54 Latihan Soal dan Pembahasan Sejarah SMA Kelas XII

Latihan Soal dan Pembahasan Sejarah SMA Kelas XII, haloo bagi kalian yang ingin belajar sejarah SMA maka pada kesempatan ini admin akan sajikan beberapa contoh soal lengkap dengan pembahasanya dimana bisa kalian jadikan rujukan dalam sumber belajar dan lebih mendalami lagi mengenai materi sejarah pada jenjang SMA Kelas XII.

Selain itu, demi mempermudah sahabat semua dalam menguatkan argumen dalam soal esai juga sudah dijelaskan apa saja alasanya langsung deh dibawah ini kumpulan soal sejarah yang bisa kami share untuk kamu.

BAHAN AJAR
SUKSES UJIAN SEJARAH 2014-2015

  1. Pelayanan tentang kesehatan pada masyarakat pada masa orde baru nampak pada pelayanan masyarakat mulai dari pos pelayanan terpadu hingga didirikan rumah sakit. Sehingga indikator keberhasilan pelayanan kesehatan antara lain nampak pada …

Jawab : Keberhasilan pelayanan kesehatan pada masyarakat pada masa Orde Baru dapat dilihat dari membaiknya taraf kesehatan masyarakat, meningkatnya angka harapan hidup, dan meningkatnya angka keselamatan ibu dan bayi pada proses kelahiran.

Alasan :

Masyarakat Indonesia yang sengsara dan menderita dalam masa penjajahan, tidak lagi merasakan hal yang sama. Dengan keberhasilan mencapai kemerdekaan, rakyat Indonesia tidak perlu lagi turun ke medan perang untuk melawan penjajah ataupun merasakan pedihnya perlakuan penjajah. Masyarakat juga lebih mudah mendapatkan pelayanan apabila mengalami keluhan kesehatan dibanding dengan pada masa penjajahan.Sehingga mendapatkan penanganan lebih lanjut yang cepat dan tidak semakin parah.Dengan ini taraf kehidupan masyarakat membaik.Selain itu dengan adanya posyandu dan rumah sakit, proses persalinan juga sangat terbantu.Ibu hamil mendapatkan penanganan dengan cepat dan perlakuan yang benar sehingga angka keselamatan ibu dan bayinya lebih baik.Dengan demikian, angka harapan hidup masyarakat juga meningkat.

  1. Pelayanan kepada masyarakat di bidang pendidikan pada Orde Baru ditandai dengan mendirikan gedung-gedung sekolah sehingga di desa-desa masih ada istilah SD Inpres. Pemerintah juga mencanangkan wajib belajar 6 tahun. Tujuan awal pemberian kependidikan kepada rakyat saat itu adalah untuk …

Jawab: Meningkatkan taraf pendidikan, menurunnya jumlah masyarakat tuna aksara dan menanamkan nilai-nilai Pancasila pada masyarakat.

Alasan:

Pada masa penjajahan dan awal kemerdekaan, sebenarnya sudah didirikan sekolah-sekolah, baik bentukan penjajah maupun milik Indonesia sendiri seperti taman siswa. Namun, karena saat itu hanya golongan pejabat yang dapat bersekolah, maka rakyat miskin tidak mendapatkan pendidikan.Pada masa Orde Baru, bidang pendidikan lebih diperhatikan.Masyarakat dari seluruh golongan dapat mengeyam pendidikan, sehingga jumlah masyarakat tuna aksara jauh berkurang.Masyarakat menjadi lebih berpengetahuan dan mengerti banyak hal. Ini bertujuan untuk menghasilkan tokoh-tokoh intelektual dan ahli di bidangnya yang mana sangat membantu Indonesia sebagai neagara berkembang serta mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dari negara lain dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Masa Orde Baru yang menganut sistem demokrasi, meletakkan Pancasila sebagai ideologi dan pedoman dalam berbangsa dan bernegara.Masyarakat perlu ditanamkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila untuk membantu pemerintah dalam menggerakan sistem pemerintahan.Selain itu juga menghapus paham-paham komunis yang dianut pada masa Orde Lama, sehingga tidak lagi muncul organisasi dan partai politik yang berpaham komunis.

3. Apakah Fungsi dari sejarah?

Jawab : Sejarah ditinjau sebagai Peristiwa, Kisah, Ilmu dan Seni

Alasan :

1. Sejarah ditinjau sebagai peristiwa

Berbagai peristiwa atau kejadian yang menyangkut manusia berlangsung setiap saat secara kronologis di seluruh dunia.Setiap peristiwa yang telah terjadi dapat dikategorian dalam peristiwa sejarah.Sehingga yang dimaksud sejarah sebagai peristiwa adalah peristiwa atau kejadian yang telah terjadi, yang hanya sekali terjadi dan tidak mungkin diulangi lagi.

2. Sejarah ditinjau sebagai kisah

Sejarah sebagai kisah adalah cerita atau kisah tentang suatu peristiwa yang telah terjadi.Beberapa peristiwa yang telah berlalu ternyata memiliki kesan yang mendalam, sehingga berusaha untuk diungkapkan kembali dalam bentuk cerita atau kisah.Peristiwa-peristiwa yang telah terjadi meninggalkan jejak-jejak yang dapat dijadikan sumber untuk penelusuran kembali tentang bagaimana sesungguhnya peristiwa itu terjadi. Ada prosedur dan proses tertentu yang disebut metode sejarah yang harus dilalui dalam penyusunan kembali ( rekonstruksi ) sesuatu peristiwa sejarah sehingga kisah yang dihasilkan obyektif dan mendekati peristiwa yang sebenarnya.

3. Sejarah ditinjau sebagai ilmu

Sejarah sebagai ilmu artinya sejarah ditempatkan sebagai pengetahuan tentang masa lampau yang disun secara sistematis dan memiliki metode pengkajian ilmiah untuk mendapatkan kebenaran.

Sejarah bisa dikatakan sebagai ilmu karena memenuhi syarat-syarat keilmuan, yaitu

a. Ada masalah yang menjadi obyek

Dalam sejarah, yang menjaadi obyek kajian adalah kejadian-kejadian yang dialami manusia, di dalamnya terkandung hubungan sebab- akibat.

b. Terdapat suatu metode

Metode yang digunakan dalam sejarah adalah sejumlah langkah ilmiah untuk menguji kebenaran bukti-bukti sejarah / sumber-sumber sejarah

c. Tersusun secara sistematis

Untuk memenuhi standar keilmuan, maka cerita sejarah disusun secara sistematis dan kronologis berdasarkan urutan waktu kejadian.

d. Berdasarkan pemikiran yang rasional

Semua bukti dan sumber sejarah harus dikaji, diteliti dan dianalisis secara rasional / ilmiah dengan bantuan ilmui-ilmu yang mendukung.

e. Kebenaran yang obektif

Obyektivitas cerita sejarah dapat dilakukan dengan mengkaji dan menyusun cerita sesuai dengan kejadian yang ada, realitas sesuai fakta

4. Sejarah ditinjau sebagai seni

Dikatakan sejarah sebagai seni karena untuk menyusun cerita sejarah tidaklah mudah, perlu adanya kekuatan intuisi, imajinasi, emosi dan gaya bahasa dari sejarawan

a. Intuisi

Sejarawan dalam melakukan pengkajian mesti didukung oleh instink, ilham meskipun tidak terlepas dari data secara obyektif.

b. Imajinasi

Sejarawan perlu memiliki daya imajinasi yang diperlukan dalam menggambarkan peristiwa atau kejadian secara kompleks dan hidup, tetapi tetap bersandar pada obyektivitas.

c. Emosi

Sejarawan harus mampu menggamparkan suatu peristiswa-kejadian dengan hidup dan menarik, sehingga sejarawan harus melibatkan emosi / rasa dalam menyusun cerita seolah dirinya mengalami sendiri, tetapi tetap berpegang teguh pada obyektivitas

d. gaya bahasa

Gaya bahasa dalam penulisan sejarah diperlukan, tetapi bukan berarti bahwa karya sejarah itu bahasanya berbelit-belit atau berbunga-bunga, melainkan tetap lugas dan sistematis tetapi menarik untuk dibaca.

  1. Arti kata dari Syajarotun adalah?

Jawab :Syajarotun adalah kata sejarah yang berasal dari Bahasa Arab,yang berarti pohon.

Alasan :Karena,dalam pengertiannya pohon ini merupakan sebuah symbol kehidupan.Di dalam pohon terdapat bagian-bagian seperti batang,ranting daun,akar dan buah.Bagian bagian itu memilki hubungan yang saling terkait membentuk pohon tersebut menjadi hidup.Ada dinamika yang terjadi secara aktif.Dinamika ini tterus menerus terjadi beriringan dengan waktu dan ruang dimana kehidupan ini terjadi.

Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa kata pohon dalam konteks mengacu pada silsilah keturunan yang memiliki banyak cabang.Dalam hal ini sejarah mengacu pada masalah asal -usul kehidupan seseorang dan menunjukkan danya suatu perkembangan dan pertumbuhan.

5. Apakah yang dimaksud dengan History ?

Jawab : History adalah kata yang berasal dari bahasa Inggris yang dalam bahasa Indonesia berarti sejarah .

Alasan :Istilah History masuk dalam bahasa Inggris pada tahun 1390 dengan makna “hubungan kejadian, cerita”. Pada Bahasa Inggris Pertengahan, artinya adalah “cerita” secara umum. Pembatasan terhadap arti “catatan peristiwa masa lalu” muncul pada akhir abad ke-15. Saat itu masih dalam arti Yunani yang pada saat itu juga Francis Bacon menggunakan istilah tersebut pada akhir abad ke-16, ketika ia menulis tentang “Sejarah Alam”. baginya, historia adalah “pengetahuan tentang objek yang ditentukan oleh ruang dan waktu”, sehingga jenis pengetahuan disediakan oleh Ingatan (sementara Ilmu disediakan oleh akal, dan puisi disediakan oleh fantasi).

  1. Apa arti kata Istoria?

Jawaban :Dalam bahasa Yunani, kata sejarah disebut Istoria yang berarti belajar. Ada juga yang menyebutkan bahwa arti kata Istoria adalah ilmu khusus untuk menelaah gejala-gejala dalam urutan kronologis.

Alasan :Jadi, sejarah adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari serta menelaah segala peristiwa, dan kejadian di masa lampau dalam kehidupan umat manusia berdasarkan urutan kronologisnya.

7. Apakah yang dimaksud dengan Hedonisme ?

Jawab : Hedonisme secara bahasa berarti kesenangan, dan secara istilah berarti pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan.

Alasan :Kata hedonisme diambil dari Bahasa Yunani hēdonismos dari akar kata  hēdonē, artinya “kesenangan”.Paham ini berusaha menjelaskan adalah baik apa yang memuaskan keinginan manusia dan apa yang meningkatkan kuantitas kesenangan itu sendiri.

Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Hedonisme merupakan ajaran atau pandangan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup dan tindakan manusia.Terdapat tiga sekolah pemikiran dalam hedonis yakni Cyrenaics, Epikureanisme, dan Utilitarianisme.

  1. Pengertian dari Totenisme ?

Jawab :Totemisme merupakan paham/kepercayaan terhadap roh berwujud binatang yang melindungi seseorang tertentu atau masyarakat disuatu daerah di mana jenis binatang tertentu dianggap dekat hubungannya dengan suatu golongan atau suku bangsa tertentu.

Alasan : Istilah totemisme berasal dari bahasa Ojibwa (suku Algonkin dari Amerika Utara), ditulis secara beragam totem, tatam, dodaim.Hal ini dapat dilukiskan sebagai suatu sistem kepercayaan dan praktik yang mewujudkan gagasan tertentu dari suatu hubungan mistik atau ritual antara anggota-anggota kelompok sosial dan suatu jenis binatang atau tumbuhan.

  1. Pengertian dari Dinamisme ?

Jawab :Istilah dinamisme berasal dari kata dinamo artinya kekuatan. Dinamisme adalah paham/ kepercayaan bahwa pada benda-benda tertentu baik benda hidup atau mati bahkan juga benda-benda ciptaan (seperti tombak dan keris) mempunyai kekuatan gaib dan dianggap bersifat suci.

Alasan :Masyarakat kuno menganggap bahwa benda-benda tertentu merupakan tempat tinggal roh-roh gaib.

  1. Pengertian Polytheisme?

Jawaban :Politeisme adalah bentuk kepercayaan yang mengakui adanya lebih dari satu Tuhan, yaitu peyembahan terhadap makhluk-makhluk gaib yang punya nama dan bertugas mengatur jalannya alam ini, yaitu para dewa.

Alasan :

  1. Secara harfiah Politeisme barasal dari bahasa Yunani πολύ poly yang berarti banyak and θεός theos yang berarti Tuhan.
  2. Politeisme merupakan kepercayaan yang dianut dari zaman kuno, contohnya adalah mitologi Yunani/Roma.
  3. Politeisme merupakan agama atau keyakinan masa lampau sebelum 6SM
  4. Merupakan pandangan teistik paling dominan dalam sejarah, contohnya agama Hindu.
  5. Lawan dari paham ini adalah monoteisme, atau kepercayaan yang hanya mengakui satu Tuhan.
  6. Apakah Arti dari Animisme ?

Jawab : Animisme adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaan agama yang mula-mula muncul di kalangan manusiaprimitif.

Alasan : Kepercayaan animisme (dari bahasa Latinanima atau “roh”) adalah kepercayaan kepada makhluk halus dan roh merupakan asas kepercayaan agama yang mula-mula muncul di kalangan manusiaprimitif. Kepercayaan animisme mempercayai bahwa setiap benda di Bumi ini, (seperti kawasan tertentu, gua, pohon atau batu besar), mempunyai jiwa yang mesti dihormati agar semangat tersebut tidak mengganggu manusia, malah membantu mereka dari semangat dan roh jahat dan juga dalam kehidupan seharian mereka.

12. Pengucapansumpahpemuda?

Jawaban : Kami putradanputri Indonesia mengakubertumpahdarah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putradanputri Indonesia mengakuberbangsa yang satu, bangsa Indonesia

Kami putradanputri Indonesia menjunjungtinggibahasapersatuan, bahasa Indonesia

13. Pada masa pemerintahan Sultan Agung di Matarm Islam,telah berhasil memadukan tahun saka (kalender Hindu) dengan tahun Hijriah(Kalender Islam).Hingga sekarang Kalender tersebut masih ada dan sering digunakan oleh sebagian masyarakat Indonesia.kalender ini sering di sebut dengan…

Jawab : Kalender Jawa atau Kalender Jawa Islam.

Alasan :Sultan Agung menaruh perhatian besar pada kebudayaan Mataram. Ia memadukan Kalender Hijriyah yang dipakai di pesisir utara dengan Kalender Saka yang masih dipakai di pedalaman. Hasilnya adalah terciptanya Kalender Jawa Islam sebagai upaya pemersatuan rakyat Mataram.Selain itu Sultan Agung juga dikenal sebagai penulis naskah berbau mistik, berjudul Sastra Gending.

14. Kedatangan bangsa eropa tersebut secara politis di pengaruhi oleh …

Jawaban : Karena di pengaruhi adanya merkantilisme

Alasan : Merkantilisme adalah pandangan hidup dimana standar kesejahteraan diukur dari kekayaan (emas) yang dimiliki, dengan itu dia menggunakan segala cara untuk mencapai tujuan tersebut. Dan paham inilah yang dianut negara-negara Eropa ketika itu, yang menjadikannya sebagai kebijakan politik.Karena itu negara Eropa mulai melakukan observasi daerah jajahan, dan salah satunya tujuannya adalah Indonesia.

15. Perserikatandagang yang disebut VOC

Jawab:

Sejarah VOC di Indonesia

Latar belakang dibentuknya VOC

http://2.bp.blogspot.com/-8Kjjsyi2KHE/UukfYZk6XUI/AAAAAAAAD_Y/pGahk8G541A/s1600/VOC-dutch-india.jpg

Keinginan Belanda untuk melakukan monopoli dibidang perdagangan dikawasan Nusantara, ternyata tidak hanya merupakan keingan Belanda sendiri, tetapi juga negara lainnya, seperti Inggris. Bahkan Inggris telah mendahului langkah VOC dengan membentuk sebuah perserikatan dagang untuk kawasan Asia di tahun 1600 yang diberi nama EIC (East India Company), yang mana telah menimbulkan kekawatiran dikalangan para pedagang Belanda sehingga persaingan yang tadinya ada diantara mereka sendiri berubah menjadi kesepakatan untuk membentuk sebuah badan dagang guna membendung EIC.

Untuk menghilangkan persaingan antar pedagang Bealnda dan untuk mengahdapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya, maka pada tanggal 20 Maret 1602, atas prakarsa Pangeran Maurits dan Olden Barneveld didirikan kongsi perdagangan bernama Verenigde Oost-Indische Compagnie-VOC (Perkumpulan Dagang India Timur). Penguruspusat VOC terdiri dari 17 orang. Pada tahun 1602 VOC membuka kantor pertamanya di Banten yang di kepalai oleh Francois Wittert.

Tujuan dibentuknya VOC

Adapun tujuan dari dibentunya VOC fdi Indonesia:

a.      Menghindari persaingan dagang tidak sehat diantara sesama pedang Belanda sehinggan keuntungan maksimal dapat diperoleh.

b.      Memperkuat posisi Belanda dalam menghadapi persaingan dagang dengan bangsa Eropa lainya.

c.       Membantu dana pemerintah Belanda yang sedang berjuang menghadapi Spayol yang masih menduduki Belanda.

