Contoh Teks Dialog Interaktif Terbaru 2017

Pengertian dan Contoh Teks Dialog Interaktif singkat yang biasa sahabat lihat di tv biasanya akan membahas sebuah topik yang sedang hangat mulai dari dunia pendidikan, sosial dimana dalam pembahasan kali ini kami akan sajikan beberapa contohnya yang bisa sahabat lihat dan tentu saja di harapkan akan lebih bisa memahami apa itu dialog Intraktif, apa saja ciri cirinya dan susunan acara yang lazim digunakan.

Contoh teks dialog interaktif singkat memang kebanyakan akan kita temui dalam sebuah acara talkshow saat ini mulai dari yang memabahas isu politik dan masih banyak lagi. Kalian bisa menyaksikan langsung di Metro tv, Tv one dll. Sebelum masuk pada contoh akan kami sajikan dulu dibawah ini sekilas mengenai pengertian dialog intraktif sehingga kalian akan makin paham tentunya dimana ini masuk dalam materi Bahasa Indonesia kelas 9 dan tentu saja biasanya akan keluar nanti dalam Ujian nasional.

Pengertian Dialog Interaktif

Dialog Intraktif adalah salah satu jenis dialog yang di lakukan oleh dua orang atau lebih dalam sebuah acara di televisi bisa secara langsung atau melalui sebuah telfon. Dimana akan melibatkan narasumber kemudian ada pembawa acara dan membahas topik yang sedang hangat saat ini.

Susunan Acara Dialog Interaktif
Contoh Dialog Interaktif

Contoh Dialog Interaktif

Susunan acara yang sangat lazim digunakan dalam sebuah dialog intraktif ini tentunya harus kalian ketahui. Biasanya dalam sebuah soal akan diberikan teks sebuah dialog kemudian akan di tanyakan misalkan apa tema yang ada pada dialog tersebut, kemudian kira kira apa kesimpulanya. Ok dibawah ini kira kira hal yang harus kalian perhatikan ketika menyimak acara dialog intraktif baik on atau off air.

  1. Tema Dialog : Apa pokok permasalahan yang sedang di bahas, biasanya pembawa acara akan memberikan informasinya di awal sebelum dialog di mulai. Bahkan dalam sebuah dialog di tv misalkan kick andy, kemudian mata najwa yang sudah tidak siar lagi kita sudah diberikan informasi mengenai topik dialog mereka melalui media sosial, dan televisi sehari atau dua hari sebelum acara di mulai.
  2. Pengisi Acara ( Narasumber ): Dialog intraktif biasanya akan mengahdirkan lebih dari satu narasumber dengan tujuan mendapatkan secend opinion dari sebuah materi yang di bahasa. Sayarat menjadi narasumber tentu saja harus ahli dalam bidangnya misalkan saja Jika tema dialognya seputar pendidikan maka bisa mengundang sebagai narasumber yakni Dosen, Menteri Pendidikan atau orang yang berjasa dalam dunia pendidikan.
  3. Opini Narasumber : Dalam sebuah dialog intraktif resmi memang opini atau pendapat narasumber akan menjadi sebuah acuan kebenaran dalam topik tersebut. Kalian harus bisa menangkap apa saja yang narasumber katakan, misalkan tentang kesehatan bisa mendengarkan opini dari Dr Spesialis misalkan dll.
  4. Kesimpulan Dilaog Intraktif : Di akhir acara tugas menyimpulkan ini adalah tugas dari pembawa acara, jika kamu di tugaskan menjadi pembawa acara dalam sebuah dialog intraktif misal dengan teman pendidikan harus bisa menyaring, kemudian menyusun apa saja pendapat dari narasumber dan mengambil intinya untuk di jadikan sebuah kesimpulan dialog.

Selain itu, dalam acara dialog intraktif yang live akan ada sebuah sesi yang dinamankan dengan sesi tanya jawab. Sangat lumerah sekali dalam sebuah acara talkshow misalkan dengan mengahdirkan banyak peserta maka akan ada sesi tanya jawab setelah narasumber memberikan opininya dan ini wajib hukumnya dalam sebuah dialog intraktif adanya sebuah intraksi yang hidup antara narasumber, pembawa acara, dan peserta baik yang melalui telfon dan yang hadir langsung.

