Pengertian Dasar Negara dan Fungsinya

Pengertian dan Fungsi Dasar Negara

1. Pengertian Dasar Negara
Dasar negara merupakan hal penting dalam keberlangsungan suatu negara. Kedudukan dasar negara adalah sebagai norma tertinggi dalam penyusunan perundangan dan tata hukum suatu negara. Dasar negara bisa dikatakan sebagai sumber dari segala sumber hukum pada suatu negara.

Indonesia menggunakan Pancasila sebagai dasar negaranya, sedangkan UUD 1945 berkedudukan sebagai konstitusi bangsa Indonesia. Pancasila dan UUD 1945 merupakan landasan kokoh dalam penyelenggaraan NKRI.

Dasar negara antara suatu negara dengan negara lain tidaklah sama. Ada berbagai dasar negara di dunia. Keragaman dasar negara ini dipengaruhi oleh nilai-nilai sosial dan budaya suatu negara. Akan tetapi, terdapat kesamaan pandangan mengenai arti dasar negara pada beberapa negara.

Istilah dasar negara dalam bahasa Indonesia mempunyai makna yang sama dengan Weltanschauung (bahasa Jerman) yang berarti pandangan mendasar tentang dunia. Istilah dasar negara juga bisa disamakan dengan istilah dari bahasa Belanda, philosophiesche grondslag yang maknanya dasar yang bersifat filsafat. Pada kedua istilah tersebut terdapat kesamaan makna, yakni teori atau ajaran sebagai hasil pemikiran yang mendalam tentang dunia dan kehidupan dunia. Dalam bahasa Indonesia, ajaran seperti ini disebut ideologi, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut ideology. Ideologi merupakan nilai-nilai dasar yang hendak diwujudkan dalam suatu negara.

Berikut ini beberapa contoh negara-negara dengan ideologi yang dianutnya.

– Amerika Serikat dan Eropa Barat menganut ideologi liberalisme.
– Korea Utara dan RRC menganut ideologi maoisme/komunisme.
– Indonesia menganut ideologi Pancasila.

Apakah dasar negara sama dengan ideologi? Ya, dasar negara sama dengan ideologi negara dan pandangan dasar kenegaraan atau filsafat kenegaraan.

Fungsi Dasar Negara
1) Sebagai dasar berdirinya kedaulatan negara. Pemikiran yang mendalam mengenai dasar negara biasanya muncul pada saat negara hendak didirikan. Agar memenuhi syarat terbentuknya negara, suatu negara yang akan berdiri dan berdaulat harus memenuhi unsur konstitutif dan unsur deklaratif.

2) Sebagai dasar persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini berarti dasar negara berfungsi untuk merekatkan keragaman yang terdapat dalam masyarakat. Pada umumnya penyusunan dasar negara suatu negara mempertimbangkan keragaman budaya dan latar belakang masyarakat.

3) Sebagai dasar sikap dan tingkah laku bangsa. Dasar negara suatu negara berpengaruh terhadap sikap dan perilaku politik warga negara dan penyelenggara negara tersebut.

4) Sebagai dasar dan sumber hukum nasional. Hal ini berarti segala kegiatan warga negara dan penyelenggaraan negara suatu negara harus berdasarkan sumber hukum yang berlaku di negara tersebut.

5) Sebagai dasar pergaulan antarwarga negara. Selain sebagai dasar hubungan antara negara dengan warga negaranya, dasar negara juga merupakan dasar hubungan antarwarga negara.

6) Sebagai partisipasi warga negara. Dalam hal ini, tiap-tiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam upaya mempertahankan negara dan ikut serta dalam mencapai tujuan bangsa.

7) Sebagai dasar aktivitas penyelenggaraan negara. Kegiatan para penyelenggara negara harus berlandaskan pada dasar negara agar tujuan nasional dapat benar-benar terwujud.

referensi:
 1. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN untuk SMA/MA/SMK Oleh Pudjo Sumedi
 2. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas X. Oleh: Atik Hartati dan Sarwono
/* */