Hak istimewa ( hak octroi ) VOC

Untuk menguasai perdagangan di Indonesia dan dapat melaksanakan tugasnya dengan leluasa , maka VOC diberikan hak-hak istimewa ( Hak Octroi ) dari pemerintah Belanda yang meliputi hal berikut :

a.    Hak monopoli perdagangan

b.    Hak mencetak dan mengedarkan uang

c.    Hak mengangkat dan memperhentikan pegawai

d.   Hak mengadakan perjanjian dengan raja-raja

e.    Hak memiliki tentara sendiri

f.     Hak mendirikan benteng

g.    Hak menyatakan perang dan damai

h.    Hak mengangkat dan memperhentikan penguasa-penguasa setempat.

Karena hak-hak yang dimiliki VOC ini, menyebabkan VOC berkembang pesat, bahkan Portugis mulai terdesak. Untuk mengusung kepentingan VOC diangkatlah gubnur jendral VOC yang pertama yaitu Pieter Both (1610-1614). Pada masa gubnur jendral J.PCoen menilai Jayakarta lebih strategis, pada tahun 1611 berhasil direbutnya dan diuabh namanya menjadi Batavia. Kota ini lalu dijadikan pusat kekuasaan VOC di Indonesia.

Politik Ekonomi VOC

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/7/78/VOC_house_Amsterdam.JPG/220px-VOC_house_Amsterdam.JPG Usaha VOC untuk mendapatkan untung yang sebesar-besarnya adalah melalui monopoli perdagangan. Untuk itu VOC menerapakan beberapa aturan dalam melaksanakan monopoli perdagangan antara lain :

1.    Verplichhte Leverantie

Verplichhte Leverantie yaitu penyerahan wajib hasil bumi dengan harga yang telah ditetapkan oleh VOC. Peraturan ini melarang rakyat untuk menjual hasil bumi kepada pedagang lain selain VOC.

2.    Contingenten

Contingenten yaitu kewajiban bagi rakyat untuk membayar pajak berupa hasil bumi.

3.    Ektripasi

Ektripasi yaitu hak VOC untuk menebang tanaman rempah-rempah agar tidak terjadi kelebihan produksi yang dapat menyebabkan harga merosot.

4.    Pelayaran Hongi

Pelayaran Hongi yaitu pelayaran dengan menggunakan perahu kora-kora untuk mengawasi pelaksanaan perdagangan VOC dan menindak pelanggarnya

Sistem Birokrasi VOC

Untuk memerintah wilayah-wilayah di Indonesia, VOC mengangkat seorang gubernur jendral yang dibantu oleh empat orang anggota yang disebut Raad van Indie (dewan India). Dibawah gubernur jendral ada gubernur yang memimpin suatu daerah, serta dibawah gubernur ada residen yang dibantu oleh asisten residen. Beberapa gubernur jendral VOC yang duianggap berhasil mengembangkan usaha dagang dan kolonisasi di Indonesia:

a)      Jaan Pieterszoon Coen ( 1619-1629 )

b)      Antonio van Diemen ( 1636-1645 )

c)      Joan Maetsycker ( 1653-1678 )

d)     Cornelis Speelman ( 1681-1684 )

Dalam melaksanakan sistem pemerintahan VOC menerapkan sistem pemerintahan tidak langsung dengan memanfaatkan sistem feodalisme yang sudah berkembang di Indonesia

16. Ternate dan Tidore adalah dua kesultanan yang menjadi incaran dunia untuk dikuasai melalui perjanjian Thordesillas antara Spanyol dan Portugis untuk mengarungi samudera, akhirnya bertemu di Ternate dan Tidore. Belanda pun akhirnya juga ikut bersaing untuk memperebutkan wilayah ini. Alasan yang paling utama adalah

Jawaban : Kekalahan demi kekalahan yang diderita memaksa Ternate meminta bantuan Belanda pada tahun 1603. Ternate akhirnya berhasil menahan Spanyol namun dengan imbalan yang amat mahal.Belanda akhirnya secara perlahan-lahan menguasai Ternate. Pada tanggal 26 Juni 1607 Sultan Ternate menandatangani kontrak monopoli VOC di Maluku sebagai imbalan bantuan Belanda melawan Spanyol

Alasan :

  • Sepeninggal Sultan Baabullah, Ternate mulai melemah, Kerajaan Spanyol yang telah bersatu dengan Portugal pada tahun 1580 mencoba menguasai kembali Maluku dengan menyerang Ternate. Dengan kekuatan baru Spanyol memperkuat kedudukannya di Filipina, Ternate pun menjalin aliansi dengan Mindanao untuk menghalau Spanyol namun gagal, bahkan Sultan Said Barakati berhasil ditawan Spanyol dan dibuang ke Manila. Kekalahan demi kekalahan yang diderita memaksa Ternate meminta bantuan Belanda pada tahun 1603. Ternate akhirnya berhasil menahan Spanyol namun dengan imbalan yang amat mahal. Belanda akhirnya secara perlahan-lahan menguasai Ternate. Pada tanggal 26 Juni 1607 Sultan Ternate menandatangani kontrak monopoli VOC di Maluku sebagai imbalan bantuan Belanda melawan Spanyol. Pada tahun 1607 pula Belanda membangun benteng Oranje di Ternate yang merupakan benteng pertama mereka di nusantara. Sejak awal hubungan yang tidak sehat dan tidak seimbang antara Belanda dan Ternate menimbulkan ketidakpuasan para penguasa dan bangsawan Ternate. Diantaranya adalah Pangeran Hidayat (15??-1624), raja muda Ambon yang juga merupakan mantan wali raja Ternate ini memimpin oposisi yang menentang kedudukan sultan dan Belanda. Ia mengabaikan perjanjian monopoli dagang Belanda dengan menjual rempah–rempah kepada pedagang Jawa dan Makassar.
  • penghasil rempah-rempah terbesar sehingga dijuluki sebagai “The Spicy Island”. Rempah-rempah menjadi komoditas utama dalam dunia perdagangan pada saat itu, sehingga setiap pedagang maupun bangsa-bangsa yang datang dan bertujuan ke sana

17. Sebab khusus perang di diponegoro?

Jawaban : Yaitu Pangeran Diponegoro tersingkir dari elite kekuasaan , karena menolak berkompromi dengan pemerintah kolonial. Pangeran diponegoro memilih mengasingkan diri untuk memusatkan keagamaan. Pemerintah kolonial melakukan provokasi dengan membuat jalan yang menerobos makam leluhur pangeran diponegoro

18. Pemerintah kolonial Belanda di bawah Gubernur Jendral Van Den Bosch adalah :

Sistem Tanam Paksa, adalah peraturan yang dikeluarkan oleh Gubernur JenderalJohannes van den Bosch pada tahun 1830 yang mewajibkan setiap desa menyisihkan sebagian tanahnya (20%) untuk ditanami komoditi ekspor, khususnya kopi, tebu, dan tarum (nila). Hasil tanaman ini akan dijual kepada pemerintah kolonial dengan harga yang sudah dipastikan dan hasil panen diserahkan kepada pemerintah kolonial. Penduduk desa yang tidak memiliki tanah harus bekerja 75 hari dalam setahun (20%) pada kebun-kebun milik pemerintah yang menjadi semacam pajak.

Pada praktiknya peraturan itu dapat dikatakan tidak berarti karena seluruh wilayah pertanian wajib ditanami tanaman laku ekspor dan hasilnya diserahkan kepada pemerintahan Belanda. Wilayah yang digunakan untuk praktik cultuurstelstel pun tetap dikenakan pajak. Warga yang tidak memiliki lahan pertanian wajib bekerja selama setahun penuh di lahan pertanian.

Tanam paksa adalah era paling eksploitatif dalam praktik ekonomi Hindia Belanda. Sistem tanam paksa ini jauh lebih keras dan kejam dibanding sistem monopoli VOC karena ada sasaran pemasukan penerimaan negara yang sangat dibutuhkan pemerintah. Petani yang pada zaman VOC wajib menjual komoditi tertentu pada VOC, kini harus menanam tanaman tertentu dan sekaligus menjualnya dengan harga yang ditetapkan kepada pemerintah. Aset tanam paksa inilah yang memberikan sumbangan besar bagi modal pada zaman keemasan kolonialis liberal Hindia Belanda pada 1835 hingga 1940.

Akibat sistem yang memakmurkan dan menyejahterakan negeri Belanda ini, Van den Bosch selaku penggagas dianugerahi gelar Graaf oleh raja Belanda, pada 25 Desember1839.

19. Masa ekonomi liberal, banyak penguasa swasta asing (Belanda) yang membuka perkebunan di Indonesia, pemerintah membangun irigasi dan transportasi bagi para penguasaha swasta asing. Salah satu dampak sosial dari keadaan ini adalah..

