Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia

Siapa yang tak tahu sepak bola? Cabang olahraga ini merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati, bahkan bisa dibilang paling banyak digemari. Sepak bola juga dianggap sebagai olahraga yang merakyat karena tidak terlalu banyak modal. Lihat saja di kampung-kampung, sepak bola menjadi olahraga yang dominan dibanding olahraga lainnya seperti basket, voli, dan sebagainya. Memang permainan sepak bola tidak memerlukan banyak sarana. Tidak ada gawang, batu pun jadi. Tidak ada lapangan, halaman pun jadi. Bandingkan dengan basket yang memerlukan ring dengan ketinggian tertentu dan voli yang memerlukan net.

Dalam dunia kompetisi, sepak bola juga menjadi kompetisi olahraga paling banyak diminati. Berbagai liga-liga dari klub-klub hebat mudah kita saksikan lewat layar televisi. Klub-klub lokal juga tak kalah merebut perhatian. Pertandingan sepak bola antar klub di Indonesia masih diminati, terlepas dari banyaknya masalah yang ada.

Nah, tahukah Anda bagaimana sepak bola pada awalnya? Dari mana permainan ini berasal? Bagaimana sih asal usul sepak bola?

Sejarah Sepak Bola Kuno
Menurut FIFA, kompetisi sepak bola pertama yang bisa dibuktikan adalah kompetisi yang disebut cuju, yang secara harfiah berarti “bola tendangan”. Kompetisi ini melibatkan orang yang menendang bola melalui lubang ke dalam jaring pada abad ketiga dan kedua sebelum Masehi.

Bukti dokumentasi dari suatu permainan mirip sepak bola terdapat dalam dokumen militer China Zhan Guo Ce yang disusun antra abad ketiga sampai abad pertama sebelum Masehi. Dalam permainan ini, orang menendang bola yang terbuat dari kulit melalui lubang kecil dari sepotong kain yang tertuju pada tongkat bambu dan menutup kira-kira 9 meter di atas tanah. Variasi permainan ini kemudian menyebar ke Korea dan Jepang. Kemudian muncul variasi lainnya, yaitu satu tiang gawang yang diletakkan di tengah lapangan.

Pada zaman Yunani Kuno dan Romawi Kuno diketahui telah banyak orang yang bermain bola, termasuk permainan bola yang melibatkan kaki.

Versi cuju dari Jepang disebut kemari yang dikembangkan selama periode Asuka telah dimainkan di dalam istana kekaisaran Jepang pada tahun 600 Masehi. Dalam permainan kemari, beberapa orang berdiri dalam lingkaran dan saling menendang bola, berusaha agar bola tidak jatuh ke tanah.

Ada berbagai referensi mengenai permainan bola pada zaman tradisional, kuno, bahkan prasejarah yang dimainkan oleh masyarakat dunia. Misalnya, pada tahun 1586 seorang penjelajah Inggris bernama John Davis memerintahkan seseorang dari sebuah kapal ke darat untuk bermain permainan sejenis sepak bola dengan orang Inuit (bangsa Eskimo) di Greenland. Pada tahun 1610, William Strachey mencatat permainan yang disebut Pahsaheman. Permainan ini dimainkan oleh penduduk asli Amerika. Di benua Australia juga ditemukan beberapa suku masyarakat setempat bermain permainan menendang dan menangkap bola.

Suku Maori di Selandia Baru diketahui telah memainkan permainan bernama Ki-o-rahi dengan jumlah pemain sebanyak tujuh orang. Para pemain ini bermain di lapangan berbentuk lingkaran yang dibagi menjadi beberapa zona dan titik skor dengan menyentuh tanda batas yang disebut ‘pou’ dan memukul pusat target untuk mendapatkan skor.

Di Mesoamerika diketahui juga pernah ada permainan dengan bola karet, tetapi permainan ini lebih memiliki banyak kemiripan dengan permainan bola masket atau voli.

Sejarah Sepak Bola Modern
Pada Abad Pertengahan terjadi peningkatan popularitas pertandingan sepakbola tahunan, Shrovetide di Eropa, khususnya di Inggris. Referensi awal permainan bola yang dimainkan di Inggris berasal dari abad ke-9 Historia Brittonum. Sedangkan referensi sepakbola yang dimainkan di Perancis yang dinamakan La Soule atau Choule di mana bola didorong dengan tngah, kaki, dan tongkat berasal dari abad ke-12.

Pada tahun 1314. Nicholas de Farndone, walikota London mengeluarkan dekrit yang isinya melarang sepakbola di Perancis yang digunakan oleh warga Inggris kelas atas pada waktu itu.

Pada tahun 1363, Raja Edward III dari Inggris mengeluarkan larangan sejumlah permainan, salah satunya sepakbola.

Sebuah permainan yang dikenal sebagai “football” telah dimainkan di Skotlandia pada awal abad ke-15.

Raja Henry IV dari Inggris disajikan salah satu dari dokumen awal penggunaan kata “football” pada tahun 1409.

Sebenarnya masih banyak referensi mengenai sejarah asal-usul permainan sepakbola, sampai pada suatu ketika diperlukan suatu lembaga untuk mengurusi sepakbola dunia.

Dengan meningkatnya kepopuleran pertandingan sepakbola internasional, diperlukan suatu lembaga untuk mengawasi sepakbola. Pada 21 Mei 1904 dibentuklah FIFA, yang merupakan kependekan dari Fédération Internationale de Football Association. Organisasi ini didirikan di Paris, Perancis.

Itulah sejarah sepak bola, dari yang kuno hingga modern.

referensi: wikipedia.org

/* */