1. Unsur intrinsik cerita anak

Piket

Sejak mulai menyapu tadi, wajah Iping Nampak muram meskipun ketiga teman putrinya, Ami, Kutik, dan Surti bekerja dengan senang hati. Aris, seorang anggota kelompok piketnya belum juga nampak. Itulah yang menyebabkan hati Iping dongkol. Bahkan, dia ingin segera melaporkannya ke wali kelas. Namun, Gono, sang ketua kelas mencegahnya.

“Sabar dong, Ping … Jangan keburu melaporkan, “kata Gono.

“Habis kau tak memperhatikan kemalasan Aris, “ kata Iping mulai emosi. Wajahnya Nampak memerah. “Seharusnya kau segera melaporkan Aris kalau pagi ini dia tidak piket!”

“Ya, ya, aku tahu maksudmu. Tapi jangan tergesa-gesa,” jawab Gono.

“Okelah. Kalau begitu aku tak usah kerja. Tak ada gunanya!” kata Iping sambil melempar sapunya. Gono diam, memperhatikan ulah Iping yang semakin tak puas kepada sikap ketua kelasnya itu.

  1. Tokoh Iping dalam kutipan cerita anak di atas memiliki watak ….

  1. Pemarah
  2. Pemalas
  3. Penyabar
  4. Sombong

  1. Latar yang terdapat pada cerita tersebut menggambarkan suasana ….

  1. Membahagiakan
  2. Menyedihkan
  3. Menegangkan
  4. Mengharukan

  1. Tempat peristiwa dalam cerita terjadi di ….

  1. Kantin sekolah
  2. Ruang kelas
  3. Lapangan
  4. Halaman sekolah

  1. Konflik yang terjadi dalam cerita tersebut adalah ….
  2. Iping bekerja dengan wajah yang muram.
  3. Kedongkolan Iping karena Aris tidak piket.
  4. Sikap Gono yang melarang Iping melaporkan ke wali kelas.
  5. Ulah Gono yang tak puas dengan sikap Iping.
  6. Kutipan cerita di atas mengandung amanat ….
  7. Perbuatan tidak menghargai orang lain bisa merugikan diri sendiri.
  8. Suatu pekerjaan seharusnya dilakukan dengan ikhlas dan senang hati.
  9. Selalu mengambil hikmah setiap peristiwa yang kita alami.
  10. Jangan mengambil keputusan secara tergesa-gesa.
  11. Pantun
  12. 1) Rumpun buluh di buat pagar

2) Janganlah ragu di dalam hati

3) Beragam besar di dalam padi

4) Maklumlah saya baru belajar.

Larik pantun tersebut jika disusun menjadi pantun adalah….

  1. 3,2,1,4
  2. 3,4,2,1
  3. 3,1,4,2
  4. 3,1,2,4

  1. Jika engkau pergi ke Pati

Belikan aku sekilo duku

….

….

Larik yang tepat melengkapi pantun adalah ….

  1. Jangan lupa bawa belati

Sebelum jauh pergi ke danau

  1. Beli baju berwarna warni

Meskipun mahal tidak mengapa

  1. Jika engkau ingat mati

Tentulah kamu ingat sembahyang

  1. Jika engkau berbaik hati

Bantulah aku membawa buku

  1. Dongeng

Burung Gagak dan Sebuah Kendi

Pada suatu musim yang sangat kering, seekor burung gagak menemukan sebuah kendi yang berisi sedikit air. Akan tetapi, kendi tersebut memiliki leher tinggi dan sempit. Walaupun susah burung gagak tetap  berusaha meminum air yang berada dalam kendi. Akan tetapi, dia tetap tidak dapat mencapai air dalam kendi. Burung gagak hampir merasa putus asa. Burung gagak merasa akan meninggal karena kehausan.

Tiba-tiba sebuah ide muncul dalam benaknya. Burung gagak mengambil kerikil yang ada di samping kendi. Kemudian, burung gagak menjatuhkan kerikil ke dalam kendi satu per satu. Setiap kali burung gagak itu memasukkan kerikil ke dalam kendi, permukaan air dalam kendi berangsur-angsur naik. Air bertambah tinggi hingga akhirnya air dalam kendi dapat dicapai oleh sang burung gagak.

  1. Burung gagak dalam kutipan cerita tersebut memiliki sifat ….
  2. Mudah putus asa
  3. Pantang menyerah
  4. Tanggung jawab
  5. Bijaksana
  6. Konflik yang terdapat dalam kutipan cerita tersebut adalah ….
  7. Gagak merasa putus asa.
  8. Gagak lelah dan merasa haus.
  9. Gagak senang mendapatkan kendi berisi air.
  10. Gagak tidak dapat meminum air dalam kendi.