Jawaban : Kemerosotan tingkat kesejahteraan penduduk. Adanya krisis perkebunan.Menurunnya konsumsi bahan makanan.Menurunnya usaha kerajinan rakyat.Pengangkutan dengan gerobak.Rakyat menderita karena masih menerapkan kerja rodi.

Alasan : Karena pemerintahan colonial pada masa itu memandang sebelah mata bangsa pribumi dan mementingkan kepentingan politiknya

20. Pemerintah kolonial mendirikan lembaga-lembaga pendidikan hanya bisa dinikmati anak-anak pegawai pemerintah Belanda dan anak-anak bangsawan, dengan tujuan..

Jawaban :Tujuan pendidikan masa Hindia Belanda adalah memenuhi kebutuhan tenaga kerja dan buruh bagi Belanda.

21. Kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi tidak disia-siakan oleh pribumi, baik dikalangan anak bangsawan, maupun anak pegawai pemerintah Belanda. Mereka muncul sebagai golongan terpelajar yang kelak menjadi perintis berkembangnya nasionalisme di Indonesia. Dengan pendidikan diharapkan mereka dapat menduduki jabatan yang lebih terhormat, sehingga jumlah pelajar Indonesia jumlahnya semkain banyak sebab pendidikan..

Jawaban :Adalah salah satu jalan agar rakyat pribumi mendapat pendidikan yang layak dan menjadikan mereka lebih terpelajar dan tinggi derajatnya dan memperjuangkan Indonesia.

22. Sebelum abad ke-20 anak perjuangan bangsa Indonesia melawan kekuatan asing besifat konfrontatif sehingga sering mengalami kegagalan. Oleh karena itu, di era pergerakan nasional telah menggunakan paradigma baru dalam perjuangan melawan kekuatan asing. Salah satu contohnya adalah..

Jawaban : Membentuk berbagai organisasi, dan menjadikan organisasi tersebut sebagai alat untuk mempersatukan bangsa dan memperjuangkan kemerdekaan Indonesia

23. Syarikat Islam menerapkan disiplin partai, karena…

Jawaban : Karena adanya perpecahan dalam tubuh Sarekat Islam sehingg menerapkan displin partai yang artinya untuk melarang keanggotaan rangkap, sehingga satu anggota hanyalah anggota dari salah satu pecahan SI.

24. Kebenaran Ir. Soekarno mengkritik pemerintah kolonial Belanda telah menyeretnya ke dalam. Judul pidato pembelaannya di pengadilan ini adalah…

Jawaban : Indonesia Menggugat

25. Lembaga pendidikan yang dinamakan..

Jawaban : Sekolah

26. Hatta menjadi pemimpin organisasi tersebut. Namun kemudian organisasi dibubarkan pemerintah Jepang, sebab…

Jawaban : Tidak mengguntungkan Jepang

27. Perlawanan rakyat pada masa pendudukan Jepang pada umumnya berasal dari golongan ulama selain mereka tidak tahan melihat penderitaan rakyat, mereka menolak melakukan hal yang dianggap melanggar aqidah yaitu

Jawaban : Penjajah Jepang berbuat hal semena-mena pada Indonesia dan sudah jelas menentang HAM. Aqidah sendiri mempunyai arti yakni keykinan hati (menurut istilah aqidah merupakan hal-hal yang yang wajib dibenarkan ole hati dan jiwa) dan sebagai manusia hal-hal yang baiklah yang dianggap benar. Oleh karena itu perilaku penjajah Jepang pada Indonesia dianggap menentang aqidah hingga banyak ulama yang menentang Jepang, berikut hal-hal melanggar aqidah yang dilakukan Jepang:

  1. Menyelenggarakan kerja paksa (Romusha).

Rakyat dipaksabekerja tanpa diberi upah sehingga banyak yang mati dan kelaparan.

  1. Menyelenggarakan tanam paksa.

Petani dipaksa menanam tanaman yang ditentukan oleh Jepang dan hasil panennya harus dijual pada Jepang dengan harga yang murah.

  1. Memonopoli perdagangan

Penjajah memksa petani agar menjual hasil pertanian dengan harga yang murah. Sehingga banyak petani yang mengalami kerugian.

  1. Melakukan perbudakan

Memperjual belikan manusia dan diambil tenaganya tanpa diberi upah.

  1. Penyiksaan

Apabila ada rakyat yang melakukan kesalahan ataupun memberontak, penjajah tidak segan-segan untuk menyiksa rakyat Indonesia dengan cara beragam seperti dicambuk, eksekusi (hukum mati), dan juga diasingkan ke daerah lain.

28. Pada tanggal 1 Maret dibentuk BPUPKI. Badan ini mengadakann sidang pertama pada tanggal 31 Mei – 1 Juni 1945.Apa hasilnya?

Jawaban : – Hasilnya merupakan Dasar Negara yaitu Pancasila. Setelah mendapat rumusan dari Moh.Yamin, Dr. Soepomo, dan Soekarno. Akhirnya yang disetujui dan disahkan serta berlaku sampai saat ini adalah :

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

Oleh karena itu pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai hari kesaktian pancasila

29. Dan sidang ke II ( 10 – 16 Juni 1945 )

Hasil :

  1. Dengan pemungutan suara, akhirnya ditentukan wilayah Indonesia merdeka yakni : wilayah Hindia Belanda dahulu, ditambah dengan Malaya, Borneo Utara, Papua, Timor-Portugis, dan pulau-pulau sekitarnya.
  2. Konsep proklamasi kemerdekaan rencananya akan disusun dengan mengambil tiga alenia pertama Piagam Jakarta.
  3.     Sedangkan konsep Undang-Undang Dasar hampir seluruhnya diambil dari alinea keempat Piagam Jakarta.

üRumusan kalimat

“… dengan berdasar kepada: ke-Tuhanan, dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya, menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat-kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan, dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”

üRumusan dengan penomoran

  1. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Isl bagi pemeluk-pemeluknya
  2. Menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat-kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. Dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
  6. Setelah tenggelam dalam proses penjajahan yang berkepanjangan, istilah Pancasiladiangkat lagi oleh Bung Karno dalam uraian pidatonya tanggal 1 Juni 1945 di mukasidang Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI)atau Dokuritzu Zyumbi Tyoosakai sebagai bahan dalam merumuskan Dasar NegaraIndonesia Merdeka, sehingga sering timbul anggapan bahwa tanggal 1 Junidipandang sebagai lahirnya Pancasila

Yang melatar belakangi sidang kedua BPUPKI adalah

  1. Penetapan Bentuk Negara dan Penyusunan Hukum Dasar Negara.
  2. Permintaan Kepada Pemerintah Jepang untuk selekas-lekasnyamengesahkan Hukum Dasar.
  3. Meminta kepada Pemerintah Jepang agar diadakan Badan Persiapanselekas mungkin yang tugasnya menyelenggarakan Negara IndonesiaMerdeka di atas hukum Dasar yang telah disusun
  4. Tentang pembentukan Tentara Kebangsaan dan Tentang Keuangan

Dalam sidang ini dibentuk panitia kecil yang terdiri dari 9 orang dan popular disebut dengan “panitia sembilan” yang anggotanya adalah sebagai berikut:

1.      Ir. Soekarno

2.      Wachid Hasyim

3.      Mr. Muh. Yami

4.      Mr. Maramis

5. Drs. Moh. Hatta

6.      Mr. Soebarjo

7.      Kyai Abdul Kahar Muzakir

8.      Abikoesmo Tjokrosoejoso

9.      Haji Agus Salim

Dalam rapat ini dibentuk :

1.      Panitia Perancang Undang-Undang Dasar beranggotakan 19 orang dengan ketua Ir. Soekarno

2.      Panitia Pembelaan Tanah Air dengan ketua Abikoesno Tjokrosoejoso

3.      Panitia Ekonomi dan Keuangan diketuai Mohamad Hatta.

Kejadian penting :

a.      Pada tanggal 11 Juli 1945 Panitia Perancang UUD membentuk lagi panitia kecil beranggotakan 7 orang yaitu:

1.      Prof. Dr. Mr. Soepomo (ketua merangkap anggota)

2.      Mr. Wongsonegoro

3.      Mr. Achmad Soebardjo

4.      Mr. A.A. Maramis

5.      Mr. R.P. Singgih

6.      H. Agus Salim

7.      Dr. Soekiman

b.      Pada tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut.

c.      Pada tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu:

1.      pernyataan Indonesia

2.      pembukaan UUD

3.      batang tubuh UUD

Perumusan Dasar Negara Indonesia untuk merumuskan UUD diawali dengan pembahasan mengenai dasar negara Indonesia Merdeka.

