Alur Proses Terjadinya Hujan dan Gambar Penjelasanya

Alur Proses Terjadinya Hujan dan Gambar Penjelasanya kali ini akan bisa memberikan sahabat pemahaman lebih jauh mengenai materi geografi yang bertemakan hujan. Apa saja jenis jenis hujan, faktor yang mempengaruhi terjadinya hujan lengkap dengan skema dan gambarnya akan admin sajikan lengkap dalam artikel ini.

Untuk diketahui memang semua gejala alam baik itu klimatologi dan meteorologi awalnya semuanya melalui sebuah sebab atau gejala singkatnya adalah melalui sebuah proses dan yang pengecualian mungkin salah satunya adalah bagimana hujan bisa jatuh ke bumi karena memang sudah lama jatuhnya hujan ini bisa melalui sebuah rekayasa manusia berbeda dengan gempa bumi, banjir dan lain sebagainya.

Kumpulan air yang ada di laut, kemudian danau, benua, samudra, menguap ke udara kemudian terjadi kondensasi atau pembekuan maka terjadilah hujan ini adalah teori singkatnya lebih jauh dan komplit sahabat bisa cek dalam gambar dibawah ini, bagaimana hujan bisa turun karena memang sekarang lagi musim musim hujan ya sob.

Baca Juga :

Gambar Proses Terjadinya Hujan

Proses Terjadinya Hujan

Proses Terjadinya Hujan

Lebih detail mengenai penejelasan gambar diatas akan kami bahas dalam artikel dibawah ini, yuk lanjut sahabat bisa memahaminya lebih mudah tentu saja.

Proses Terjadinya Turun Hujan

Awal dari proses mengapa hujan terjadi adalah karena adanya sebuah proses yang dinamakan dengan evaporasi dari uap air di udara dimana kemudian di pengaruhi oleh sinar matahari, kemudian uap air ini akan menguap dan membeku maka terjadilah hujan pada beberapa titik dimana awan itu membeku. Jadi sahabat jangan heran ya, karena biasanya di satu desa misalkan ada wilayah yang kena hujan dan tidak. Secara singkatnya adalah :

  • Proses Penguapan karena sinar matarhari ( Evaporasi )
  • Uap Air menjadi beku
  • Awan akan terbentuk
  • Adanya tekanan di Udara
  • Terjadilah hujan karena disana akan ada bantuan angin yang membawanya sehingga jatuhnya tidaklah merata

Jenis Jenis Hujan

Setidaknya sahabat juga harus mengetahui beberapa pemabagian jenis hujan yang ada sampai sekrang ini, demi memberikan tambahan pengetahuan tentunya, langsung saja di simak yuk :

  1. Hujan Frontal adalah : Hujan ini terjadi karena adanya pertemuan angin musim panas yang membawa uap air dengan udara.
  2. Hujan Orografis adalah : Atau dikenal dengan sebutan hujan di wilayah pegunungan dimana terjadi karena adanya pengaruh dari hujan orografus. Dimana uap air yang ada di dataran tinggi ( Pegunungan ), bertemu dengan udara bersuhu rendah yang kemudian mengembun, menadi awan dan menjadi air hujan yang turun ke bumi.
  3. Hujan Zenith adalah : Atau nama lainya yakni Hujan Konveksi dimana hujan jenis ini hanya bisa turun di daerah garis khatulistiwa karena dipengaruhi oleh angin past timur laut dan tenggara yang saling bertemu dan membentuk gumpalan karena pengaruh sinar matahari.

Lawan dari musim Hujan adalah musim kemarau, maka supaya lebih lengkap dan tidak terpisah langsung saja akan kami bahasa sekilas mengenai musim kemaru yang bisa sahabat baca dalam ulasan berikut ini.

Proses Terjadinya Musim Kemarau

  1. Karena pengaruh angin muson: Angin muson ini di bagi dua yakni muson barat dan timur perbedaanya adalah jika yang datang angin muson barat maka akan terjadi MUSIM HUJAN dan sebaliknya jika yang datang Muson timur maka akan terjadi MUSIM KEMARAU. Penjelasanya mengenai dua jenis angin ini bisa sahabat baca dibawah ini.

Angin Muson Barat

  • Terjadi pada bulan ( oktober sampai maret )
  • Pada bulan ini kedudukan bumi berada di bagian selatan sehingga benua australia lebih tinggi dari asia
  • Dan akhirnya membuat angin bertiup dari asia ke australia.

Angin Muson timur

  • Kebalikan dari angin muson barat, yakni kondisi dimana tekanan udara di asia lebih rendah daripada australia, yang membuat angin bertiup ke asia sehingga benua asia mengalami musim kemarau.

OK Sekian yang bisa admin informasikan kali ini mengenai Proses Terjadinya Hujan dan jenis jenis hujan yang bisa kalian pelajari lebih dalam lagi, sehingga kalau ada soal nanti kalian bisa menjawabnya dengan mudah.

/* */