Simak dongeng untuk soal nomor 3 dan 4!

Abo Maradia

Abo Maradia dan adiknya, Monondeaga tinggal di tengah hutan. Mereka hidup bahagia. Suatu ketika Abo memutuskan untuk merantau agar kehidupannya menjadi lebih baik. Abo meminta izin kepada adiknya. Kemudian, adiknya merelakan Abo untuk merantau asalkan tidak terlalu lama.

Abo pun bersiap untuk merantau. Adiknya membekali Abo dengan ketupat dan telur rebus. Walaupun dengan hati berat, terpaksa Abo harus meninggalkan adiknya seorang diri.

  1. Kutipan dongeng tersebut bertema ….
  2. Kecintaan seorang kakak terhadap adiknya.
  3. Pengorbanan seorang kakak kepada adiknya.
  4. Kasih saying seorang suami kepada isterinya.
  5. Pengorbanan seorang ibu untuk anaknya.
  6. Relevansi isi dongeng yang masih selaras dengan kehidupan saat ini adalah ….
  7. Kebahagiaan sebiah keluarga karena mendapat menantu yang cantik.
  8. Kebanggaan seorang ayah karena memiliki anak yang cerdik.
  9. Kasih saying yang tulus seorang ibu kepada anaknya.
  10. Usaha seorang kakak sebagai kepala keluarga untuk mencari nafkah bagi adiknya.

Aspek kebahasaan:

  1. Perampok itu menodong kakak dengan senjata otomatis.

Imbuhan meN- pada menodong bermakna …..

  1. Mengeluarkan
  2. Memberi
  3. Menghasilkan
  4. Melakukan

  1. Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan meN-transitif adalah ….
  2. Sudah beberapa hari sampah itu menggunung di tepi sungai.
  3. Fani menulis dongeng di kamar.
  4. Pipi Rosa memerah karena malu.
  5. Rian menangis dengan keras.
  6. Kalimat yang menggunakan kata berimbuhan meN-intransitif adalah ….

  1. Para siswa melukis pemandangan alam.
  2. Ibu memasak nasi goreng untuk sarapan.
  3. Setiap pagi ayah dan ibu berjalan-jalan.
  4. Kami menonton pertandingan bola di televise.

  1. Kata berimbuhan meN- yang tidak dapat dipasifkan menjadi di- teradapat dalam kalimat ….
  2. Pemberontak itu sudah biasa merakit senjata sederhana.
  3. Dialah yang mengarang puisi ini.
  4. Ida tidak menyahut panggilan ibunya karena tidak mendengar.
  5. Anak pemalas itu suka sekali membolos sekolah.

  1. Imbuhan meN- yang dapat dipasifkan menjadi di- terdapat dalam kalimat ….

  1. Andi menangis karena jatuh dari sepeda.
  2. Mira menggambar pemandangan.
  3. Nelayan itu segera melaut karena sudah petang.
  4. Pintu itu dari tadi menderit-derit diterpa angin.
  5. Dengan hati bersih saya menyerahkan gaji saya. Ungkapan hati bersih berarti …
  6. Tulus ikhlas.
  7. Sungguh-sungguh
  8. Hati tenang
  9. Penuh kesungguhan
  10. Pengendara sepeda motor wajib mengenakan helm untuk melindungi kepalanya jika terjadi kecelakaan.

Kata mengenakan memiliki makna ….

  1. Menghasilkan sesuatu
  2. Melakukan suatu perbuatan
  3. Berbuat seperti atau menjadi seperti
  4. Menjadi
  5. Rambut Nenek semakin bertambah usia terlihat memutih.

Arti memutih pada kalimat di atas adalah ….

  1. Menghasilkan warnah putih.C. menjadi putih
  2. Menuju ke putihd. agak putih
  3. Berikut ini yang termasuk kalimat yang memiliki kata kerja intransitif adalah ….
  4. Kakek menanam jagung di kebun.
  5. Padi-padi sudah mulai menguning.
  6. Para siswa menyaksikan pertunjukan.
  7. Pak guru memberikan nilai kepada anak-anak.
  8. Peraturan itu berdasarkan surat keputusan menteri.

Pola kalimat di atas adalah ….

  1. SPc. SPOK
  2. SPOd. SPPel
  3. Saya menggergaji kayu di belakang rumah.

Kata menggergaji memiliki makna yang sama dengan kalimat berikut ini.

  1. Sejak tadi pagi, adik terlihat membisu.
  2. Paman memaku meja yang sudah rusak.
  3. Ayah menyate bersama ibu.
  4. Adik menggambar pemandangan alam.
/* */