1.   Rumusan Mr. Muh. Yamin
Tokoh yang pertama kali mendapatkan kesempatan untuk penyampaian rumusan Dasar Negara Indonesia Merdeka adalah Mr Muh . Yamin mengemukakan lima” Ajas Dasar Negara Republik Indonesia ”sebagai berikut :

a.     Peri kebangsaan

b.     Peri kemusiaan

c.      Peri ke-Tuhanan

d.     Peri Kerakyataan

e.      Kesejahteraan rakyat

2.   Rumusan prof. Dr .Mr. Soepomo
Pada tanggal 31 mei 1945 Prof. Dr.Mr Soepomo mengajukan Dasar Negara Indonesia Merdeka yaitu sebagai berikut :

a.     Persatuan

b.     Kekeluargaan

c.      Keseimbangan

d.     Musyawarah

e.      Keadilan social

3.   Rumusan Ir. Soekarno

Selanjutnya ,sidang memilih nama pancasila sebagai nama dasar Negara. Lima dasar negara yang diusulkan oleh Ir Soekarno adalah sebagai berikut:

a.     Kebangsaan Indonesia

b.     Internasionalisme atau Perikemanusiaan

c.      Mufakat atau demokrasi

d.     Kesejahteraan social

e.      Ketuhanan Yang Maha Esa

30. Perbedaan pandangan ini akhirnya golongan pemuda melakukan penculikan terhadap golongan tua dan dibawa ke Rengasdengklok dengan tujuan….

Jawaban :

Menghadapi penolakan golongan tua tersebut, maka pada tanggal 16 Agustus 1945, para pemuda menculik Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta kemudian membawanya ke Rengasdengklok.Tujuan golongan muda menculik keduanya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang dan untuk mendesak keduanya supaya segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia terlepas dari segala ikatan dengan Jepang.

31. Panglima Nica menolak mata uang Nica untuk menggantikan mata uang penduduk Belanda, maka pemerintah Indonesia bertindak tegas dengan menyatakan mata uang tersebut tidak laku, dan yang dilakukan pemerintah RI adalah kebijakan perekonomian Ali Baba yang bertujuan…

Jawaban :

  • 1. Untuk memajukan pengusaha pribumi
  • 2. Agar pengusaha pribumi berkerjasama memajukan ekonomi nasional
  • 3. Pertumbuhan dan perkembangan pengusaha swasta nasional pribumi dalam rangka merombak ekonomi kolonial menjadi ekonomi nasional
  • 4. Memajukan ekonomi Indonesia perlu adanya kerjasama antara pengusaha pribumi dan non-pribumi

32. Isi Perjanjian Roem – royen

Jawab :

Isi Perjanjian Roem Royen – Akhirnya titik terang dalam sengketa penyelesaian konflik antara pihak Indonesia-Belanda terlihat. Hal ini dikarenakan kedua belah pihak bersedia untuk maju ke meja perundingan.Keberhasilan membawa masalah Indonesia-Belanda ke meja perundingan tidak terlepas dari inisiatif komisi PBB untuk Indonesia.Pada tanggal April 4 April 1949 dilaksanakan perundingan di Jakarta di bawah pimpinan Merle Cochran, anggota komisi dari Amerika serikat.Delegasi Republik Indonesia dipimpin oleh Mr. Mohammad Roem.

dalam perundingan Roem Royen, pihak Republik Indonesia tetap berpendirian bahwa pengembalian pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta merupakan kunci pembuka untuk perundingan selanjutnya. Sebaliknya, pihak Belanda menuntut penghentian perang gerilya oleh Republik Indonesia. Akhirnya, pada tanggal 7 Mei 1949 berhasil dicapai persetujuan antara pihak Belanda dengan pihak Indonesia. Kemudian disepakati kesanggupan kedua belah pihak untuk melaksanakan Resolusi Dewan Keamanan PBB tertanggal 28 Januari 1949 dan persetujuan pada tanggal 23 Maret 1949. Pernyataan pemerintah Republik Indonesia dibacakan oleh Ketua Delegasi Indonesia Mr. Mohammad Roem yang berisi antara lain sebagai berikut.

Pemerintah Republik Indonesia akan mengeluarkan perintah penghentian perang gerilya.

Kedua belah pihak bekerja sama dalam hai mengembalikan perdamaian dan menjaga keamanan serta ketertiban.

Belanda turut serta dalam Konferensi Meja Bundar (KMB) yang bertujuan mempercepat penyerahan kedaulatan lengkap dan tidak bersyarat kepada negara Republik Indonesia Serikat.

Pernyataan Delegasi Belanda dibacakan oleh Dr. J.H. van Royen, yang berisi antara lain sebagai berikut.

Pemerintah Belanda menyetujui bahwa pemerintah Republik Indonesia harus bebas dan leluasa melakukan kewajiban dalam satu daerah yang meliputi Karesidenan Yogyakarta.

Pemerintah Belanda membebaskan secara tidak bersyarat para pemimpin Republik Indonesia dan tahanan politik yang ditawan sejak tanggal 19 Desember 1948.

Pemerintah Belanda menyetujui bahwa Republik Indo-nesia akan menjadi bagian dari Republik Indonesia Serikat (RIS).

Konferensi Meja Bundar (KMB) akan diadakan secepatnya di Den Haag sesudah pemerintah Republik Indonesia kembali ke Yogyakarta.

Dampak Perjanjian Roem Royen

Dengan tercapainya kesepakatan dalam Perjanjian Roem-Royen maka Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) di Sumatra memerintahkan Sri Sultan Hamengku Buwono IX untuk mengambil alih pemerintahan di Yogyakarta dari tangan Belanda. Sementara itu, pihak TNI dengan penuh kecurigaan menyambut hasil persetujuan itu. Namun, Panglima Besar Jenderal Sudirman memperingatkan seluruh komando di bawahnya agar tidak memikirkan masalah-masalah perundingan.

Untuk mempertegas amanat Jenderal Sudirman itu, Panglima Tentara dan Teritorium Jawa Kolonel A.H. Nasution memerintahkan agar para komandan lapangan dapat membedakan gencatan senjata untuk kepentingan politik atau kepentingan militer. Pada umumnya kalangan TNI tidak mempercayai sepenuhnya hasil-hasil perundingan, karena selalu merugikan perjuangan bangsa Indonesia. Pada tanggal 22 Juni 1949 diadakan perundingan segitiga antara Republik Indonesia, Bijeenkomst voor Federaal Overleg (BFO), dan Belanda di bawah pengawasan Komisi PBB yang dipimpin oleh Christchley. Perundingan itu menghasilkan tiga keputusan, yaitu sebagai berikut.

Pengembalian pemerintahan Republik Indonesia ke Yogyakarta akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 1949.

Perintah penghentian perang gerilya akan diberikan setelah pemerintahan Republik Indonesia berada di Yogyakarta pada tanggal 1 Juli 1949.

Konferensi Meja Bundar (KMB) akan dilaksanakan di Den Haag.

Pasca Perjanjian Roem Royen

Setelah tercapainya perundingan Roem Royen, pada tanggal 1 Juli 1949 pemerintah Republik Indonesia secara resmi kembali ke Yogyakarta. Selanjutnya, disusul dengan kedatangan para pemimpin Republik Indonesia dari medan gerilya. Panglima Besar Jenderal Sudirman tiba kembali di Yogyakarta tanggal 10 Juli 1949. Setelah pemerintahan Republik Indonesia kembali ke Yogyakarta, pada tanggal 13 Juli 1949 diselenggarakan siding cabinet. Dalam siding tersebut Syafruddin Prawiranegara mengembalikan mandate kepada wakil presiden Moh Hatta. Dalam siding tersebut juga diputuskan Sri Sultan Hamengku Buwono IX diangkat menjadi menteri pertahanan merangkap koordinator keamanan.

33. Isi dari perundingan malino

Jawaban :

  1. Persatuan Indonesia (adalah kesamaan dalam segala hal,baik dari segi struktural,hak,Kewajiban,dan lainnya)
  2. Negara yang akan dibentuk berbentuk Federasi
  3. Hubungan antara Indonesia dan Belanda atas dasar Kerelaan dan Persamaan
  4. Self Determinasi (Penentuan Nasib sendiri) untuk seluruh wilayah teritorial.

