Pengertian, Fungsi, dan Tujuan Negara Indonesia

Pengertian Negara Indonesia
Indonesia merupakan negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara, berada di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, serta di antara benua Asia dan Australia. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari lebih dari 17.000 pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia terdiri dari berbagai budaya, bahasa, dan suku bangsa. Oleh karena itu, Indonesia memiliki semboyan “Bhinneka Tunggal Ika” yang berarti berbeda-beda tetapi satu, yaitu Indonesia.

Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) merupakan negara kesatuan yang berbentuk republik. Hal ini terdapat dalam UUD 1945 pasal 1 ayat 1. Dalam pelaksanaannya, Indonesia menerapkan sistem desentralisasi.

Indonesia termasuk negara kebangsaan yang modern. Indonesia dibentuk berdasarkan pada semangat nasionalisme.

Indonesia merupakan negara berdaulat yang sudah memperoleh pengakuan dari negara lain. Indonesia memiliki kewajiban dan kedudukan yang sama seperti negara lainnya, yakni turut serta dalam menjaga dan memelihara perdamaian dunia.

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila dengan UUD 1945 sebagai hukum dasar. Indonesia memiliki UUD 1945 sebagai pengatur hak dan kewajiban warga negara terhadap negaranya dan kewajiban negara terhadap warganya.

Fungsi Negara Indonesia
Ada berbagai opini mengenai fungsi negara. Salah satunya menurut Montesquie, fungsi negara antara lain meliputi tiga tugas pokok yang dikenal dengan trias politica, yaitu legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Menurut John Locke, ada tiga fungsi negara, antara lain fungsi legislatif, fungsi eksekutif, dan fungsi federatif.

Pada dasarnya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) diselenggarakan untuk melaksanakan pemerintahan negara. Fungsi negara tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat.

Menurut Franz Magnis Suseno, negara merupakan alat untuk mengusahakan kesejahteraan umum. Kesejahteraan rakyat merupakan tolok ukur kesuksesan negara. Segala kegiatan negara ditujukan untuk menyejahterakan rakyat. Dalam hal ini negara berfungsi untuk memelihara dan mempertahankan ketertiban dan keamanan perorangan dan masyarakat.

Tujuan Negara Indonesia
Salah satu hal penting dalam kehidupan bernegara adalah rumusan tujuan negara. Masing-masing negara memiliki tujuan yang hendak dicapai. Adapun tujuan negara berhubungan dengan bentuk negara, hubungan antarlembaga negara, serta tugas, fungsi, dan pembentukan lembaga-lembaga negara.

Tujuan NKRI tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Pada alinea keempat UUD 1945 terdapat fungsi sekaligus tujuan negara. Selain itu, terdapat pula dasar negara Indonesia, yaitu Pancasila.

Berikut ini tujuan negara Indonesia.
– Mencerdaskan kehidupan bangsa.
– Memajukan kesejahteraan umum.
– Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia.
– Ikut melaksanakan ketertiban dunia.

Demikian materi tentang pengertian, fungsi dan tujuan negara.

/* */