Pengertian HARI KIAMAT dan Tanda-Tanda Kiamat Menurut Teori Alam

Pengertian HARI KIAMAT dan Tanda-Tanda Kiamat Menurut Teori Alam sampai dengan pembahasan mengenai kiamat besar dan kecil dimana dikenal dengan istilah kiamat sugra dan qubra. Hari kiamat sendiri wajib hukumnya bagi umah muslim meyakini akan kedatanganya karena sudah banyak sekali di jelaskan dalam Al quran serta rukun iman dan kita wajib mengimani dan mempersipakan diri lebih baik lagi.

A. Pengertian Hari Kiamat
Iman kepada hari kiamat adalah mempercayai bahwa seluruh alam semesta ini dan segala isinya pada suatu hari akan mengalami kehancuran dan mengakui bahwa ada kehidupan lain setelah kiamat.

B. Hari Kiamat
Para ulama mambagi kiamat menjadi dua macam, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra.

1. Kiamat Sugra
Kiamat sugra adalah kiamat kecil, yaitu berakhirnya kehidupan masing-masing makhluk hidup. Setiap makhluk hidup  akan mengalami kematian. Binatang-binatang akan mati setelah masa hidupnya berakhir. Tumbuh-tumbuhan juga akan mengalami hal serupa. Demikian pula dengan manusia. Hal ini telah difirmankan Allah swt. dalam Al-Quran Surah Ali ‘Imran Ayat 185 yang artinya

Setiap yang bernyawa dak merasakan mati. Dan hanya pada hari kiamat sajalah diberikan dengan sempurna balasanmu. Barang siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, sungguh, ida memperoleh kemenangan. Kehidupan dunia hanyalah kesenangan yang memperdaya. (Q.S. Ali ‘Imran/3:185)

Kematian adalah terpisanya jiwa dari tubuh. Hal itu diciptakan Allah swt. untuk mengetahui manakah di antara manusia itu yang lebih baik amalannya. Oleh karena itu, kematian bukanlah akhir dari segalanya. Kematian justru menjadi awal kehidupan yang baru dan kekal.

Adapun dua kelompok manusia alam barzakh, yaitu kelompok yang memperoleh kenikmatan dan rida Allah swt. serta kelompok yang memperoleh murka Allah swt.

  • Kelompok yang memperoleh kenikmatan dan rida Allah swt. adalah kelompok orang mukmin dan saleh. Ia akan bisa menjawab semua pertanyaan yang akan diajukan oleh Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir dengan baik tanpa takut dan gentar. Kemudian, Allah swt. memperlihatkan kepadanya salah satu pintu surga tempat tinggalnya nanti yang penuh dengan kebahagiaan dan kenikmatan.
  • Kelompok yang memperoleh murka Allah swt. adalah kelompok orang kafir. Ia mendengar pertanyaan Malaikat Munkar dan Malaikat Nakir itu, tetapi ia tidak bisa menjawabnya. Kemudian Allah swt. memperlihatkan kepadanya salah satu pintu neraka dengan berbagai macam siksaannya.

2. Kiamat Kubra

  1. Pengertian Kiamat Kubra

    Kiamat kubra dalah kiamat besar, yaitu musnahnya alam beserta segala isinya secara serempak atau berakhirnya seluruh kehidupan makhluk alam ini secara serempak.

  1. Nama Lain Kiamat Kubra

    Al-Quran menggunakan istilah yang beraneka ragam untuk menyebut dan menjelaskan proses berlangsungnya hari kiamat. Beberapa istilah tersebut adalah sebagai berikut

No. Nama Istilah Arti Terdapat pada Surah
1. Yaumul-qiyamah Hari kiamat Al-Qiyamah Ayat 1
2. Yaumul-akhir Hari akhir Al-‘Ankabut Ayat 36
3. Yaumuz-zalzalah Hari keguncangan/ keruntuhan Az-Zalzalah Ayat 1
4. Yaumul-waqi’ah Hari peristiwa yang mahadahsyat Al-Waqi’ah Ayat 1-2
5. Yaumur-rafifah Hari gempa besar Al-Muzzammil Ayat 14
  1. Tanda-Tanda Hari Kiamat

    Tanda-tanda hari kiamat diterangkan oleh Rasulullah saw. dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, al-Bukhari, Muslim, dan at-Tarmizi. Tanda-tanda kiamat adalah sebagai berikut.