  Kesepakatan Perjanjian Linggarjati tanggal 25 Maret 1947 :
Membentuk Negara Demokrasi yang berdaulat penuh Berdasarkan Negara Serikat Diantaranya terdapat beberapa pasal yaitu :
Pasal 3 : Negara RIS terdiri dari seluruh bekas Hindia belanda,dengan ketentuan bila ada daerah  memutuskan secara demokratis untuk tidak bergabung dengan RIS maka daerah tersebut bisa menjalin hubungan khusus dengan RIS maupun dengan Kerajaan Belanda.
Pasal 4 : Komponen Besar Negara bagian akan terdiri dari : RI (Jawa,Madura,dan Sumatera),Borneo,NIT
Pasal 5 :
Butir 1   : UUD RIS akan disusun oleh Badan Perwakilan yang terdiri dari wakil RI,Borneo,dan NIT
Butir 2   : RI dan Negeri Belanda akan bertukar pendapat tentang cara partisipasi RI dan wilayah-wilayah yang tdak berada dibawah Kekuasaan RI

34. Apakah isi dari perundingan renville ?

Jawaban :

Atas usulan KTN pada tanggal 8 Desember 1947 dilaksanakan perundingan antara Indonesia dan Belanada di atas kapal renville yang sedang berlabuh di Jakarta. Delegasi Indonesia terdiri atas perdana menteri Amir Syarifudin, Ali Sastroamijoyo, Dr. Tjoa Sik Len, Moh.Roem, Haji Agus Salim, Narsun dan Ir. Juanda.Delegasi Belanda terdiri dari Abdulkadir Widjojoatmojo, Jhr. Van Vredeburgh, Dr. Soumukil, Pangran Kartanagara dan Zulkarnain.Ternyata wakil-wakil Belanda hampir semua berasala dari bangsa Indonesia sendiri yang pro Belanda.Dengan demikian Belanda tetap melakukan politik adu domba agar Indonesia mudah dikuasainya. Setelah selesai perdebatan dari tanggal 8 Desember 1947 sampai dengan 17 Januari 1948 maka diperoleh hasil persetujuan damai yang disebut Perjanjian Renville. Pokok-poko isi perjanjian Renville, antara lain sebagai berikut :

  1. Belanda tetap berdaulat atas seluruh wilayah Indonesia samapi kedaulatan Indonesia diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat yang segera terbentuk.
  2. Republik Indonesia Serikat mempunyai kedudukan yang sejajar dengan negara Belanda dalam uni Indonesia-Belanda.
  3. Republik Indonesia akan menjadi negara bagian dari RIS
  4. Sebelum RIS terbentuk, Belanda dapat menyerahkan sebagain kekuasaannya kepada pemerintahan federal sementara.
  5. Pasukan republic Indonesia yang berda di derah kantong haruns ditarik ke daerah Republik Indonesia. Daerah kantong adalah daerah yang berada di belakang Garis Van Mook, yakni garis yang menghubungkan dua derah terdepan yang diduduki Belanda.

Perjanjian Renville ditandatangani kedua belah pihak pada tanggal 17 Januari 1948.adapun kerugian yang diderita Indonesia dengan penandatanganan perjanjian Renville adalah sebagai berikut :

  1. Indonesia terpaksa menyetujui dibentuknya negara Indonesia Serikat melalaui masa peralihan.
  2. Indonesia kehilangan sebagaian daerah kekuasaannya karena grais Van Mook terpaksa harus diakui sebagai daerah kekuasaan Belanda.
  3. Pihak republik Indonesia harus menarik seluruh pasukanya yang berda di derah kekuasaan Belanda dan kantong-kantong gerilya masuk ke daerah republic Indonesia.

Penandatanganan naskah perjanjian Renville menimbulkan akibat buruk bagi pemerinthan republik Indonesia, antra lain sebagai berikut:

  1. Wilayah Republik Indonesia menjadi makin sempit dan dikururung oleh daerah-daerah kekuasaan belanda.
  2. Timbulnya reaksi kekerasan dikalangan para pemimpin republic Indonesia yang mengakibatkan jatuhnya cabinet Amir Syarifuddin karena dianggap menjual negara kepada Belanda.
  3. Perekonomian Indonesia diblokade secara ketata oleh Belanda
  4. Indonesia terpaksa harus menarik mundur kesatuan-kesatuan militernya dari daerah-daerah gerilya untuk kemudian hijrah ke wilayah Republik Indonesia yang berdekatan.
  5. Dalam usaha memecah belah Negara kesatuan republic Indonesia, Belanda membentuk negara-negara boneka, seperti; negara Borneo Barat, Negara Madura, Negara Sumatera Timur, dan Negara jawa Timut. Negara boneka tersebut tergabung dalam BFO (Bijeenkomstvoor Federal Overslag).

35. Linggarjati…

Jawaban :

Hasil perundingan linggarjati antara lain:

  1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatera dan Madura.
  2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari1949.
  3. Pihak Belanda dan Indonesia Sepakat membentuk negara RIS.
  4. Dalam bentuk RIS Indonesia harus tergabung dalam Commonwealth atau Persemakmuran Indonesia-Belanda dengan mahkota negeri Belanda sebagai kepala uni.

Nama :

36. Den Haag…

Konferensi secara resmi ditutup di gedung parlemen Belanda pada 2 November 1949.Kedaulatan diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat pada 27 December 1949.[11] Isi perjanjian konferensi adalah sebagai berikut:

Jawaban :

  1. Kerajaan belanda menyerahkan kedaulatan atas Indonesia yang sepenuhnya kepada Republik Indonesia Serikat dengan tidak bersayarat lagi dan tidak dapat dicabut, dank arena itu mengakui Republik Indonesia Serikat sebagai Negara yang merdeka dan berdaulat.
  2. Republik Indonesia Serikat menerima kedaulatan itu atas dasar ketentuan – ketentuan pada konstitusinya, rancangan konstitusi telah dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda
  3. Kedaulatan akan diserahkan selambat – lambatnya pada tanggal 30 Desember 1949
  1. Keradjaan Nederland menjerahkan kedaulatan atas Indonesia jang sepenuhnja kepada Republik Indonesia Serikat dengan tidak bersjarat lagi dan tidak dapat ditjabut, dan karena itu mengakui Republik Indonesia Serikat sebagai Negara yang merdeka dan berdaulat.
  2. Republik Indonesia Serikat menerima kedaulatan itu atas dasar ketentuan-ketentuan pada Konstitusinja; rantjangan konstitusi telah dipermaklumkan kepada Keradjaan Nederland.
  3. Kedaulatan akan diserahkan selambat-lambatnja pada tanggal 30 Desember 1949
—Rantjangan Piagam Penjerahan Kedaulatan.

Keterangan tambahan mengenai hasil tersebut adalah sebagai berikut:

  • Serahterima kedaulatan atas wilayah Hindia Belanda dari pemerintah kolonial Belanda kepada Republik Indonesia Serikat, kecuali Papua bagian barat. Indonesia ingin agar semua bekas daerah Hindia Belanda menjadi daerah Indonesia, sedangkan Belanda ingin menjadikan Papua bagian barat negara terpisah karena perbedaan etnis. Konferensi ditutup tanpa keputusan mengenai hal ini. Karena itu pasal 2 menyebutkan bahwa Papua bagian barat bukan bagian dari serah terima, dan bahwa masalah ini akan diselesaikan dalam waktu satu tahun.
  • Dibentuknya sebuah persekutuan Belanda-Indonesia, dengan pemimpin kerajaan Belanda sebagai kepala negara
  • Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat

37. Dalam usaha untuk menyelamatkan bangsa dan Negara dari jurang kehancuran. Presiden Sukarno pada hari minggu tanggal 5 juli 1959, dalam suatu acara resmi di istana merdeka mengeluarkan dekrit yang dikenal “Dekrit Presiden 5 Juli 1959”. Keluarnya dekrit ini antara lain disebabkan . . .

Jawaban : Kegagalan Badan Konstituante

Alasan : karena kegagalan Badan Konstituante untuk menetapkan UUD baru sebagai pengganti UUDS 1950. Badan Konstituante bersidang mulai 10 Nopember 1956 s.d. 1958 dan belum menghasilkan UUD yang baru karena banyaknya partai dalam parlemen yang saling berbeda pendapat. Undang-undang Dasar yang menjadi pelaksanaan pemerintahan negara belum berhasil dibuat sedangkan Undang-undang Dasar Sementara (UUDS 1950) dengan sistem pemerintahan demokrasi liberal dianggap tidak sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat Indonesia.

38. Presiden Soekarno mengeluarkan Maklumat (Dekrit). Adapun yang menjadi dasar hukum dari keluarnya kebijakan tersebut adalah…

Jawaban:

Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959

  1. Undang-undang dasar yang menjadi pelaksanaan pemerintahan negara belum berhasil dibuat sedangkan Undang-Undang Dasar Sementara (UUDS 1950) dengan sistem pemerintahan demokrasi liberal dianggap tidak sesuai dengan kondisi kehidupan masyarakat Indonesia.
  2. Kegagalan konstituante dalam menetapkan undang-undang dasar sehingga membawa Indonesia ke jurang kehancuran sebab Indonesia tidak mempunyai pijakan hukum yang mantap.
  3. Situasi poilitik yang kacau dan semakin memburuk.
  4. Terjadinya sejumlah pemberontakan di dalam negeri yang semakin bertambah gawat bahkan menjurus menuju gerakan separatisme.
  5. Konflik antar partai politik yang mengganggu stabilitas nasional.

