Pengertian WWW, HTTP, dan URL beserta Kepanjangannya

Adanya internet memudahkan banyak orang dalam mencari informasi. Tahukah kalian betapa rumitnya internet sehingga informasi yang ada di internet bisa diakses dengan mudah?

Seringkali pada alamat suatu situs web diawali dengan www, meski tidak semuanya begitu. Sebenarnya apa sih www itu? Mengapa harus www? Sebelum www, ada http atau https. Kali ini www.terpelajar.com coba bahas tentang www, http, dan juga URL.

WWW
WWW merupakan singkatan dari World Wide Web. WWW merupakan suatu ruang informasi di mana dokumen dan sumber web lainnya diidentifikasi oleh pengidentifikasi sumber seragam, saling terhubung dengan link hypertext, dan dapat diakses melalui internet. Secara singkat, WWW bisa disebut juga Web. WWW merupakan alat utama yang digunakan untuk berinteraksi melalui internet.

Dalam suatu web ada halaman isinya bisa berupa teks yang diformat dengan HTML (Hyper Text Markup Language). Isi dari suatu web bukan hanya teks saja, tetapi juga bisa berupa gambar, dan sebagainya.

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web

Silakan buka tautan tersebut untuk mengetahui lebih banyak seputar WWW.

HTTP
HTTP (Hypertext Transfer Protocol) merupakan protokol aplikasi untuk pendistribusian dan memadukan sistem informasi hypermedia. HTTP merupakan dasar komunikasi data dalam situs web.

Hypertext meruapakn teks terstruktur yang menggunakan hyperlink antara node yang berisi teks. HTTP merupakan protokol untuk pertukaran atau transfer hypertext.

Referensi: https://en.wikipedia.org/wiki/Hypertext_Transfer_Protocol

URL
URL merupakan kependekan dari Uniform Resource Locator. URL merupakan rangkaian karakter untuk menunjukkan alamat suatu sumber di internet. URL disebut juga alamat web. Contoh URL: http://www.daniarta.com.

Demikian sedikit penjelasan tentang WWW, HTTP, dan URL. Selain ketiga istilah tersebut, sebenarnya masih banyak istilah yang berhubungan dengan internet. Memang ada berbagai komponen pendukung adanya internet. Internet tak sebatas browsing Google saja.

/* */