No. Tanda-Tanda Kecil No. Tanda-Tanda Besar/ Kiamat Sudah dekat
1. Hamba sahaya perempuan dikawini oleh tuannya 1. Matahari terbit dari barat
2. Ilmu agama dianggap sudah tidak penting lagi 2. Munculnya binatang ajaib yang bisa berbicara
3. Tersebarnya perzinaan karena memperoleh izin dari penguasa 3. Rusaknya Ka’bah
4. Minuman keras merajalela 4. Lenyapnya Al-Quran
5. Jumlah wanita lebih banyak dari laki-laki dengan perbandingan 50:1 5. Seluru h manusia menjadi kafir
6. Ada dua golongan besar yang saling membunuh, tetapi sama-sama mengaku dirinya memperjuangkan agama Islam 6. Keluarnya bangsa Yakjuj Makjuj. Yakjuj Makjuj adalah kaum yang gemar membuat kerusakan di muka bumi.

Menurut HAMKA, Yakjuj Makjuj adalah segala gerak yang telah dan hendak merusak dunia ini. Yakjuj Makjuj bisa ditafsirkan sebagai pikiran jahat, maksud buruk, dan ideologi yang menyesatkan yang dianut oleh sebagian manusia. Manusia yang menganutnya bisa mempergunakan sesamanya sebagai alat untuk merusak bumi. Oleh karena, pikiran yang baik, cita-cita yang mulia dan ideologi yang sehat harus ditanamkan dengan teguh pada setiap diri, keluarga, negara, serta bangsa untuk membentengi dari Yakjuj Makjuj.

7. Lahirnya dajal (tukang dusta) yang mengaku dirinya utusan Allah swt. Dan banyak berbohong serta menipu dan menganggap baik sesuatu yang buruk atau menggambarkan sesuatu yang tidak baik dengan gambaran yang memikat hati
8. Banyak terjadi gempa bumi
9. Fitnah muncul di mana-mana
10. Pembunuhan merajalela
11. Banyak manusia yang menginginkan dirinya mati
  1. Kiamat menurut Teori Alam

1) Menurut Ilmu Geologi

Menurut ilmu geologi, bumi ini terdiri dari semacam gas panas (nebula). Di dalam perut bumi, masih tersimpan gas-gas panas yang karakternya berkembang dan mendesak keluar.Bumi tidak meletus akibat desakan ini karena diimbangi oleh tekanan atmosfir dari luar. Suatu saat, tekanan dari dalam itu akan lebih kuat sehingga terjadi gempa dan letusan gunung. Namun, suatu saat tekanan gas dari dalam melemah dan habis sama sekali karena gas yang lambat laun menjadi cair dan beku. Sementara itu, tekanan dari luar makin kuat sehingga bumi akan hancur dan isinya beramburan.

2) Menurut Ilmu Astronomi

Ahli astronomi menjelaskan bahwa planet-planet beredar di angkasa mengelilingi matahari. Peredaran ini berjalan rapi tanpa terjadi tabrakan dan benturan karena adanya daya tarik-menarik yang seimbang dan serasi. Namun, menurut ilmu alam, daya tarik-menarik tersebut tidak selamanya utuh. Daya itu makin lama makin habis. Bisa kita bayangkan, seandainya suatu saat nanti keseimbangan itu tidak ada lagi, bumi akan meluncur dengan kekuatan yang mahadahsyat menabrak matahari. dengan demikian, hancurlah bumi ini.

3) Menurut Ilmu Fisika

Letak matahari diperkirakan 150 x 10’6 kilometer jauhnya dari bumi. Sinar matahari akan sampai ke bumi dalam waktu 8 menit 20 detik. Para fisikawan telah menghitung energi matahari yang dipancarkan sama dengan 5,7 x 10’27 kalori per menit dan mampu menyala selama 50 miliar tahun. dengan demikian, waktu menyala bagi matahari juga terbatas dan pada suatu saat nantu matahari yidak akan bersinar lagi.

Demikianlah penjelasan mengenai HARI KIAMAT: Pengertian, Tanda-Tanda dan Kiamat Menurut Teori Alam. Semoga bermanfaat!

Sumber:

  1. Khuslan Haludhi dan Abdurrohim Sa’id

Agama Islam materi kelas XII

Sekolah Menengah Atas

/* */