Dasar Hukum Dekrit Presiden 5 Juli 1959

  1. Tidak ada dasar yuridisnya dalam UUDS 1950, maupun UUD 1945
  2. Dasarnya “STAATS NOOD RECHT” Subjektif, yaitu Hukum Darurat Ketatanegaraan
  3. Sallus Populi Sepreme Lexesto

STAATS NOOD RECHT ada dua, yaitu STAATS NOOD RECHT yang subjektif dan STAATS NOOD RECHT yang objektif.STAATS NOOD RECHT yang subjektif adalah suatu keadaan darurat dalam suatu negara sehingga memberikan kewenangan kepada penguasa untuk mengambil tindakan yang luar biasa bahkan tindakan tersebut boleh melanggar HAM dan UUD.STAATS NOOD RECHT objektif adalah suatu keadaan darurat dalam suatu negara sehingga memberikan kewenangan kepada penguasa untuk mengambil tindakan yang luar biasa sepanjang tindakan tersebut tidak melanggar HAM dan UUD.

39. Pemilu I 1995 tahap I ini turut mendukung rencana pemerintah mengeluarkan Dekrit Presiden. Namun ketika pelaksanaan Demokrasi Terpimpin lembaga ini dibubarkan oleh pemerintah, karena…

Jawaban : karena pada saat itu badan konstituante tidak dapat menetapkan Undang-undang baru sebagai pengganti UUDS

40. Wilayah Indonesia sejak awal merdeka belum ditentukan batas wilayah, sehingga pada masa kabinet parlementer, wilayah Indonesia adalah bekas jajahan Belanda, dan berdasarkan konsep Archipelago Principle harus menghubungkan pulau-pulau terluar yang disebut wilayah Negara Indonesia. Penentuan batas wilayah itu sering disebut dengan…

Jawab : Deklarasi Juanda.

Alasan : Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada tanggal 13 Desember1957 oleh Perdana Menteri Indonesia pada saat itu, Djuanda Kartawidjaja, adalah deklarasi yang menyatakan kepada dunia bahwa laut Indonesia adalah termasuk laut sekitar, di antara dan di dalam kepulauan Indonesia menjadi satu kesatuan wilayah NKRI.

Sebelum deklarasi Djuanda, wilayah negara Republik Indonesia mengacu pada Ordonansi Hindia Belanda 1939, yaitu Teritoriale Zeeën en Maritieme Kringen Ordonantie 1939 (TZMKO 1939). Dalam peraturan zaman Hindia Belanda ini, pulau-pulau di wilayah Nusantara dipisahkan oleh laut di sekelilingnya dan setiap pulau hanya mempunyai laut di sekeliling sejauh 3 mil dari garis pantai. Ini berarti kapal asing boleh dengan bebas melayari laut yang memisahkan pulau-pulau tersebut.

Deklarasi Djuanda menyatakan bahwa Indonesia menganut prinsip-prinsip negara kepulauan (Archipelagic State) yang pada saat itu mendapat pertentangan besar dari beberapa negara, sehingga laut-laut antarpulau pun merupakan wilayah Republik Indonesia dan bukan kawasan bebas. Deklarasi Djuanda selanjutnya diresmikan menjadi UU No.4/PRP/1960 tentang Perairan Indonesia. Akibatnya luas wilayah Republik Indonesia berganda 2,5 kali lipat dari 2.027.087 km² menjadi 5.193.250 km² dengan pengecualian Irian Jaya yang walaupun wilayah Indonesia tapi waktu itu belum diakui secara internasional.

41. Dewan Jenderal untuk mengimbangi kekuatan TNI – AD itu, kemudian PKI membentuk

Jawab :

PKI beralibi untuk mengimbangi Dewan Jenderal membentuk Dewan Revolusi yang dipimpin oleh DN Aidit dan untuk menghambat dan mendahului kegiatan Dewan Jenderal, maka Dewan Revolusi menculik para Jenderal yang tergabung dalam Dewan Jenderal yaitu Jenderal TNI A.H. Nasution yang pada saat itu menjabat sebagai Menko hankam Kasab, Jenderal TNI A. Yani yang menjabat sebagai Menpangad, Mayjen TNI MT Haryono, Mayjen TNI S. Parman, Mayjen TNI DI. Panjaitan, Mayjen TNI Suprapto, dan Brigjen TNI Sutojo Siswomiharjo. Penculikan tersebut dilakukan pada tanggal 1 Oktober 1965 pukul 04.00 WIB dengan komandan pasukan Letkol Untung menggunakan pasukan dari Cakrabirawa, Brigif Jaya, Batalyon 430, Batalyon 530 dan sukarelawan, penculikan kepada para jenderal berhasil, Jenderal Nasution dapat meloloskan diri tetapi ajudan beliau Letkol Czi Piere Tendean dan putri beliau Ade Irma Suryani menjadi korban. Setelah berhasil menculik para Jenderal dan dikubur di Lubang Buaya, Dewan Revolusi menyampaikan pidato lewat RRI tentang pembentukan Dewan Revolusi untuk pengabil alihan kekuasaan.

42. Setelah terjadi peristiwa Gerakan 30 September 1965 muncul gelombang demonstrasi secara besar-besaran dari berbagai elemen masyarakat. Gerakan ini dimotori kalangan mahasiswa, dan gerakan ini menyatakan diri sebagai parlemen jalanan. Adapun tuntutan yang diajukan pada pemerintah adalah…

Jawaban : Ketika gelombang demonstrasi menuntut pembubaran PKI semakin keras, pemerintah tidak segera mengambil tindakan. Keadaan negara Indonesia sudah sangat parah, baik dari segi ekonomi maupun politik.Harga barang naik sangat tinggi terutama Bahan bakar minyak (BBM).Oleh karenanya, pada tanggal 12 Januari1966, KAMI dan KAPPI memelopori kesatuan aksi yang tergabung dalam Front Pancasila mendatangi DPR-GR menuntut Tritura. Isi Tritura adalah:

  1. Pembubaran PKI beserta ormas-ormasnya
  2. Perombakan kabinet Dwikora
  3. Turunkan harga sembako

43. Organisasi-organisasi sosial politik yang pernah menjadi pemenang pemilu selama pemerintahan orde baru adalah….

Jawab : – Golkar, PPP, PDI

44. Perkembangan kapitalisme yang demikian sangat merugikan negara karena…

Jawab : – karena pada pelaksanaan sistem kapitalisme sering mengabaikan hak individu lainnya. Negara berkembang yang tergolong miskin akan tersingkir/ terksploitasi. Hal ini yang menjadi latar belakang terjadinya penjajahan di Indonesia karena saat itu bangsa Indonesia masih terlalu polos dan tidak menyadari rencana jahat negara asing.

45. Pembangunan ekonomi di sector pertanianpadamasaordebaru yang bersamaandenganrevolusihijau, dengan program intensifikasidanekstensifikasidigalakan di Indonesia dengantujuan …

Jawab :- Meningkatkanproduksipertanian yang dapatmengatasikekuranganpangan

– Ditemukanberbagaijenistanamandanbiji-bijian/varietasunggul

– Meningkatkankesejahteraanpetanikarenameningkatnyapendapatanpetani

46. Krisis Moneter pada masa orde Baru di tandai dengan…

Jawab : Tragedi Trisakti Dan Tragedi Smanggi

Alasan : Penyebab utama runtuhnya kekuasaan Orde Baru adalah adanya krisis moneter tahun 1997. Sejak tahun 1997 kondisi ekonomi Indonesia terus memburuk seiring dengan krisis keuangan yang melanda Asia. Keadaan terus memburuk. KKN semakin merajalela, sementara kemiskinan rakyat terus meningkat. Terjadinya ketimpangan sosial yang sangat mencolok menyebabkan munculnya kerusuhan sosial. Muncul demonstrasi yang digerakkan oleh mahasiswa. Tuntutan utama kaum demonstran adalah perbaikan ekonomi dan reformasi total.

Demonstrasi besar-besaran dilakukan di Jakarta pada tanggal 12 Mei 1998. Pada saat itu terjadi peristiwa Trisakti, yaitu me-ninggalnya empat mahasiswa Universitas Trisakti akibat bentrok dengan aparat keamanan. Empat mahasiswa tersebut adalah Elang Mulya Lesmana, Hery Hariyanto, Hendriawan, dan Hafidhin Royan. Keempat mahasiswa yang gugur tersebut kemudian diberi gelar sebagai “Pahlawan Reformasi”. Menanggapi aksi reformasi tersebut, Presiden Soeharto berjanji akan mereshuffle Kabinet Pembangunan VII menjadi Kabinet Reformasi. Selain itu juga akan membentuk Komite Reformasi yang bertugas menyelesaikan UU Pemilu, UU Kepartaian, UU Susduk MPR, DPR, dan DPRD, UU Antimonopoli, dan UU Antikorupsi. Dalam perkembangannya, Komite Reformasi belum bisa terbentuk karena 14 menteri menolak untuk diikutsertakan dalam Kabinet Reformasi. Adanya penolakan tersebut menyebabkan Presiden Soeharto mundur dari jabatannya.

