Pengertian Norma, Macam–macam Norma Serta Sanksinya

Pengertian Norma dan Macam – macam Norma Serta Sanksinya dari sisi etimologi norma diaartikan adalah sebuah aturan yang tidak tertulis dan tertulis yang mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara. Norma di beberapa daerah di Indonesia tidak sama karena norma sejatinya terbentuk dari kultur masyarakat itu sendiri. Sebagai contoh, norma agama, kemudian norma sosial, dan kesopanan di wilayah Bali misalnya akan berbeda dengan wilayah lain inilah yang dinamakan kemajemukan sebuah bangsa dan negara.

Dalam hal ini, kekuatan hukum norma bisa dikatakan sangat mengikat makanya jika ada yang melanggar seperti norma kesusilaan maka akan dikenakan sanksi berat dan ini akan mengatur masyarakat menjadi lebih terkontrol dan hidup sesuai dengan Pancasila. Norma hukum juga tentu saja berbeda disini makanya dimana sudah memiliki aturan yang sah melalui proses pengesahan UUD yang kita bahasa disini adalah norma sosial dan budaya suatu daerah dimana tidak tertulis dan dari segi hukuman biasanya bisa berupa teguran, cemohan dan hukuman fisik.  Ok lebih spesifik lagi kami jelaskan pengerian norma secara harfiah sesuai dengan model pembelajaran disekolah yang berlaku saat ini kalian bisa baca dibawah ini pengertian singkatnya :

Norma merupakan pedoman hidup anggota masyarakat (warga Negara) yang memberikan keleluasaan sekaligus batasan dalam bertindak (perintah dan larangan) dan menentukan sesuatu itu baik atau buruk.

Macam Macam Norma

Nah di indonesia sendiri sampai saat ini dikenal ada empat macam dan jenis norma yang berlaku umum dimana diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Norma agama ialah aturan yang mengaru kehidupan dalam beragama di Indonesia, sifat norma ini tidak lain ialah Universeal karena berdasarkan dari ajaran yang di yakini masing masing agama, bersumber dari Tuhan YME.

Contoh Norma agama :
1. Melakukan prosesi ibadah sesuai dengan agama dan kepercayaan masing masing
2. Melakukan perbuatan baik, beramal, sodakoh
3. Ikut andil dan berperan dalam mencegah kemungkaran, jika ada orang yang berbuat salah sahabat bisa menegurnya dengan halus dan masih banyak lagi seperti toleransi dan yang lainya

b. Norma kesusilaan ialah norma yang mengatur tingkah laku baik buruk dan kesantunan dalam bermasyarakat. Sifat norma ini hanya berlaku dalam suatud daerah saja dan bisa jadi tidak berlaku di daerah lain.

Contoh Norma Kesusilaan :
1. Bersikap jujur dan adil
2. Tenggang rasa saling mengharagi

c. Norma kesopanan hampir sama dengan yang point B lebih ke sisi tata cara berprilaku. Sifat norma yang satu ini juga tergantung dimana tempatnya dan berlaku tidak umum. Sebagai contoh jika anda jalan jalan ke negara luar dengan mayorits non muslim maka tidak heran anda menemukan banyak orang yang pakianya jauh berbeda dengan negara lain misalkan saja Arab saudi dan negara Islam lainya.

Contoh norma kesopanan
1. Saling Menghormati termasuk kepada orang tua dan yang usianya lebih tua
2. Menerima selalu dari tangan kanan
3. Tidak angkuh, berkata dengan baik dan halus

d. Norma hukum noram tertulis yang dimana jika melanggar akan mendapatkan sanksi tegas dari pihak berwajib ( Kepolisian ). Norma hukum memiliki sifat memaksa dan mengikat semua jadi jika ada pelanggaran maka tidak bisa di tolerir dengan norma apapun karena aturanya sudah disepakati bersama.

Contoh normah hukum
1. Tertib lalu lintas menggunakan helm, STNK tidak megebut di jalan
2. Jangan melanggar aturan seperti mencuri dll

Nah dari ke empat macam macam norma, pengertian dan sangsinya diatas intinya adalah norma yang belaku di masyarakat memiliki sifat mengatur seluruh elemen tidak pandang jabatan dengan tujuan menciptakan kerukunan dan keharomonisan dalam hidup.

/* */