Memberikan Komentar Pertanyaan Dalam Dialog Interaktif

Siapa yang berhak memberikan pertanyaan dan komentar ? Salah satunya adalah peserta dialog dimana memiliki beberapa kriteria yang harus diperhatikan diantaranya

  • Berikanlah tanggapan dan komentar yang objektif artinya tidak menyerang dan memihak kepada siapa saja dan fokus pada tema.
  • Usahakan memberikan komentar dengan menggunakan data yang valid jangan sampai ngarang bebas
  • Berikan alasan yang mendukung komentar kamu, tentunya yang masuk akal dan tidak mengambang

Penilaian Singkat dalam dialog interaktif

Jika kalian adalah ketua OSIS atau mengadakan sebuah acara atau menyimak secara teliti isi dari dialog intraktif maka beberapa hal dibawah ini bisa dijadikan sebagai landasarn awal dalam memberikan sebuah penilain dalam dialog tersebut diantaranya:

  1. Topik/tema dialog : Apakah memiliki manfaat yang besar atau tidak
  2. Kemampuan dan kredibilitas narasumber dalam menjawab apakah sesuai data atau masih ngaur
  3. Kesesuain jawaban dari pertanyaan pembawa acara, apakah relevan atau tidak dengan jawaban narasumber
  4. Yang terakhir, benar atau salah baik dari pertanyaan peserta atau tanggapan narsumber.
Ok jika sudah paham mengenai pengertian, kemudian unsur unsur yang harus di perhatikan dalam sebuah dialog intraktif maka dibawah ini akan kami sampaikan beberapa contoh dialog intraktif terlengkap dalam berbagai tema yang bisa sahabat perhatikan.

Contoh Dialog Interaktif

Kick Andy – Abraham Samad Perilaku Korupsi di Indonesia

Nama Acara       : Kick Andy.
Stasiun Tv          : Metro TV.
Waktu                 : Pukul 20.05 WIB, Jum’at 3 Okt 2014.
Pembawa Acara  : Andy Flores Noya.
Narasumber        : Abraham Samad.
Tema                    :Perilaku Korupsi di Indonesia
Pembahasan        : Tanpa melibatkan pemirsa.
  • Andy     : Selamat malam Pak Abraham Samad, Terimkasih sudah berkunjung ke Kick Andy, Pertanyaan yang pertama saya lihat Anda Grogi ya di ikuti tawa peserta.
    Abraham Samad : Bagaimana Gak Grogi saya lihat bung andi ini lebih ganteng dari pada saya
  • Andy     : Pertanyaan Pertama, Apa yang terjadi pada hidung anda
    Abraham Samad  : Yang inikan tulangnga keluar Bang Andi, karena waktu SMA Saya suka tinju dan ini pecah sedikit
  • Andy     : Apakah itu tidak membuat anda takut ?
    Abraham Samad : Tidak bang Andi karena hanya takut pada Tuhan YME
  • Andy      : Dalam waktu dekat KPK akan menangkap orang yang kebal hukum, kira kira siapakah Dia ?
    Abraham Samad  : Saya belum paham benar bang andi, tapi dalam waktu dekat ini kita akan berusaha menangkap orang orang kuat yang memiliki kans korupsi entah itu siapa saja.
  • Andy      : Anda menyebut orang orang, apakah lebih dari 10 orang ?
    Abraham Samad  : Ya, saya rasa begitu bang Andi, karena orang orang ini berduit semua dan kami khawatir di akhir periode kepemimpinan ini kami tidak bisa menyelesaiknya
  • Andy      : Banyak berita menyebut Nama Ibas, apakah dia termasuk
    Abraham Samad  : KPK tidak pandang bulu bang Andy, bahkan wakil presiden aja bisa di panggil menjadi saksi dalam pengadilan
  • Andy    : Apakah ada keyakinan yang sama dari KPK jika gerombolan MIGAS yang tertangkap hanya seberapa saja
    Abraham Samad : Ini, masih panjang episodenya Bang Andi, ini baru awal
  • Andy     : Kasusu apa saja yang nanti menurut anda yang akan bisa menangkap orang orang besar tadi
    Abraham Samad : Korupsi di Indonesia kan masip, terstruktur bang andi, karena kita harus memiliki cara yang lebih baik lagi dalam menyelesaikanya
  • Andy     : Anda kan tidak bebas menerima pemberian, Bisa tahu jenis pemberian yang tidak bisa anda terima
    Abraham Samad  : .Semua pemberian di syaratkan tidak boleh di terima, kecuali suopenir seperti buka, gantungan kuni boleh kita terima kalau Honor TIDAK.
Kesimpulan Dialog
Dialog yang di lakukan dalam acara Kick Andy dapat disimpulkan jika bagaimana kondisi korupsi di Indonesia saat ini, dengan penjelasan lengkap dari Ketua KPK Abraham Samad. Dimana dengan kesungguhan yang sangat kuat dalam memberantas korupsi dan hal hal yang tidak boleh dilakukan oleh ketua KPK dalam bekerja.