47 Hasil kebudayaan zaman Megalitikum adalah . . .

Jawaban :

1. Menhir

Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan. Untuk mengetahui bentuk-bentuk menhir,

2. Punden Berundak-undak

Punden berundak-undak adalah bangunan dari batu yang bertingkat-tingkat dan fungsinya sebagai tempat pemujaan terhadap roh nenek moyang yang telah meninggal.
Bangunan tersebut dianggap sebagai bangunan yang suci, dan lokasi tempat penemuannya adalah Lebak Sibedug/Banten Selatan dan Lereng Bukit Hyang di Jawa Timur, sedangkan mengenai bentuk dari punden berundak dapat Anda amati gambar-gambar berikut ini.

3.Dolmen

Dolmen merupakan meja dari batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan saji-sajian untuk pemujaan.Adakalanya di bawah dolmen dipakai untuk meletakkan mayat, agar mayat tersebut tidak dapat dimakan oleh binatang buas maka kaki mejanya diperbanyak sampai mayat tertutup rapat oleh batu.
Dengan demikian dolmen yang berfungsi sebagai tempat menyimpan mayat disebut dengan kuburan batu.Lokasi penemuan dolmen antara lain Cupari Kuningan / Jawa Barat, Bondowoso / Jawa Timur, Merawan, Jember / Jatim, Pasemah / Sumatera, dan NTT.

4.Sarkofagus

Sarkofagus adalah keranda batu atau peti mayat yang terbuat dari batu.Bentuknya menyerupai lesung dari batu utuh yang diberi tutup.Dari Sarkofagus yang ditemukan umumnya di dalamnya terdapat mayat dan bekal kubur berupa periuk, kapak persegi, perhiasan dan benda-benda dari perunggu serta besi.
Daerah tempat ditemukannya sarkofagus adalah Bali.Menurut masyarakat Bali Sarkofagus memiliki kekuatan magis/gaib.Berdasarkan pendapat para ahli bahwa sarkofagus dikenal masyarakat Bali sejak zaman logam.

5.Peti kubur

Peti kubur adalah peti mayat yang terbuat dari batu-batu besar.Kubur batu dibuat dari lempengan/papan batu yang disusun persegi empat berbentuk peti mayat yang dilengkapi dengan alas dan bidang atasnya juga berasal dari papan batu.

.

6.Arca batu

Arca/patung-patung dari batu yang berbentuk binatang atau manusia.Bentuk binatang yang digambarkan adalah gajah, kerbau, harimau dan moyet.Sedangkan bentuk arca manusia yang ditemukan bersifat dinamis.Maksudnya, wujudnya manusia dengan penampilan yang dinamis seperti arca batu gajah.
Arca batu gajah adalah patung besar dengan gambaran seseorang yang sedang menunggang binatang yang diburu.Arca tersebut ditemukan di daerah Pasemah (Sumatera Selatan). Daerah-daerah lain sebagai tempat penemuan arca batu antara lain Lampung, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

7.Waruga

Waruga adalah peti kubur peninggalan budaya Minahasa pada zaman megalitikum. Didalam peti pubur batu ini akan ditemukan berbagai macam jenis benda antara lain berupa tulang- tulang manusia, gigi manuisa, periuk tanah liat, benda- benda logam, pedang, tombak, manik- manik, gelang perunggu, piring dan lain- lain. Dari jumlah gigi yang pernah ditemukan didalam waruga, diduga peti kubur ini adalah merupakan wadah kubur untuk beberapa individu juga atau waruga bisa juga dijadikan kubur keluarga (common tombs) atau kubur komunal. Benda- benda periuk, perunggu, piring, manik- manik serta benda lain sengaja disertakan sebagai bekal kubur bagi orang yang akan
meninggal.

49. Temuan james watt yang dimaksud adalah . . .

Jawab : Mesin uap. Penemu mesin uap adalah James Watt pada tahun 1796. James Watt mengusahakan pembuatan mesin uap dan berhasil membuatnya setelah 16 tahun melakukan percobaan. Mesin uap temuan James Watt adalah mesin uap pertama yang selanjutnya dipakai di pabrik tekstil. Selain mesin uap dia juga menemukan pompa uap.

50. Perkembangan iptek menjelang berakhirnya perang dunia 2 ternyata sangat penting dan berperan besar dalam mengakhiri perang dunia 2 dengan memaksa Jepang untuk menyerah tanpa syarat kepada sekutu. Iptek yang dimaksud adalah . . .

Jawab : Perkembangan iptek dibidang penggunaan bom atom yang digunakan untuk mengebom kota Nagasaki dan Hiroshima, sehingga membuat Jepang menyerah tanpa syarat kepada sekutu.

51. Perkembangan iptek di dunia setelah berakhirnya perang dunia II dibayangi dengan pertentangan ideology antara Amerika Serikat dan Uni Soviet sehingga kemajuan teknologi akan mengancam perdamaian dunia, sebab ….

Jawab :

Sebab, setelah PD II berakhir pada tahun 1945, AS dan Uni Soviet tampil sebagai dua Negara adikuasa di berbagai kancah dunia.Kemunculan Negara adikuasa ini mempengaruhi segala bidang di seluruh dunia.Persaingan antara kedua Negara ini menimbulkan perang dingin.Dimana Blok timur dipimpin oleh Uni Soviet dan Blok barat dipimpin oleh AS.Blok timur dengan komunisme dan Blok barat dengan liberalism membuat suasana dunia menjadi tegang dan mencekam. Persaingan antara kedua blok dikhawatirkan akan menimbulkan Perang Dunia III atau Perang Nuklir

52. tuntutan rakyatkepada ABRI mengandung makna…

Jawab : Tuntutan perubahan pada ABRI berujung pada tuntutan penghapusan Dwi Fungsi ABRI. Dwi Fungsi ABRI telah membawa konsekuensi panjang dalam kehidupan berbangsa dan bernegara selama masa Orde Baru.Dengan dalih menjalankan fungsi sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan serta kelangsungan pemerintahan.

53. Presiden RI seperti yang tercantum di dalam UUD 1945 adalah mandataris MPR. Oleh karena itu ketika presiden Soeharto mengundurkan diri dari jabatannya sebagai presiden RI seharusnya dilakukan…

Jawab : di hadapan MPR, dan kemudian secara konstitusional pernyataan berhenti ini diterima dan disahkan MPR. Demikian juga dengan pengangkatan dan pengambilan sumpah Wapres menggantikan Presiden seharusnya dilakukan di hadapan MPR.

54. Krisis moneter ditandai dengan…

Jawab :

a. naiknya harga BBM,

b. harga kebutuhan masyarakat dan inflasi signifikan.

c. Meluapnya kemarahan masyarakat atas bobroknya kinerja pemerintah, akhirnya tumpah ruah dalam perjuangan reformasi

d. Banyaknya kasus kerusuhan, kekerasan, terorisme

e. Semakin banyak perusahaan yang tutup dan meningkatnya jumlah pekerja yang menganggur.

f. Kegagalan panen padi di banyak tempat karena musim kering yang panjang dan terparah

55. Pemerintah kolonial mendirikan lembaga pendidikan hanya bisa dinikmati anak-anak pegawai pemerintah Belanda dan anak-anak bagsawan dengan tujuan…

Jawab : Penulusuran kebijakan dan tujuan pendidikan di zaman Belanda ini dibagi ke dalam empat periode besar, berdasarkan yang berkuasa pada masa tersebut, yaitu :

Periode awal, Belanda menginjakkan kakinya di Indonesia dan lalu mendirikan VOC.

Periode kedua, masa pemerintahan Hindia Belanda yang menggantikan VOC  yang tumbang karena kebangkrutan.

Periode ketiga, masa pemerintahan Inggris yang berlangsung sangat singkat tetapi berandil besar dalam kemundurun pendidikan di Indonesia.

Periode keempat, kembalinya pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia hingga berpindah tangan ke Jepang[1]. Periode itu dibagi-bagi lagi menjadi sub-sub kecil berdasarkan masa pemerintahan Gubernur Jenderal yang berkuasa pada masa tersebut. Hal ini dilakukan untuk lebih memperjelas kebijakan pendidikan yang diambil oleh masing-masing Gubernur Jenderal yang tentunya memiliki ambisi yang berlainan dalam menetapkan kebijakan bagi penduduk jajahan.

Mereka memperkenalkan sistem dan metode baru tetapi sekedar untuk menghasilkan tenaga yang dapat membantu kepentingan mereka dengan upah yang murah dibandingkan dengan jika mereka harus mendatangkan tenaga dari Barat.Apa yang mereka sebut pembaharuan pendidikan itu adalah westernisasi dan Kristenisasi, yakni untuk kepentingan Barat dan Nasrani. Dua motif inilah yang mewarnai kebijaksanaan penjajahan barat di Indonesia selama 3,5 abad

/* */