Dampak Sanksi Pelanggaran HAM

Dampak Sanksi Pelanggaran HAM

Jika suatu negara dinyatakan sebagai negara dengan kasus pelanggaran HAM tingkat tinggi, maka hal ini dapat menimbulkan citra negatif negara tersebut di mata internasional. Berikut ini 6 dampak dari sanksi pelanggaran HAM.

1. Menurunkan pendapatan nasional
Kemajuan suatu negara diukur dengan salah satunya pendapatan per kapita. Jika suatu negara memiliki tingkat pendapatan per kapita yang rendah, hal itu merupakan sebuah tanda bahwa keadaan ekonomi penduduk di negara tersebut kurang baik atau tidak makmur. Akan tetapi, hal ini juga bergantung pada persoalan pemerataan ekonomi di negara tersebut.

Jika suatu negara memiliki pendapatan per kapita yang tinggi tetapi tidak rata dalam mendistribusikan kemakmurannya, maka hal ini dapat menyebabkan sebagian anggota masyarakat mengalami kemakmuran yang berlebih, sedangkan sebagian lainnya menderita kemiskinan. Sebaliknya, jika suatu negara memiliki pendapatan per kapita yang rendah tetapi pemerataannya cukup baik, maka semua rakyat mampu bertahan dalam keadaan ekonomi yang cukup. Masalah akan semakin kompleks apabila suatu negara dengan pendapatan per kapita rendah pendistribusian kemakmurannya tidak merata.

2. Meningkatkan jumlah pengangguran
Jika pemodal asing yang memiliki perusahan di suatu negara sudah mulai enggan untuk menanamkan modalnya di negara tersebut, hal ini dapat menambah jumlah pengangguran. Kurangnya modal dapat membuat suatu perusahaan ditutup yang berdampak pada PHK masal sehingga membuat banyak orang tidak memiliki pekerjaan.

3. Warga miskin bertambah
Pengangguran yang merajalela berdampak pada meningkatnya jumlah rakyat miskin. Jika tidak diatasi, hal ini dapat menyebabkan kondisi ekonomi suatu negara mengalami kemerosotan.

4. Memperlemah daya beli masyarakat
Pengangguran juga berdampak pada menurunnya daya beli masyarakat, bahkan dapat menyebabkan krisis ekonomi. Apabila hal ini terjadi secara meluas dan dalam jangka waktu lama di suatu negara, maka hal ini dapat menyebabkan keamanan dan ketertiban masyarakat terganggu.

5. Tingkat kehidupan masyarakat mengalami kemerosotan
Tingginya tingkat pengangguran yang berdampak pada kesulitan ekonomi dapat menyebabkan tingkat kehidupan masyarakat mengalami kemerosotan. Berbagai aspek kehidupan seperti pendidikan, sosial, ekonomi, keamanan, kebudayaan, dan sebagainya juga akan terkena dampaknya.

6. Sulitnya mendapatkan bantuan dan mitra kerja negara asing
Negara dengan kondisi dan citra yang buruk dapat mengalami berbagai kesulitan. Tidak semua negara dapat mengatasi kondisi ekonomi yang krisis dalam waktu singkat. Krisis yang awalnya hanya dari satu bidang ekonomi biasanya akan menyebar ke bidang lainnya. Dengan kondisi seperti ini, biasanya hanya sedikit negara atau pihak lain yang berminat untuk mengajak kerja sama. Kalaupun ada pihak yang bersedia, umumnya daari pihak atau negara dengan ekonomi yang kuat, itu juga dengan berbagai syarat yang tak selalu menguntungkan.

Itulah dampak-dampak apabila tingkat pelanggaran HAM suatu negara termasuk tingkat tinggi. Betapa banyaknya kerugian yang dapat dialami oleh negara tersebut.

referensi: Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMA/MA Kelas X. Oleh: Atik Hartati dan Sarwono
/* */