Pengertian, Sifat, Fungsi, dan Tujuan Negara

Pengertian, Sifat, Fungsi, dan Tujuan Negara

1. Pengertian Negara
Belum ada rumusan baku tentang pengertian negara. Adapun secara bahasa, kata negara berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu nagara atau nagari yang artinya penguasa atau wilayah. Sedangkan kata negara dalam bahasa Inggris disebut state, yang berasal dari bahasa Latin, yaitu status atau statum yang berarti sesuatu yang bersifat tegak dan tetap. Meski belum ada rumusan tentang apa itu negara, para ahli telah merumuskan pengertian negara, seperti Prof. Miriam Budiarjo, Jean Bodin, Hans Kelsen, dan lain-lain.

Dari berbagai pendapat dan istilah negara, dapat diambil kesimpulan bahwa negara adalah suatu wilayah di permukaan bumi yang memiliki kekuasaan mencakup ekonomi, politik, sosial, budaya, dan militer yang diatur oleh pemerintah dalam wilayah tersebut.

2. Sifat Negara
Menurut Miriam Budiarjo, masing-masing negara memiliki sifat-sifat antara lain: memaksa, monopoli, dan mencakup semua.

1) Memaksa
Negara memiliki sifat memaksa yang berarti negara memiliki kekuasaan secara sah untuk memaksa kekerasan fisik. Hal ini bertujuan agar masyarakat menaati undang-undang, mencegah kekacauan (anarki) dalam masyarakat, dan agar masyarakat tertib. Adapun alat pemaksanya di antaranya adalah polisi dan tentara. Misalnya, ada peraturan yang mewajibkan tiap-tiap negara wajib membayar pajak. Orang yang melanggar ketentuan ini dapat dikenai sanksi berupa denda, penyitaan harta, atau bahkan dipenjara.

2) Monopoli
Negara berhak melakukan monopoli untuk melakukan sesuatu sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai masyarakat secara bersama. Misalnya, memungut pajak, menghukum warga negara yang melanggar peraturan, dan sebagainya.

3) Mencakup semua
Mencakup semua berarti tiap-tiap peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam suatu negara ditujukan untuk seluruh warga tanpa kecuali.

3. Fungsi Negara
Fungsi negara pada dasarnya untuk mengatur tata kehidupan bernegara untuk mencapai tujuan negara. Dalam mencapai tujuan tersebut, terdapat sejumlah hal yang perlu dilakukan negara, antara lain:

1) mengupayakan kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya;
2) menjaga keamanan dan ketertiban;
3) menegakkan keadilan yang dilakukan oleh lembaga-lembaga peradilan; dan
4) melakukan pertahanan untuk menjaga kemungkinan serangan yang datang dari luar.

Perbedaan pandangan hidup memunculkan perbedaan pemahaman mengenai fungsi negara. Berikut ini beberapa macam pandangan hidup bernegara.

1) Anarkisme
Anarkisme adalah penyangkalan terhadap adanya negara dan pemerintah. Menurut paham anarkisme, manusia tidak butuh negara dan pemerintah guna menjamin ketertiban dan keamanan serta mengupayakan kesejahteraan masyarakat. Para individu dapat mencapai semua itu dalam perkumpulan-perkumpulan yang dibentuk dengan sukarela.

2) Sosialisme
Menurut paham sosialisme, negara harus berperan seluas mungkin dalam perekonomian. Seluruh aktivitas sosial melibatkan campur tangan negara. Segala aktivitas negara ditujukan guna mencapai kesejahteraan bersama.

3) Komunisme
Komunisme merupakan salah satu bentuk dari sosialisme. Seperti halnya sosialisme, menurut paham komunisme, fungsi negara harus diperluas seluas mungkin untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

4) Individualisme
Individualisme merupakan paham yang menganggap negara berfungsi untuk memelihara dan mempertahankan keamanan dan ketertiban individu dan masyarakat.

4. Tujuan Negara
Secara umum, negara bertujuan untuk menyelenggarakan kesejahteraan dan kebahagiaan warga negaranya. Berikut ini sejumlah pendapat tentang tujuan negara.

– Memelihara dan menjamin pelaksanaan hak-hak asasi manusia.
– Mengupayakan terselenggaranya keamanan, ketertiban, dan ketenteraman untuk mencapai kemakmuran bersama.
– Mencapai kehidupan dan penghidupan yang aman dan tenteram dengan menaati Tuhan.
– Memajukan kesusilaan manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk individu.
– Mengupayakan kondisi supaya keinginan rakyat dapat tercapai secara maksimal.

referensi:
 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN untuk SMA/MA/SMK. Oleh: Pudjo Sumedi
 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN untuk SMA/MA/SMK Keals X. Oleh: Rima Yuliastuti, dkk.
/* */