Pengertian Contoh Paragraf Ineratif Singkat dan Lengkap

Halo sahabat kali ini saya akan bahas mengenai pengertian dan Contoh Paragraf Ineratif dalam sebuah kalimat yang bisa kalian pahami lebih lengkap dan detail. Soal mengenai bahasan ini sering muncul ya, dan kebanyakan terkecoh sehingga menjawab salah. Terlebih dahulu memang harus paham makna dari paragraf Ineratif ini kemudian baru menguasai contohnya.

Paragraf ineratif adalah sebuah paragraf yang letak kalimat utamanya berada pada tengah-tengah paragraf. paragraf ini sendiri dikembangkan dengan pola khusus-umum-khusus yang biasanya memaparkan hal-hal yang khusus terlebih dahulu sebagai pengantar, lalu menyajikan gagasan utamanya dan kemudian diikuti dengan penjelasan hal khusus tersebut untuk memperkuat gagasan utamanya.

Ciri ciri Paragraf Ineratif

  • Gagasan utama terletak di kalimat utama pada bagian tengah paragraf.
  • Kalimat akan di awali dengan hal – hal khusus sebagai penguat gagasan utama
  • dan yang terakhir memiliki ciri diakhiri kembali dengan hal khusus sebagai penguat gagasan utama

Contoh Paragraf Ineratif

Contoh Paragraf Ineratif 1

Meningkatnya jumlah kriminalitas yang terajadi saat ini tidaklah mengherankan. Bahkan dapat dikatakan wajar karena faktor rendahnya pendidikan para pelaku kriminal tersebut. Akibat, tidak ada pekerjaan yang bisa mereka dapatkan, padahal mereka harus tetap mengisi perut mereka. Hal inilah yang mendorong mereka untuk berbuat kriminal seperti mencuri, merampok, menipu, dan lain – lain. Berdasarkan ilustrasi yang dipaparkan di atas, sudah jelas bahwa pendidikan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat. Hal ini dikarenakan dengan pendidikan kita bisa mendapatkan ilmu yang berguna. Ilmu inilah yang bisa membawa seseorang ke dunia kerja ataupun menciptakan lapangan kerja sendiri. Jika seseorang telah memiliki pekerjaan, tentunya kebutuhan mereka akan terpenuhi. Alhasil, tidak ada lagi dorongan atau keadaan yang memaksa mereka untuk berbuat kejahatan, sehingga tingkat kriminalitas akan menurun karena orang – orang sudah bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri.

Contoh Paragraf Ineratif 2

Ada sebuah pepatah yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Di dalam buku tersimpan ratusan bahkan ribuan hal yang tidak kita ketahui. Terlebih lagi, jika kita membaca buku, maka pengetahuan kita akan menjadi sangat luas karena membaca buku membuat kita memasuki dunia yang belum pernah kita masuki sebelumnya. Oleh karena itu, buku sangatlah bermanfaat bagi kita. Buku akan memberikan kita ilmu – ilmu yang tidak diberikan di sekolah. Dengan membaca buku, kita juga bisa mengetahui segala sesuatu sehingga kita menjadi pintar dan berpengetahuan. terlebih lagi membaca buku akan memberikan kita pengalaman – pengalaman yang menyenangkan karean buku bukan hanya berisi tentang ilmu pengetahuan tetapi buku juga berisi tentang cerita – cerita yang menarik sehingga kita akan terhibur dan terhindar dari kebosanan yang bisa menyebabkan kita stress.

Contoh Paragraf Ineratif 3

Dengan adanya pengetahuan dan wawasan kita dapat pergi kemanapun yang kita mau. Disamping itu, kita juga dapat meraih apapun yang kita impikan dalam hidup. Namun, ada saatnya ilmu yang kita miliki dapat menghancurkan kita apabila kit tidak perduli dengan ajaran – ajaran agama. Oleh karena itu adanya ilmu sangatlah bermanfaat tetapi disamping itu kita memerlukan agama yang dapat membatasi kita dengan hidup duniawi yang terkadang dapat menghancurkan kita. Manusia bisa saja menggunakan ilmu yang mereka miliki dengan tidak baik contohnya saja koruptor mereka adalah orang – orang yang berpendidikan dan memiliki pengetahuan luas tetapi ilmu yang mereka miliki merugikan banyak orang. Maka dari itu adanya agama sangatlah diperlukan untuk menjadikan pedoman hidup yang akan membuat batasan bagi hal buruk.

Bagaimana mudah bukan dalam memahami dan mngeidentifikasi sekilas mengenai contoh paragraf ineratif ini

/* */