Pengertian Sifat Dasar Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Sifat dan Dasar Seni Menurut Para Ahli atau tokoh yang sudah dari dulu tentu saja bergelut dalam dunia seni mulai dari Plato, Leo Tolstoy sampai dengan tokoh indonesia seperti Ki Hajar dan yang lainya kali ini kami hadirkan demi memberikan pemahaman kepada sahabat di rumah dan bisa menyimpulkan secara umum makna dari seni yang baik dan benar. Seni sendiri dalam bangku sekolah akan di bagi menjadi beberapa jenis, ada seni musik, kemudian seni tari, seni ukir, seni lukis sampai dengan paduan suara dan masih luas tentu saja pengembanganya.

Ok pada kesempatan ini kami akan fokuskan saja membahas mengenai Pengertian Seni yang dimana di dalamnya terdapat banyak bidang keilmuan lain yang saling bepengaruh. Berikut ini beberapa pengertian seni yang dikemukakan oleh mereka yang ahli di bidang seni mulai dari ahli, pakar pendidikan, dan pakar kebudayaan.

  1. Plato, seorang filsuf Yunani yang hidup pada tahun 428 – 348 SM, menyatakan bahwa seni adalah hasil tiruan alam (ars imitator naturam). Pandangan mengenai seni sebagai imitasi ini berlangsung dominan sampai abad ke- 19.
  2. Benedetto Croce, seorang filsuf Itali yang hidup pada tahun 1866 – 1952, menyatakan bahwa seni adalah ungkapan kesan – kesan (art is expression of impressions). 
  3. Leo Tolstoy, seorang sastrawan Rusia terkemuka yang hidup pada tahun 1828 – 1910, menyatakan bahwa seni adalah aktivitas manusia yang menghasilkan sesuatu yang indah.
  4. Susanne K. Langer, seorang filsuf seni dari Amerika, menyatakan bahwa seni dapat diartikan sebagai kegiatan menciptakan bentuk – bentuk yang dapat dimengerti atau dipersepsi yang mengungkapkan perasaan manusia.
  5. S. Sudjojono, salah seorang pelukis terkemuka Indonesia menyatakan seni adalah jiwa tampak.
  6. Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan nasional berpendapat bahwa seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya yang hidup dan bersifat indah, hingga dapat menggerakkan jiwa perasaan manusia.
Pengertian dan Sifat Dasar Seni
Berdasarkan pengertian seni tersebut, dapat disimpulkan bahwa seni merupakan sarana komunikasi perasaan dan pengalaman batin seorang kepada kelompok masyarakatnya dalam rangka memenuhi kebutuhan pribadinya.
Selain itu dapat disimpulkan bahwa seni terdapat aspek – aspek sebagai berikut.
  • Aspek manusia sebagai creator (pembuat) dan appreciator (pemikat).
  • Aspek karya yang dikreasikan beserta gagasan yang ada di dalamnya.
  • Aspek komunikasi.

Sifat Dasar Seni

Tentu saja supaya sahabat di rumah lebih memahami dari sudut padang yang lebih luas, maka sifat dasar dari seni haruslah kalian ketahui dan pahami tentu saja diantaranya :

  1. Seni bersifat kreatif : Sifat kreatif dalam seni tercemin pada penciptaan hal – hal baru yang tidak dikenal sebelumnya. Dorongan kreatif dengan menciptakan karya baru yang menghadirkan realitas baru merupakan tujuan para seniman.
  2. Seni bercorak individualistis: Seni dihasilkan oleh seorang seniman dan karyanya bersifat individualistis. Misalnya, lukisan S. Sudjojono atau Hendra Gunawan  yang mampu menunjukkan ciri pribadinya.
  3. Seni bersifat ekspresif : Emosi yang berasal dari pengalaman hidup seorang seniman terpancar pada karyanya. Getaran yang dirasakan apresiator saat menikmati sebuah karya seni merupakan ungkapan emosi. Artinya, seni menyangkut ekspresi perasaa kreator dan apresiatornya.
  4. Seni bersifat abadi: Karya seni yang dibuat bersifat abadi meskipun penciptannya sudah meninggal. Dengan demikian, jika karya seni rusak atau hancur, nilai keabadiannya tetap terjaga.
  5. Seni bersifat semesta (Universal): Seni hadir berbagai bentuk dalam masyarakat apapun sepanjang zaman. Manusia primitif yang terbelakang pun mampu mengembangkan seni sebagai bahasa komunikasi antarsesamanya.
Dari ulasan ini kamu sudah bisa memahami mengenai Pengertian dan Sifat Dasar Seni dimana ini sering keluar dalam soal ulangan nanti. Salah satunya adalah akan di paparkan pengertian seni secara lengkap kemudian di berikan pertanyaan dalam pilihan ganda, menurut tokoh siapakah pengertian seni diatas? Tentunya untuk bisa menjawab kalian harus hafal arti seni dari semua tokoh yang sudah admin sajikan.
/* */