 

CONTOH DIALOG INTERAKTIF DI TV (METRO TV / MATA NAJWA)

Nama Acara : Mata Najwa
Stasiun Tv : Metro Tv
Hari/Tanggal : Rabu, 9 Des 2015
Waktu : Pukul 22.26 WIB
Pewawancara : Najwa
Narasumber : – Yunarto Wijaya ( DIR, Eksekutif Charta Politica Indonesia )
                              – Hasto Krityanto ( Praktisi PDIP )
Tema : Mencari Negarawan
Pokok : Pilkada serentak dengan harapan lahirnya negarawan negarawan baru
 
Percakapan
Najawa : Mas Yunarto wijaya, judulnya terlalu muluk gak ya, mungkinkah kita mencari negarawan negarawan di likpada serentak
Yunarto Wijaya: Pilkada demokarasi itu bukan memilih terbaik dari yang terburuk tapi mencari terbaik dari yang terbaik, dimana jangan sampai hanya memuaskan lembaga surpey yang di bayar dan kemudian hanya menghasilkan uang yang habis maka disanalah pilkada kita akan gagal dalam menghadirkan kenegarawaan.
Najwa : Ada yang mau komentar ?
Hasto Krityanto : Kami anggap ada korelasi, dan kami tidak mencalonkan tersangka. Kesimpulan adanya keterkaitan elektibilitas dan korupsi tidak ada korelasi itu anggapan anda, menurut kami itu ada kolerasinya

CONTOH DIALOG INTERAKTIF DI TV (TV ONE / SELAMAT PAGI INDONESIA)

Nama Acara : Selamat Pagi Indonesia
Stasiun Tv : TV One
Hari/Tanggal : Jumat, 15 Juli 2017
Waktu : Pukul 07.00 WIB
contoh dialog interaktif tv one selamat pagi indonesia
 
Percakapan
  • Penyiar : Pak Jamal, sebagai pakar psikologi, bagaimana Pak Jamal menyikapi permasalahan kenakalan remaja yang tergabung dalam geng motor yang meresahkan itu?
    Narasumber : Masa remaja memang masa pencarian jati diri. Setiap remaja merasa ingin diakui di lingkungan pergaulannya. Jika lingkungan itu baik maka remaja akan ikut menjadi baik. Jika lingkungan itu buruk maka remaja pun akan menjadi buruk. Geng motor adalah salah satu lingkungan buruk yang telah menjadikan remaja berterima di kalangan mereka.
  • Penyiar : Mengapa remaja bisa tergelincir ke lingkungan buruk tadi?
    Narasumber : Faktor pendidikan keluarga yang tidak mendukung. Orang tua tidak memberikan perhatian yang lebih kepada anak-anak. Orang tua hanya memberi tetapi tidak mendidik dengan baik.
  • Penyiar : Selain itu?
    Narasumber : Faktor sekolah yang tidak partisipatif terhadap pengembangan kualitas diri siswa. Kegiatan ekstrakurikuler di sekolah, seharusnya menjadi wahana apresiasi dan kreativitas siswa sehingga siswa tidak sempat bermain di geng yang tidak benar.
  • Penyiar : Adakah yang lebih penting daripada peran orang tua dan sekolah dalam menyikapi hal ini?
    Narasumber : Kedua sisi ini, baik orang tua dan sekolah sama pentingnya. Orang tua seharusnya menanamkan akhlak dan keimanan yang kokoh di rumah. Kemudian semua itu dipoles dengan kreativitas pihak sekolah dengan beragam kegiatan untuk siswa yang bermanfaat.

CONTOH DIALOG INTERAKTIF MUTU PENDIDIKAN DI INDONESIA

Nama Acara : Dialog Lunch Talk
Stasiun Tv : Metro Tv
Hari/Tanggal : Jumat, 2 Mei 2017
Waktu : Pukul 08.00 WIB
Narasumber :
– Prof. DR. Fasli Jalal Wakil Menteri Pendidikan Nasional Indonesia sejak 6 Januari 2010 hingga 19 Oktober 2011
– Doni Kusuma : Pemerhati Pendidikan
  • Pembawa Acara : Saya memiliki guru fisiki waktu SMA dan di kirim ke luar Negri pak Fasli, Mereka di kirim ke Malaysia untuk meningkatkan mutu pendidikan. Tapi Pendidikan kita di Indonesia malah kalah jauh, bagimana itu bisa terjadi pak fasli

Prof : Ya benar, hampir ada ratusan guru yang kita kirim ke luar Negeri setiap tahunya, tapi memang masalah mutu ini belum terjawab karena banyak faktor lain yang mendukung dimana dalam hal kecanggihan berpikir anak anak kita, dimana mereka hanya belajar menghafal dan memahami saja. Merke tidak belajar banyak hal misalkan di pacu untuk mengenalisis, sintesis dan mampu berkreasi dimana dijelaskan dalam taksonomi bloom, nah itulah yang dipegang oleh negara negara maju.

  • Pembawa Acara : Saya ke Mas Doni, Apakah setuju jika mutu pendidikan di Indonesia masih rendah

Mas Doni : Ya, kita menyadari hal itu memang kualitas pendidikan kita masih rendah karena kemampuan bicara anak anak kita masih sangat rendah. Seharusnya memang setiap proses pendidikan harus di berikan anggaran yang tepat dan di fasilitasi dengan baik sehingga dampaknya harus bisa memandirikan.

Ok itulah beberapa contoh dialog intraktif di tv nasional yang bisa kalian jadikan refrensi dalam belajar dan lebih memahaminya dan nanti bisa melakukan sebuah acara dialog sendiri di sekolah dengan format dan susunan acara yang baik dan benar.
Loading...
/* */